Kualitas Dalam Hubungan Keluarga yang Sehat

  • Januari 22, 2021

Hubungan keluarga yang sehat dan lingkungan rumah yang aman dan mendukung adalah inti dari perkembangan dan kesejahteraan anak-anak dan tentu saja keluarga Anda secara keseluruhan. Kenapa hal ini penting? Karena keluarga memberi contoh atau model untuk keluarga Anda yang nantinya membantu Anda dan keluarga menemukan bagaimana membangun hubungan sepanjang hidup.

Keluarga sendiri mencakup orang tua, pengasuh, anggota keluarga besar, dan orang dewasa lainnya yang bertanggung jawab atas pengasuhan anak dan remaja. Sebuah keluarga juga dapat terdiri dari siapa saja yang dianggap sebagai keluarga. Bagi kebanyakan individu, lingkungan keluarga dan hubungan keluarga memiliki pengaruh terbesar pada hasil kehidupan. Oleh karena itu, penting untuk memiliki hubungan keluarga yang sehat.

Pada dasarnya, semua keluarga itu unik. Mendukung keluarga melibatkan pengakuan bahwa anggota keluarga Anda datang dalam segala bentuk dan ukuran, dengan kebutuhan dan keadaan yang berbeda dari masing-masing individu. Hubungan keluarga yang positif dapat membantu anak-anak dan keluarga Anda berkembang, selain itu inilah beberapa alasan kenapa hubungan keluarga yang sehat dan positif penting:

  1. Hubungan keluarga yang kuat, positif dan sehat sendiri memuaskan untuk keluarga Anda, karena rasanya menyenangkan menjadi bagian dari keluarga yang hangat dan penuh kasih.
  2. Membantu anak-anak merasa aman dan dicintai, yang memberi mereka kepercayaan diri untuk menjelajahi dunia mereka, mencoba hal-hal baru dan belajar.
  3. Memudahkan keluarga Anda untuk memecahkan masalah, menyelesaikan konflik dan menghargai perbedaan pendapat.
  4. Memberi anak-anak keterampilan yang mereka butuhkan untuk membangun hubungan mereka sendiri yang sehat.

Inilah mengapa sangat penting untuk menjaga dan meningkatkan hubungan yang Anda bagi dengan anak-anak Anda dan anggota keluarga lainnya. Dalam hubungan keluarga yang sehat, orang percaya dan mengandalkan satu sama lain untuk mendapatkan dukungan, cinta, kasih sayang, dan kehangatan. Keluarga sering berbagi tujuan yang sama dan bekerja sama untuk mencapai tujuan tersebut (misalnya, anak-anak Anda dapat membantu keluarga menyiapkan makan malam sehingga semua orang dapat bersantai).

Anggota keluarga merasa aman dan terhubung satu sama lain. Terkadang hubungan ini melibatkan konflik, yang merupakan bagian normal dari kehidupan keluarga. Konflik dapat terjadi antara orang dewasa, anak-anak dan remaja. Dalam hubungan yang sehat, konflik ini ditangani dengan cara yang aman dan hormat. Berikut kualitas utama dari sebuah hubungan keluarga yang sehat:

  • Komunikasi, mendengarkan satu sama lain dan berkomunikasi dengan keterbukaan dan kejujuran
  • Kebersamaan, berbagi nilai dan keyakinan yang sama yang menciptakan rasa memiliki dan ikatan
  • Berbagi kegiatan, menghabiskan waktu bersama melakukan hal-hal yang mereka sukai (misalnya, olahraga, membaca, berkemah atau bermain game)
  • Kasih sayang, menunjukkan kasih sayang dan perhatian secara teratur melalui kata-kata, pelukan, ciuman dan perhatian
  • Dukungan, menawarkan dan meminta dukungan, dengan anggota keluarga mengetahui bahwa mereka akan menerima bantuan, dorongan dan kepastian dari satu sama lain
  • Penerimaan, memahami, menghormati dan menghargai kualitas unik setiap anggota keluarga
  • Komitmen, melihat kesejahteraan keluarga sebagai prioritas pertama dan bertindak sesuai dengan komitmen dan loyalitas
  • Ketahanan, mampu mentolerir kesulitan dan beradaptasi dengan situasi yang berubah dengan cara yang positif.

Hubungan keluarga yang sehat berarti interaksi positif lebih banyak daripada konflik. Orang dewasa yang mengalami situasi kehidupan yang sulit dapat memberikan kesempatan belajar dalam mengajar dan mencontohkan strategi mengatasi masalah. Meskipun anak-anak dan remaja tidak boleh dibebani dengan stres, tetapi akan sangat membantu jika mereka melihat keluarga berhasil mengelolanya dengan strategi penanggulangan yang positif. 

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*