Kolesterol Tinggi? Periksa Laboratorium Klinik Prodia Purwokerto Segera

  • Mei 17, 2021
Prodia Purwokerto

Kolesterol adalah sejenis lipid, zat seperti lemak dan berlilin yang diproduksi oleh hati secara alami. Kolesterol sangat penting untuk pembentukan selaput sel, hormon tertentu, dan vitamin D. Kolesterol tidak larut dalam air, sehingga tidak dapat bergerak sendiri melalui darah. Untuk membantu membawa kolesterol, hati Anda akan memproduksi lipoprotein. Lipoprotein adalah partikel yang terbuat dari lemak dan protein. Lipoprotein membawa kolesterol dan trigliserida (jenis lain lipid) melalui aliran darah Anda. Dua bentuk utama lipoprotein adalah low-density lipoprotein (LDL) dan high-density lipoprotein (HDL). Apabila darah Anda mengandung terlalu banyak kolesterol LDL, kondisi ini dikenal dengan sebutan kolesterol tinggi. Jika tidak diobati, kolesterol tinggi dapat menyebabkan berbagai macam gangguan kesehatan, seperti penyakit jantung. Kolesterol tinggi biasanya tidak menunjukkan gejala apapun. Untuk itu sangat penting bagi Anda untuk memeriksakan level kolesterol di Laboratorium Klinik Prodia Purwokerto agar diagnosis dan perawatan dini dapat dilakukan. 

Jika Anda berusia 20 tahun atau lebih, Asosiasi Jantung Amerika merekomendasikan untuk memeriksa level kolesterol Anda secara rutin setidaknya sekali dalam 4 hingga 6 tahun. Anda bisa mendapatkan tes kolesterol di Laboratorium Klinik Prodia Purwokerto. Namun, jika Anda memiliki riwayat kesehatan kolestrol tinggi atau faktor risiko penyakit kardiovaskular lainnya, dokter akan meminta Anda untuk mendapatkan tes kolesterol dengan lebih rutin. Dokter dapat menggunakan lipid panel untuk mengukur level kolesterol total Anda, sekaligus level kolesterol LDL, HDL, dan trigliserida. Level kolesterol total Anda adalah jumlah keseluruhan kolesterol di darah, termasuk kolesterol LDL dan HDL. Jika level kolesterol total atau kolesterol LDL terlalu tinggi, dokter akan mendiagnosis Anda menderita kolesterol tinggi. Kolesterol tinggi khususnya sangat berbahaya ketika level LDL terlalu tinggi dan level HDL terlalu rendah. 

Tubuh Anda membutuhkan beberapa kolesterol untuk berfungsi dengan lebih baik, termasuk kolesterol LDL. Namun apabila level kolesterol LDL terlalu tinggi, Anda berisiko untuk menderita gangguan kesehatan serius. Pada tahun 2013, Kampus Kardiologi Amerika (ACC) dan Asosiasi Jantung Amerika (AHA) mengembangkan panduan baru terhadap perawatan kolesterol tinggi. Sebelum adanya perubahan ini, dokter akan mengatasi kolesterol berdasarkan angka pada tabel level kolesterol. Dokter akan mengukur level kolesterol total, kolesterol HDL, dan kolesterol LDL. Mereka kemudian akan memutuskan apakah perlu meresepkan obat penurun kolesterol berdasarkan perbandingan angka yang Anda miliki dengan angka yang ada di tabel. 

Di bawah panduan baru, sebagai tambahan level kolesterol Anda, rekomendasi perawatan akan mempertimbangkan faktor risiko lain untuk penyakit jantung. Faktor risiko tersebut di antaranya adalah diabetes, dan risiko kejadian jantung seperti serangan jantung dan stroke. Sehingga, level normal kolesterol Anda akan bergantung apakah Anda memiliki faktor risiko lain penyakit jantung. Panduan baru ini merekomendasikan apabila Anda tidak memiliki faktor risiko penyakit jantung, dokter perlu meresepkan perawatan apabila level LDL Anda lebih besar dari 189 mg/L. Untuk mengetahui rekomendasi kolesterol pribadi Anda, bicaralah dengan dokter. 

Jika dibiarkan dan tidak diobati, kolesterol tinggi dapat menyebabkan gangguan kesehatan serius dan bahkan kematian. Akan tetapi, perawatan dapat membantu Anda mengatasi kondisi ini, dan dalam banyak kasus, perawatan dapat membantu Anda menghindari komplikasi. Untuk mengetahui apakah Anda memiliki kolesterol yang tinggi, lakukan tes kolesterol di Laboratorium Klinik Prodia Purwokerto. Jika dokter di Laboratorium Klinik Prodia Purwokerto mendiagnosis Anda memiliki kolesterol yang tinggi, tanyalah seputar pilihan perawatan yang sesuai dengan kondisi Anda. 

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*