Kenali Gejala Keracunan Sianida Berikut Ini

  • Maret 4, 2020

Pada tahun 2016 lalu, publik dibuat heboh oleh kasus pembunuhan di sebuah kafe ternama di Jakarta. Korban tewas seketika setelah menegak es kopi Vietnam. Kejadian ini dicurigai akibat keracunan sianida. Perlu Anda tahu, sianida adalah senyawa kimia yang mengandung ikatan karbon nitrogen (CN). Sianida bisa ditemukan dapat ditemukan dalam berbagai makanan nabati yang umum dan aman dikonsumsi, seperti kacang almond, bayam, dan kacang kedelai. Bahkan sianida merupakan hasil metabolisme tubuh yang dikeluarkan melalui pernapasan. Namun, sianida yang baru saja disebut tidak beracun.

Sianida yang beracun dan mematikan adalah natrium sianida, kalium sianida, hydrogen sianida, dan sianogen klorida. Semua ini dapat Anda temukan dalam bentuk padat, gas, atau pun cair. Beberapa sumber sianida beracun yaitu asap kebakaran, industri yangmemakai sianida seperti fotografi, plastic, sintetis, pemrosesan logam, elekroplating, biji buah apricot, singkong, dan asap rokok. Keracunan akibat konsumsi singkong atau kacang almond baru akan terjadi jika Anda sering mengonsumsinya, dan dikonsumsi dalam jumlah yang sangat banyak.

Gejala keracunan sianida bisa muncul dengan segera atau dalam waktu beberapa menit, bergantung pada dosis sianida yang terpapar, lama paparan, dan tipe sianida itu sendiri. Beberapa gejala yang dapat timbul pada keracunan sianida akut, yaitu:

  • Badan terasa lemas
  • Mual dan muntah
  • Kebingungan dan perubahan perilaku
  • Sakit kepala
  • Sesak napas
  • Kulit tampak pink atau kemerahan seperti buah ceri

Sianida di dalam darah akan berikatan dengan hemoglobin sehingga jaringan tidak dapat menggunakan oksigen. Hal ini lah yang menyebabkan efek keracunan sianida terjadi secara cepat, berdampak lanjut pada jantung, menyebabkan kejang, hilang kesadaran, bahkan hingga menyebabkan jantung berhenti. Untuk mendeteksi keracunan sianida melalui gejala memang cukup sulit, tapi Anda dapat memperhatikan faktor lingkungan yang dicurigai menjadi sumber sianida. Jika ada seseorang yang menunjukan gejala seperti diatas, segera lah cari bantuan kepada tenaga medis profesional, agar segera mendapatkan penanganan medis.

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*