Klinik di Makassar Cahayasaga Clinic and Diagnostic Center

  • Desember 3, 2021

Cahayasaga clinic and diagnostic center ini merupakan salah satu klinik yang ada di Makassar. Klinik ini mulai beroperasi dari hari senin hingga jumat jam 08.00 sampai jam 22.00, hari sabtu pada jam 08.00 sampai jam 21.00 dan hari minggu pada jam 08.00 sampai jam 16.00.

Cahayasaga clinik and diagnostic center yang ada di Makassar ini merupakan sebuah laboratorium yang berada di Makassar, Sulawesi Selatan. Fasilitas yang disediakan oleh klinik di Makassar ini yakni laboratorium, pelayanan medis, peralatan medis yang canggih, dan layanan klinik lainnya.

Klinik di Makassar yang satu ini dapat melayani pemeriksaan seperti medical check up dan radiologi. Untuk lebih jelas lagi mengenai medical check up dan radiologi.

Apa itu medical check up?

Medical check up merupakan suatu pemeriksaan pada kesahatan seluruh tubuh. dengan melakukan pemeriksaan ini, penyakit yang ada di dalam tubuh dapat terdeteksi sejak dini. Medical check up ini sangat berguna untuk merencanakan suatu pegobatan atau penanganan yang tepat sebul penyakit yang ada di dalam tubuh berkembang.

Saat melakukan medical check up di klinik di makassar ini, sang pasien akan menjalani beberapa tahapan dalam pemeriksaan, yang mana pemeriksaan tersebut meliputi konsultasi yang berkaitan dengan riwayat kesehatan, dan juga pemeriksaan tnda vital dalam tubuh serta pemeriksaat kondisi fisik tubuh secara umum.

Adapun tujuan medical check up ini dilakukan di klinik ini, yakni untuk mengetahui kondisi kesehatan saat ini, mendeteksi penyakit yang tidak ada tanda-tanda gejalanya, mengetahui risiko-risiko penyakit yang bisa saja muncul di suatu saat nanti, memastikan kesehatan pasien sebelum melakukan suatu pengobatan, dan lainnya.

Medical check up memang tidak di wajibkan untuk dilakukan namun alangkah baiknya untuk melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin khususnya Anda yang memiliki kondisi khusus. Pasien dapat berkonsultasi dengan dokter di klinik Cahayasaga clinic and diagnostic center ini mengenai kondisi kesehatan Anda kapan saja.

Setelah menyelesaikan medical check up atau pemeriksaan terhadap tubuh secara keseluruhan, pasien biasanya diperbolehkan untuk pulang dan memulai aktivitas normal. Setelah semua hasil tes tersedia, dokter klinik di Makassar ini akan menghubungi pasien kembali  dan menjelaskan hasilnya secara detail. Jika ditemukan kelainan dari hasil pemeriksaan, disarankan untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Apa itu radiologi?

Radiologi merupakan suatu bagian dari  kedokteran yang memiliki hubungan dengan teknologi pencitraan yang menggunakan gelombang elektromagnetik dan gelombang mekanik untuk memindai bagian dalam tubuh manusia untuk mendeteksi  penyakit. 

Ruangan radiasi yang digunakan untuk melakukan pemeriksaan radiologi biasanya terdiri dari beberapa bagian, tergantung dari fungsi dan juga jumlah fasilitas kesehatan yang ada pada klinik di Makassar ini. Contoh ruangan radiasi yang biasa digunakan di health station atau unit layanan kesehatan, seperti ruangan CT scan, ruangan rontgen, ruangan USG, dan ruangan MRI.

Dokter radiologi merupakan seseorang yang ahli radiologi atau bisa juga disebut dengan ahli radiologi. Ahli radiologi yaitu dokter umum yang  menempuh pendidikan selama tujuh semester sebagai ahli radiologi untuk mendapatkan gelar ahli radiologi (Sp.Rad). 

Ahli radiologi ini akan mendukung pasien dalam melakukan pemeriksaan radiologi yang bertujuan untuk mengidentifikasi masalah kesehatan fisik pasien, memungkinkan mereka untuk membuat diagnosis segera  dan mengarahkan perawatan yang mereka butuhkan. 

Peran dokter atau ahli radiologi ini sangat penting dalam perawatan medis karena memerlukan keahlian untuk membantu pasien dengan masalah kesehatan dan kondisi lain yang terkait dengan operasi, kebidanan, pengobatan kanker, perawatan  darurat, penyakit menular, dan lain sebagainya.

Alat bantu radiasi atau alat radiologi klinik di Makassar Cahayasaga clinic and diagnostic center ini yang digunakan untuk pemeriksaan secara umum dikenal yaitu perekaman sinar-X dengan sinar-X, CT scan, USG, MRT dan pemeriksaan nuklir. Pemeriksaan radiologi memiliki kemampuan sendiri untuk mendeteksi penyakit. Berikut beberapa contoh kegunaan pemeriksaan radiologis: 

  • Rontgen Sinar-X: Kelainan paru-paru seperti pneumonia, bronkitis, kanker paru-paru, dan penyakit paru-paru serupa. 
  • CT scan: Masalah  tulang seperti fraktur kompleks, tumor sendi, dan dislokasi tulang dan sendi. 
  • USG: Kelainan  jantung dan pembuluh darah seperti penyakit jantung, gagal jantung, penyakit otot jantung, dan penyakit katup jantung. 
  • MRI: Kelainan  saraf dan otak seperti stroke, tumor, pendarahan otak, meningitis.

Itulah layanan pemeriksaan yang disediakan salah satu klinik di Makassar yakni Cahayasaga clinic and diagnostic center. Banyak sekali layanan yang disediakan di klinik ini dengan fasilitas yang juga memadahi setiap pasien. Lakukan medical check up sejak dini sebelum Anda terserang penyakit.

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*