Ini Cara Tepat Cukur Rambut Bayi

  • Februari 5, 2020

Bagi kebanyakan orang, rambut yang lebat dianggap dapat membawa kebahagian karena menambah cantik parah di jabang bayi. Namun, rambut tersebut tidak bisa dibiarkan terlalu lama dan harus segera dipangkas. Oleh karena itu Ibu perlu tahu cara cukur rambut bayi yang benar. Menurut kebiasaan yang berlaku di Indonesia, terutama umat muslim, cukup rambut bayi harus bertepatan dengan ibadah aqiqah atau sepekan setelah kelahiran. Pemotongan rambut biasanya disertai dengan perayaan tertentu.

Rambut hasil pencukuran akan ditimbang dan bobotnya dikonversi dengan harga emas. Orang tua di bayi disunahkan untuk bersedekah sesuai dengan nilai konversi timbangan rambut bayinya. Namun, ada juga kebiasaan lain, dimana pemangkasan rambut bayi dilakukan pada hari keempat puluh. Dengan kata lain, bayi baru dicukur setelah berusia satu bulan 10 hari. secara medis, kapan waktu yang lebih tepat untuk mencukur rambut bayi?

Menurut Dr. Rosalina Dewi Roeslani, Sp.A(K), ahli perinatologi dari RS Cipto Mangunkusumo, pada dasarnya, tidak ada waktu khusu kapan rambut bayi harus dicukur untuk pertama kalinya dan boleh dicukur ataupun tidak. Dokter mengatakan rambut pertama bayi, atau dikenal dengan nama velus, akan rontok dengan sendirinya pada bulan-bulan pertama kelahiran. Tanpa dicukur pun, rambut halus tersebut akan rontok pada waktunya.

Dokter Rosalina juga mengatakan rambut manusia akan melewati tiga fase pertumbuhan, yaitu fase tumbuh, fase istirahat, dan fase lepas. Setiap helaian rambut mungkin berbeda pada fase pertumbuhan yang berbeda sehingga nampak ada area kulit kepala yang agak jarang rambutnya, sementara bagian lain tampak lebat. Memotong rambut atau tidak, tidak akan mempengaruhi kecepatan pertumbuhan ataupun membuat rambut tampak lebih tebal.

Namun saat berusia di atas setahun, rambut bayi boleh dicukur sesuai dengan kebutuhan. Contohnya saat rambut sudah terlalu panjang sehingga menutupi mata atau mengganggu penglihatan anak. Saat memotong rambut, pastikan juga keamanan dan kenyamanan anak. Hindari membuat anak ketakutan dan pastikan kebersihan alat yang digunakan seperti gunting, sisir atau pisau cukur. Selain itu, perhatikan kebersihan kulit kepala bayi. Rambut bayi sebaiknya dikeramas dua sampai tiga hari sekali menggunakan sampo khusus bayi.

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*