Kenali Kandungan Diklofenik Pada Voltaren yang Atasi Nyeri & Peradangan

  • Juni 16, 2021

Voltaren adalah salah satu jenis obat oles yang dapat membantu mengatasi peradangan pada otot dan sendi Anda, yang biasanya disebabkan oleh peradangan yang terjadi akibat cedera olahraga, seperti terkilir. 

Namun, tahukah Anda jika Voltaren mengandung diklofenak yang merupakan salah satu obat antiinflamasi yang ampuh dalam mengatasi nyeri sendi. Yuk, kenali apa itu kandungan obat diklofenak dan apa saja khasiatnya selain mengatasi nyeri otot dan sendi. 

Apa itu Voltaren?

Voltaren merupakan salah satu merek obat yang dapat mengatasi masalah peradangan otot atau nyeri sendi. Voltaren sendiri hadir dalam dua varian, yaitu Voltaren Emugel dan Voltaren Balsem. Voltaren Emugel merupakan obat oleh yang berkhasiat mengatasi peradangan pada otot dan sendi yang mengandung obat antiinflamasi non-steroid (NSAID), yaitu diklofenak. Sedangkan Voltaren Balsem adalah pereda nyeri otot dan sendi, seperti nyeri pada otot punggung dan keseleo. 

Namun, kali ini kami akan membahas tentang kandungan diklofenak yang terdapat pada Voltaren Emugel, di mana obat tersebut yang mengobati nyeri dan peradangan langsung pada sumbernya. 

Apa itu diklofenak apa gunanya? 

Diklofenak adalah obat resep, yang berbentuk gel topikal, kapsul oral, tablet oral, tetes mata, patch transdermal, larutan topikal, dan paket bubuk atau larutan minum. 

Gel topikal diklofenak tersedia sebagai obat bermerek Solarez dan Voltaren. Ini juga tersedia sebagai obat generik yang memiliki harga lebih terjangkau. Gel topikal diklofenak digunakan untuk membantu meredakan nyeri osteoporosis pada persendian yang dapat memperoleh manfaat dari perawatan melalui kulit. Sendi ini termasuk yang ada di tangan dan lutut Anda. Diklofenak termasuk dalam kelas obat yang dikenal sebagai obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID). 

Obat tersebut bekerja dengan cara memblokir enzim tertentu di tubuh Anda. Jadi, ketika enzim diblokir, tubuh Anda akan mengurangi jumlah bahan kimia inflamasi yang dibuatnya. Ini membantu mengurangi peradangan dan nyeri. 

Apakah ada efek samping dari diklofenak?

Diklofenak dapat menyebabkan efek samping tingan ringan hingga serius. Beberapa efek samping yang umum hingga jarang terjadi, meliputi:

Efek samping yang umum 

Efek samping yang lebih umum terjadi dengan gel diklofenak biasanya meliputi:

  • Gatal atau ruam pada tempat yang dioleskan gel ini
  • Sakit perut
  • Sembelit
  • Diare
  • Gas
  • Maag
  • Mual
  • Muntah
  • Kantuk

Efek samping yang serius

Hubungi dokter Anda jika memiliki efek samping yang serius. Efek samping yang serius dan gejalanya dapat meliputi:

  • Reaksi alergi, gejalanya seperti, gatal, ruam, masalah pernapasan, dan gatal-gatal
  • Edema, gejalanya meliputi pembengkakan pada kaki atau pergelangan tangan, peningkatan tekanan darah, dan peningkatan berat badan
  • Sakit maag atau pendarahan lambung, gejalanya meliputi, tinja yang sangat gelap dan darah di tinja Anda
  • Lebih mudah memar

Efek samping gel Voltaren 

Efek samping dapat berupa kemerahan atau irirtasi kulit. Jika Anda mengalami hal berikut, disarankan untuk segera mengunjungi dokter atau tenaga medis lainnya. Aplikasi topikal mengurangi efek samping tertentu, seperti kardiovaskular dan gastrointestinal, dibandingkan dengan NSAID oral. 

Jadi, jangan gunakan Voltaren Emugel gel ini pada kulit yang tidak sehat atau mengalami luka terbuka, infeksi, cedera terbuka, atau area lain yang terdapat kulit tidak normal. 

Aturan menggunakan gel Voltaren

Oleskan atau pijat kulit di sekitar bagian yang nyeri atau bengkak secara perlahan dengan sedikit gel. Banyaknya berkisar seukuran buah ceri hingga sebesar buah kenari. Namun, banyak atau sedikitnya gel yang diperlukan akan berbeda pada masing-masing individu, tergantung pada ukuran bagian yag nyeri atau bengkak.

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*