Inilah Mengapa Zumba Dance Baik Bagi Kesehatan Anda

  • Juni 24, 2020

Banyak orang tidak semangat berolahraga karena merasa kegiatan tersebut tidak menyenangkan. Angkat beban atau lari misalnya, sering kali orang merasa tersiksa saat melakukannya. Tapi, tidak semua olahraga demikian.

Ada juga pilihan olahraga yang menyehatkan sekaligus menyenangkan, seperti zumba dance. Sesuai namanya, olahraga yang satu ini tak ubahnya kita sedang menari. Rasanya menarik dan seru.

Awalnya olahraga ini terinspirasi oleh berbagai tarian dari Amerika Latin, dikombinasikan dengan musik tertentu. Kini, aktivitas aerobik ini menjadi populer dan dianggap trendi hampir di seluruh dunia.

Terlepas sisi menyenangkan olahraga ini, zumba dance juga sangat bermanfaat bagi kesehatan Anda.

Latihan yang melibatkan seluruh tubuh

Olahraga ini didesain sebagai kombinasi antara aerobik dan salsa. Karenanya, hampir seluruh bagian tubuh terlibat dalam aktivitas ini. Anda akan memperoleh latihan seluruh tubuh, tetapi tidak terasa seperti olahraga berat.

Selain itu, tidak ada aturan yang menentukan gerakan Anda benar atau salah. Sebagai sebuah”tarian”, yang terpenting Anda bergerak sesuai dengan tempo dan musik.

Membakar kalori dan lemak

Sebuah penelitian melaporkan bahwa 1 menit zumba dance akan membakar 9,5 kalori. Artinya, dalam 40 menit saja sudah ada 380 kalori yang terbakar.

Bagi Anda yang ingin menurunkan atau menjaga berat badan, disarankan untuk berolahraga yang dapat membakar paling tidak 300 kalori. Zumba dance cocok sekali, bukan?

Meningkatkan stamina tubuh

Rata-rata musik yang mengiringi zumba dance memiliki tempo yang cepat. Peserta yang mengikuti olahraga ini otomatis akan bergerak sesuai kecepatan musik. Gerakan yang cepat tersebut akan membantu untuk membangun ketahanan atau stamina tubuh Anda.

Bersamaan dengan meningkatnya stamina, mereka yang melakukan olahraga ini juga memiliki jantung yang lebih sehat.

Membantu menurunkan tekanan darah

Pada tahun 2016, Journal of Sport Medicine and Physical Fitness merilis sebuah hasil penelitian mengenai kaitan zumba dance dan penurunan tekanan darah. Penelitian tersebut melibatkan sekelompok wanita dengan kelebihan berat badan. Setelah melakukan zumba selama 12 minggu, para peserta mengalami penurunan tekanan darah dan perbaikan berat badan yang signifikan.

Setahun sebelumnya, laporan hasil penelitian lain dirilis oleh Journal of Sport Medicine and Physical Fitness. Dalam laporan tersebut dinyatakan bahwa peserta penelitian mengalami penurunan tekanan darah hanya dengan melakukan 17 kali kelas zumba.

Bagi Anda yang memiliki masalah tekanan darah tinggi, zumba dance dapat  menjadi pilihan.

Sebagai ruang untuk bersosialisasi

Kelas zumba bukan hanya menyediakan manfaat kesehatan fisik, tetapi juga memberi Anda ruang untuk bersosialisasi. Sebab kebanyakan kelas zumba memang merupakan kelompok.

Sebagai aktivitas kelompok, Anda jadi memiliki kesempatan untuk terlibat dalam interaksi sosial. Hal ini juga yang membuat zumba dance jadi semakin menyenangkan untuk sebagian orang.

Olahraga secara berkelompok juga memotivasi Anda untuk lebih konsisten dan melakukan latihan secara rutin. Dibandingkan rencana olahraga yang dibuat dan dilakukan sendiri, aktivitas berkelompok biasanya lebih mampu menjaga komitmen Anda.

Sebuah kombinasi yang sangat menguntungkan dan dapat meningkatkan kualitas hidup Anda.

Sudah siap untuk mulai melakukan zumba dance? Jangan lupa untuk menyiapkan beberapa peralatan yang dibutuhkan, seperti sepatu khusus training dan pakaian olahraga.

Anda juga tidak perlu khawatir jika tidak dapat datang ke studio zumba. Dalam situasi karantina akibat wabah COVID-19 ini, banyak sekali studio atau pelatih yang mengadakan latihan zumba dance secara virtual.

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*