minum teh hijau sebelum tidur

Ini Alasan Tidak Disarankan Minum Teh Hijau Sebelum Tidur

  • Februari 1, 2021

Teh hijau mengandung antioksidan yang baik dan memiliki lebih sedikit kadar kafein dibandingkan dengan minuman berkafein lainnya. Teh hijau juga dikenal akan manfaat kesehatannya, salah satunya membuat tidur lebih nyenyak. Sehingga beberapa orang memilih untuk minum teh hijau sebelum tidur.

Padahal kenyataannya tak semua orang boleh minum teh di malam hari. Minum teh hijau bisa menghasilkan beberapa efek samping yang merugikan.

Artikel berikut akan menjelaskan hal terkait teh hijau dan waktu terbaik untuk meminum teh hijau.

Manfaat minum teh hijau

Teh hijau mengandung senyawa tanaman yang bermanfaat, yaitu katekin, kafein, dan asam amino. Ketiga senyawa tersebut memiliki manfaat kesehatan yang sangat baik, diantaranya yaitu:

  • Meningkatkan kualitas tidur

Teh hijau mengurangi hormon yang berkaitan dengan stres sehingga membuat otak lebih rileks sehingga membantu tidur nyenyak.

  • Menjaga kesehatan jantung

Meminum teh hijau dikaitkan dengan menurunkan seluruh risiko kematian, terutama akibat penyakit kardiovaskular.

  • Menurunkan kolesterol tinggi

Studi analisis yang diterbitkan tahun 2011 menemukan bahwa meminum teh hijau dalam bentuk ekstrak kapsul atau hidangan dapat mengurangi kolesterol jahat (LDL) dan kolesterol total.

  • Menurunkan risiko stroke

Sebuah penelitian menunjukkan meminum teh hijau secara rutin dapat menurunkan risiko stroke, terutama jika dibarengi dengan gaya hidup positif.

  • Membantu mengatasi masalah kulit

Teh hijau berpotensi sebagai pengobatan untuk masalah kulit seperti psoriasis dan ketombe.

  • Meningkatkan fungsi otak

Beberapa penelitian menemukan senyawa dalam teh hijau dapat meningkatkan fungsi kognitif, terutama daya ingat, dan mencegah gangguan otak seperti Alzheimer.

Minum teh hijau di malam hari bukan ide yang bagus

Minum teh hijau sebelum tidur dipercaya dapat membuat tidur lebih nyenyak, namun sebenarnya belum ada penelitian yang secara khusus meneliti manfaat minum teh hijau di malam hari.

Disamping itu ada beberapa alasan mengapa Anda sebaiknya tidak minum teh hijau sebelum tidur. Alasan paling utama adalah teh hijau mengandung kafein. Senyawa ini berfungsi sebagai stimulan yang bisa meningkatkan gairah, fokus, kewaspadaan, dan menambah energi sehingga dapat membuat Anda lebih sulit tertidur.

Meski beberapa bukti menunjukkan theanine dalam teh hijau melawan efek stimulasi kafein, orang yang sensitif terhadap kafein masih bisa merasakan efek tersebut.

Waktu terbaik minum teh hijau

Jika Anda tertarik untuk mendapatkan manfaat teh hijau, berikut waktu yang disarankan untuk meminum teh hijau:

  • Pagi hari

Memulai hari dengan secangkir teh hijau dapat meningkatkan fokus dan konsentrasi. Ini karena kandungan kafein yang terbukti meningkatkan perhatian, kewaspadaan, dan mempertajam pikiran.

Teh hijau juga mengandung L-theanine, asam amino yang memberikan efek menenangkan. Dengan kombinasi kafein dan theanine, Anda bisa lebih fokus tanpa mengalami efek samping yang ditimbulkan dari kafein.

Inilah yang membedakan teh hijau dengan kopi dan minuman berkafein lainnya.

  • Saat berolahraga

Beberapa penelitian menunjukkan minum teh hijau sebelum berolahraga membawa efek yang sangat baik. Ini akan meningkatkan pembakaran lemak tubuh selama latihan.

Penelitian lain juga menunjukkan teh hijau dapat mempercepat pemulihan otot setelah menjalani sesi latihan yang intens.

Catatan

Orang yang sensitif kafein tidak disarankan untuk minum teh hijau sebelum tidur karena dapat menyebabkan sulit tidur. Untuk menghindari efek tersebut, Anda bisa meminum teh hijau empat hingga delapan jam sebelum tidur.

Namun pastikan untuk tidak minum teh setelah makan karena dapat mengganggu penyerapan nutrisi dari makanan di dalam tubuh.

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*