Konsumsi Makanan Tinggi Serat, Biar Apa Sih?

Konsumsi Makanan Tinggi Serat, Biar Apa Sih?

  • Januari 6, 2021

Makanan yang tepat diperlukan oleh tubuh. Makanan tinggi serat diperlukan terus menerus oleh tubuh setiap harinya. Mengapa demikian? Berbeda dengan protein, karbohidrat, dan lemak yang dapat dicerna tubuh sehingga bisa disimpan sebagai cadangan, serat perlu terus disuplai. Seseorang yang kekurangan asupan serat seringkali mengalami gangguan pencernaan. Makanan tinggi serat bisa ditemukan dalam kacang-kacangan, buah dan sayur, serta biji-bijian utuh. Lalu, apa saja manfaat serat untuk kesehatan tubuh? Berikut penjelasannya.  

  1. Mengontrol gula darah 

Makanan tinggi serat seperti buah-buahan bisa Anda konsumsi untuk menggantikan cemilan manis yang kurang sehat. Serat dapat membantu mengontrol gula darah. Hal tersebut dikarenakan serat yang telah masuk ke dalam tubuh bersama makanan akan membantu proses pengosongan lambung menjadi lebih lambat. Dengan begitu, secara otomatis penyerapan gula darah di tubuh pun akan ikut melambat dan terkontrol. Serat juga bermanfaat dalam mencegah penyakit diabetes tipe-2. 

  1. Memperlancar pencernaan

Manfaat makanan tinggi serat yang paling utama adalah dapat memperlancar pencernaan. Beberapa orang yang kurang nutrisi serat pada tubuh seringkali akan mengalami sembelit. Untuk menghindari sembelit, Anda perlu mengonsumsi makanan tinggi serat setiap hari. Hal tersebut menyebabkan kondisi usus menjadi lebih sehat dan pencernaan semakin lancar.  

  1. Mengurangi kadar kolesterol

Kadar kolesterol jahat (LDL) perlu terus dipantau sebab jika semakin tinggi maka risiko berbagai penyakit seperti jantung dan stroke akan otomatis meningkat. Untuk mengurangi kadar LDL, Anda dapat mengonsumsi makanan tinggi serat. Saat serat telah masuk ke dalam tubuh maka ia akan bekerja dengan mengikat komponen kolesterol dan asam empedu dan kemudian dikeluarkan lewat feses. 

  1. Baik bagi kesehatan kulit

Percayakah Anda bahwa masalah wajah berjerawat bisa diredakan dengan bantuan serat? Makanan tinggi serat bisa bermanfaat untuk kulit baik kulit wajah maupun kulit badan. Untuk Anda yang memiliki jerawat di wajah, disarankan untuk mengonsumsi makanan tinggi serat. Proses penyembuhan jerawat akan terbantu jika Anda mengonsumsi serat yang cukup. Dengan mengonsumsi makanan tinggi serat secara teratur maka kulit akan tampak lebih cerah dan sehat. 

  1. Cocok untuk diet berat badan

Untuk Anda yang sedang menjalani diet untuk menurunkan berat badan, tentunya menu berupa makanan tinggi serat tidak akan terlewat. Makanan mengandung serat cocok untuk dijadikan menu diet sebab seringkali menyebabkan rasa lapar bertahan lebih lama. Dengan begitu, berat badan Anda pun akan lebih cepat turun. 

  1. Mengatasi penyakit wasir

Pernahkah Anda mendengar tentang penyakit wasir? Memiliki nama medis hemoroid, wasir merupakan penyakit yang sama dengan ambeien. Makanan berserat tinggi bermanfaat untuk menurunkan risiko terkena penyakit wasir. Tidak hanya itu, makanan tinggi serat juga membantu mencegah penyakit jantung. 

Penuhi selalu kebutuhan serat harian Anda agar tubuh senantiasa sehat. Pastikan Anda mengonsumsi makanan tinggi serat secukupnya dan tidak berlebihan sebab tubuh juga membutuhkan zat gizi lainnya. Kebutuhan harian serat memiliki batas minimum untuk dikonsumsi sebanyak 30 gram untuk pria dan 25 gram untuk wanita. Untuk anak-anak yang sulit mengonsumsi buah dan sayur, Anda dapat membantunya dengan memberikan tambahan berupa susu khusus anak yang tinggi serat.

Anda dapat bertanya lebih lanjut tentang nutrisi tubuh dan berbagai keluhan medis pada dokter terpercaya melalui aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Unduh sekarang di App Store atau Google Play.  

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*