Kulit Keriput, Apa Saja Penyebabnya?

  • Mei 5, 2021

Tidak ada yang menyukai kulit keriput. Tanda-tanda penuaan ini bisa dengan mudah melunturkan kepercayaan diri dan mengurangi kerupawanan Anda. Namun tidak bisa dimungkiri, kulit keriput adalah masalah tiap orang yang dapat menimpa siapa saja. 

Sebenarnya banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk meminimalkan dan mencegah kulit keriput. Akan tetapi, cara-cara tersebut pada akhirnya tidak bisa 100 persen memastikan Anda lepas dari ancaman kulit keriput yang merupakan masalah penuaan yang wajar. 

Anda mungkin penasaran, sebenarnya apa saja penyebab dari masalah kulit yang satu ini. Berikut ini adalah beberapa penyebab umum yang kerap kali membuat seseorang mengalami kulit keriput yang menyebalkan. 

  1. Pertambahan Usia 

Kulit keriput sering diidentikkan dengan penuaan. Tidak salah memang karena semakin bertambah usia, kemungkinan seseorang mengalami keriput akan semakin besar. Ini karena ketika usia bertambah, produksi minyak alami dapat berkurang sehingga kulit menjadi rentan kering. Kulit kering inilah yang menjadi awal mula munculnya berbagai permasalahan kulit, tidak terkecuali kulit keriput. 

  1. Paparan Sinar Matahari 

Sering dengar nasihat supaya memakai topi dan tabir surya setiap kali beraktivitas di luar ruangan? Nasihat ini tidaklah mengada-ngada. Nyatanya, pemakaian topi maupun tabir surya bertujuan melindungi kulit Anda dari paparan sinar ultraviolet yang terpancar dari matahari. Sinar ultraviolet tersebut menjadi biang keladi yang membuat kulit keriput lebih mudah terjadi. Jangan kaget jika mengalami kulit keriput pada usia di awal 30 tahun jika Anda terbiasa melakukan kegiatan di luar ruangan, tanpa menyiapkan perlindungan bagi kulit. 

  1. Kebiasaan Merokok 

Kebiasaan merokok akan membuat produksi kolagen menurun dan dapat memecah kulit. Inilah yang membuat Anda menjadi lebih rentan mengalami kulit keriput apabila memiliki kebiasaan merokok. Jadi, masih yakin untuk terus merokok dengan kesehatan kulit sebagai taruhannya? Kalau tidak ingin kerutan bertebaran di kulit Anda, sebaiknya mulai kurangi dan berhenti merokok sekarang juga. 

  1. Ekspresi Wajah Berulang 

Umumnya orang-orang yang memiliki masalah penglihatan akan lebih mudah mengalami kulit keriput. Ini karena ketika seseorang tidak jelas melihat, ia cenderung menyipitkan matanya. Ekspresi wajah yang berulang inilah yang pada akhirnya membuat kerutan lebih mudah terjadi. Orang-orang yang yang terlalu banyak tersenyum sekalipun akan lebih mudah mengalami kulit keriput di bagian sekitar mulut dan pipi. 

  1. Makanan Berlemak 

Lemak sebenarnya bagus untuk membentuk elastisitas kulit. Namun, tidak sembarangan lemak! Jika Anda terbiasa mengonsumsi makanan berlemak tinggi, Anda justru akan lebih mudah mengalami kulit keriput. Kondisi tersebut terjadi karena lemak yang terlalu banyak akan membuat Anda mudah berjerawat dan menyisakan bagian kulit yang menumpuk sebagai bekasnya. Inilah yang pada akhirnya menimbulkan kerutan. 

  1. Kurang Gerak 

Ketika Anda kurang bergerak aktif, risiko yang dihadapi bukan hanya untuk kesehatan kinerja organ tubuh Anda. Kurang gerak nyatanya juga menjadi penyebab kulit keriput. Masalahnya ketika tubuh Anda kurang bergerak, oksigen yang mengalir ke kulit akan berkurang. Kulit pun akan menjadi lebih kering dan sulit membentuk regenerasi yang menyehatkan. 

  1. Tidur Tengkurap 

Punya kebiasaan tidur terngkurap? Tidak perlu heran jika akhirnya Anda lebih cepat mengalami kulit keriput. Ini karena ketika posisi badan tengkurap, bagian kulit akan mengalami penekanan berlebih sehingga kulit keriput lebih mudah tercipta. 

Kulit keriput memang tidak bisa dihindari karena pada akhirnya semua orang akan mengalaminya. Namun jangan sampai juga, masalah kulit yang satu ini datang terlalu cepat karena Anda memiliki kebiasaan-kebiasaan yang tidak menyehatkan untuk kulit.

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*