Ini Hal Yang Sebabkan Tulang Belikat Sakit

  • Juli 20, 2020

Tulang belikat sakit merupakan sebuah kondisi yang lazim dijumpai. Penyebabnya bermacam-macam, mulai dari keseleo biasa hingga kondisi kesehatan serius seperti serangan jantung atau gangguan hati. Menentukan penyebab tulang belikat sakit cukup sulit untuk dilakukan. Orang-orang perlu mengetahui kemungkinan penyebab dari kondisi tersebut dan tindakan pencegahan atau kewaspadaan apa yang perlu dilakukan. Artikel ini akan membahas hal-hal apa saja yang dapat menyebabkan tulang belikat sakit.

Ada banyak penyebab tulang belikat sakit. Dalam kasus-kasus tertentu, seseorang akan tahu dengan sendirinya apa yang menjadi penyebab rasa sakit tersebut, misalnya apabila ia terjatuh, kecelakaan, atau dipukul dengan benda tumpul; tidur dalam posisi yang aneh dan tidak nyaman; serta ketegangan akibat mengangkat benda-benda yang berat. Namun tidak jarang penyebab dari tulang belikat sakit ini sulit untuk ditentukan. Beberapa kondisi kesehatan seperti penyakit paru-paru, kanker paru-paru, serangan jantung (khususnya pada wanita), masalah punggung, cakram punggung yang tergelencir, penyakit kantong empedu, gangguan hati, dan tukak lambung. Beberapa kondisi tersebut biasanya akan memengaruhi satu sisi bahu. Contohnya serangan jatnung akan menyebabkan rasa sakit pada tulang belikat kiri. Begitu pula dengan penyakit kantong empedu, yang akan menyebabkan tulang belikat sakit pada bagian kanan.

  • Gangguan tulang dan persendian

Ada beberapa gangguan tulang atau persendian yang dapat menyebabkan tulang belikat sakit. Salah satu yang paling umum dijumpai adalah patah tulang atau retak akibat terjatuh, kecelakaan, atau cidera serupa pada tulang belikat. Saat seseorang bertambah tua, kondisi degeneratif juga dapat menyebabkan tulang belikat sakit, seperti penyakit arthritis, osteoporosis, spinal stenosis, scoliosis, fibromyalgia, dan bahu beku.

Salah satu jenis arthritis yang disebut ankylosing spondylitis umum dijumpai pada mereka yang berusia 20 hingga 40 tahun. Ini merupakan salah satu bentuk arthritis yang khususnya menyerang tulang belakang, namun dapat menyebabkan rasa sakit dan peradangan di daerah sekitarnya. Kanker jenis tertentu dapat menyebabkan sakit pada bahu dan tulang belikat. Kanker yang paling umum menyebabkan tulang belikat sakit adalah kanker paru-paru, kanker payudara, dan kanker usus.

  • Penyebab-penyebab musculoskeletal

Sangat lazim ditemui untuk seseorang mengalami gangguan musculoskeletal yang dapat menyebabkan tulang belikat sakit. Ketegangan, penggunaan berlebih, tidur dalam posisi yang tidak tepat, dan gangguan rotator cuff dapat masuk ke dalam kategori ini. Masalah-masalah ini umumnya berhubungan dengan rasa sakit pada grup otot yang ada di sekitar bahu, termasuk beberapa otot lengan.

  • Gangguan masalah jantung

Salah satu hal yang lebih serius yang menjadi penyebab tulang belikat sakit adalah gangguan kesehatan jantung. Tenaga medis profesional menyatakan bahwa rasa sakit yang berada di sekitar bahu kiri merupakan tanda-tanda adanya serangan jantung, terutama pada wanita. Para wanita yang merasakan adanya rasa sakit pada tulang belikat yang tidak dapat dijelaskan sebagai gangguan musculoskeletal perlu mendapatkan perawatan medis secepatnya. Beberapa kondisi kesehatan jantung lain yang dapat menyebabkan tulang belikat sakit adalah adanya sobekan pada aorta dan peradangan pada lapisan jantung.

Dalam kasus-kasus tulang belikat sakit yang ringan, penderita biasanya akan sembuh dengan total dengan sedikit atau tanpa perlu adanya bantuan medis tertentu. Dalam kasus ini, umumnya hanya akan membutuhkan waktu sekitar beberapa minggu hingga ia bebas dari gejala tulang belikat sakit. Sangat penting untuk tahu penyebab tulang belikat sakit sehingga dokter dapat merencanakan pilihan perawatan yang efektif untuk mengatasi kondisi kesehatan Anda.

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*