Kelebihan Sunat Modern yang Harus Kamu Tahu

  • Agustus 6, 2021

Sunat modern adalah prosedur umum di mana kulit yang menutupi ujung penis diangkat melalui pembedahan. Biasanya dilakukan pada bayi laki-laki yang baru lahir sebelum dia meninggalkan rumah sakit, dan sering kali dalam 2 hari pertama kehidupan. Dalam kepercayaan Islam, anak-anak di bawah 7 tahun juga bisa melakukannya melalui upacara khusus yang disebut dengan khitanan.

Anak laki-laki dilahirkan dengan tudung kulit disebut kulup yang menutupi kepala (kelenjar) penis. Dalam sunat, kulup dikeluarkan untuk mengekspos kepala penis. Ini adalah prosedur cepat yang menyebabkan sedikit pendarahan dan jahitan tidak diperlukan. Anak laki-laki yang lebih tua dapat disunat, tetapi prosedurnya sedikit lebih rumit. Setelah sunat modern, perban pelindung dapat ditempatkan di atas luka, yang umumnya sembuh dengan sendirinya dalam waktu seminggu hingga 10 hari.

Persiapan sunat modern

Sunat sering dilakukan oleh dokter anak, dokter kandungan, dokter keluarga, ahli bedah, atau ahli urologi. Sunat yang dilakukan karena alasan agama terkadang dilakukan oleh orang lain yang terlatih dalam prosedur tersebut. Selama sunat, anak Anda akan berbaring telentang dengan tangan dan kakinya diamankan. Anestesi diberikan melalui suntikan atau krim untuk membuat penis mati rasa.

Ada beberapa teknik untuk melakukan sunat modern. Pilihan teknik mana yang digunakan tergantung pada preferensi dan pengalaman dokter. Tiga metode sunat utama adalah klem Gomco, perangkat Plastibell, dan klem Mogen. Masing-masing bekerja dengan memotong sirkulasi ke kulup untuk mencegah pendarahan saat dokter memotong kulup. Prosedur ini memakan waktu sekitar 15 hingga 30 menit.

1. Penjepit Gomco

Alat khusus yang disebut probe digunakan untuk memisahkan kulup dari kepala penis (biasanya mereka disatukan oleh selaput tipis). Selanjutnya alat berbentuk lonceng dipasang di atas kepala penis dan di bawah kulup (sayatan dapat dibuat di kulup untuk memungkinkan ini). Kulit khatan kemudian ditarik ke atas dan melewati bel dan penjepit dikencangkan di sekitarnya untuk mengurangi aliran darah ke area tersebut. Pisau bedah digunakan untuk memotong dan membuang kulit khatan.

2. Penjepit Mogen

Sekali lagi, kulup dipisahkan dari kepala penis dengan probe. Kulup kemudian ditarik keluar di depan kepala dan dimasukkan melalui penjepit logam dengan slot di dalamnya. Penjepit ditahan di tempatnya sementara kulup dipotong dengan pisau bedah dan dibiarkan selama beberapa menit setelah ini untuk memastikan bahwa pendarahan telah dikendalikan.

3. Teknik Plastibell

Cara ini mirip dengan teknik klem Gomco. Setelah pemisahan dengan probe, bel plastik ditempatkan di bawah kulup dan di atas kepala penis. Sepotong jahitan diikat langsung di sekitar kulup, yang memotong suplai darah ke kulup. Pisau bedah kemudian dapat digunakan untuk memotong kulup ekstra, tetapi cincin plastiknya tetap terpasang. Sekitar 6 sampai 12 hari kemudian jatuh dengan sendirinya.

Tindak lanjut dan pemulihan

Setelah prosedur, bayi Anda mungkin rewel. Dokter atau perawat akan memberikan instruksi tentang cara mengurangi ketidaknyamanan. Waktu penyembuhan untuk sunat bayi baru lahir adalah sekitar 7 sampai 10 hari.

Kondisi ini normal jika penis menjadi sedikit merah atau memar selama beberapa hari setelah sunat. Anda dapat mencuci penis dan mengganti pembalut setiap kali mengganti popok. Jaga agar popok sedikit longgar untuk membantu ujung penis sembuh.

Hubungi dokter Anda jika Anda memiliki salah satu dari yang berikut:

– Peningkatan rasa sakit

-Kesulitan buang air kecil

– Berdarah

– Tanda-tanda infeksi, termasuk demam, peningkatan kemerahan, pembengkakan, atau drainase setelah sunat modern.

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*