Jenis Kemasan Obat Amadiab dan Dosis Pemakaian

  • Juni 10, 2021

Amadiab merupakan obat untuk mengontrol kadar gula darah pada pasien penderita diabetes melitus tipe 2. Amadiab memiliki kandungan Glimepiride yang termasuk ke dalam golongan sulfonilurea. Obat ini bekerja dengan cara merangsang pankreas agar menghasilkan lebih banyak insulin dan membantu tubuh untuk memaksimalkan kerja insulin. Sehingga, kadar gula darah dapat lebih terkontrol dan risiko komplikasi akibat diabetes tipe 2 dapat dikurangi. Obat ini juga dapat meningkatkan sensitivitas jaringan perifer terhadap insulin. Amadiab bisa digunakan sebagai terapi tunggal atau bisa juga dikombinasikan dengan obat anti diabetes lainnya.

Sediaan Obat Amadiab

Obat Amadiab tersedia dalam beberapa kemasan sesuai ukuran, antara lain:

  • Amadiab Tablet 1 mg

Amadiab 1 mg tersedia dalam kemasan dus berwarna merah. Satu dus berisi 5 strip, dengan masing-masing strip memiliki isi 10 tablet. Harga jual mulai dari Rp 3.000 per tablet. Sedangkan untuk per strip Amadiab dijual dengan harga mulai dari Rp 24.000 – Rp 56.000. Harga jual bisa berbeda di tiap apotek.

  • Amadiab Tablet 2 mg

Amadiab 2 mg tersedia dalam kemasan dus berwarna hijau. Satu dus berisi 5 strip, dengan masing-masing strip memiliki isi 10 tablet. Harga jual mulai dari Rp 6.000 per tablet. Sedangkan untuk per strip Amadiab dijual dengan harga mulai dari Rp 42.000 – Rp 80.000. Harga jual bisa berbeda di tiap apotek.

  • Amadiab Tablet 3 mg

Amadiab 3 mg tersedia dalam kemasan dus berwarna orange. Satu dus berisi 5 strip, dengan masing-masing strip memiliki isi 10 tablet. Harga jual mulai dari Rp 8.000 per tablet. Sedangkan untuk per strip Amadiab dijual dengan harga mulai dari Rp 44.000 – Rp 98.000. Harga jual bisa berbeda di tiap apotek.

  • Amadiab Tablet 4 mg

Amadiab 4 mg tersedia dalam kemasan dus berwarna biru. Satu dus berisi 5 strip, dengan masing-masing strip memiliki isi 10 tablet. Harga jual mulai dari Rp 9.000 per tablet. Sedangkan untuk per strip Amadiab dijual dengan harga mulai dari Rp 55.000 – Rp 120.000. Harga jual bisa berbeda di tiap apotek.

Dosis Obat Amadiab

Obat Amadiab termasuk ke dalam golongan obat keras, sehingga penggunaannya harus dengan resep dokter dan tidak bisa dibeli secara sembarangan.

Dosis maksimum atau dalam kondisi tertentu yaitu sebanyak 8 mg dengan konsumsi satu kali sehari. Untuk dosis awal dan dosis titrasi (dosis bertahap) yaitu sebanyak 1 mg dengan konsumsi satu kali sehari. Dosis Amadiab dapat dinaikkan secara bertahap dengan interval waktu 1 sampai 2 minggu tergantung dari respon gula darah. 

Aturan Pakai Amadiab

Aturan pakai Amadiab yaitu dikonsumsi sebelum makan utama pertama pada hari itu dan harus di waktu yang sama setiap harinya. Sebaiknya dikonsumsi bersama makan. Jangan mengurangi atau melewatkan jadwal makan.

Untuk meningkatkan efektivitasnya, penggunaan Amadiab harus disertai dengan asupan gizi seimbang, pola makan yang sehat, serta olahraga teratur. Misalnya menghindari makanan dengan kadar glukosa yang tinggi, meningkatkan makanan dengan kandungan tinggi serat, mengoptimalkan kadar vitamin D yang penting untuk mengontrol gula darah, menjaga berat badan tetap ideal, serta hentikan kebiasaan merokok dan konsumsi minuman beralkohol.

Beberapa makanan yang tinggi kandungan serat yang bisa menunjang konsumsi Amadiab antara lain yaitu buah-buahan alpukat, pisang, apel, jeruk, dan pepaya. Sedangkan untuk sayuran, bisa mengonsumsi brokoli, lobak, jagung, kubis, dan wortel. Ada pula kacang-kacangan seperti kacang merah, kacang mete, dan kacang almond.

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*