Ini 5 Tips Agar Anak Tumbuh Percaya Diri

  • Januari 14, 2022

Salah satu cara membuat anak percaya diri adalah dengan memberikannya kata-kata mutiara untuk anak. Hal ini karena rasa percaya diri sangat penting untuk masa depannya nanti. Selain itu, percaya diri bisa membantu anak untuk mempunyai energi positif bagi dirinya sendiri dan orang lain.

Percaya diri juga bisa membawa anak untuk bisa mengambil keputusan nantinya. Bahkan, percaya diri bisa meningkatkan suatu hubungan. Itulah kenapa penting untuk membangun sikap percaya diri pada anak sejak dini.

Tips Membuat Anak Percaya Diri 

Beberapa anak mungkin suka saat mendengar kata mutiara tentang percaya diri. Namun, beberapa anak juga tidak bisa jika hanya diberikan kata mutiara saja. Oleh karena itu, orang tua harus memberikan tindakan lain untuk membantu anak agar lebih percaya diri.

1. Memilih Aktivitas yang Disukai Anak

Banyak orang tua yang tidak memberikan kebebasan pada anak dalam memilih. Contoh sederhananya adalah memilih aktivitas yang disukai oleh anak. Sebagian orang tua menginginkan anak yang terbaik, tapi mengabaikan pendapat dari anak itu sendiri.

Hal inilah yang nantinya akan membuat anak minder atau merasa malu. Anak akan merasa jika dirinya tidak berharga. Oleh karena itu, penting untuk memilih aktivitas yang disukai anak meski bagi orang tua itu kurang bermanfaat. Mendengarkan pendapat anak akan membentuk rasa percaya diri pada anak. 

2. Memberikan Hadiah 

Tips untuk membuat anak percaya diri ternyata bisa dilakukan dengan memberikan hadiah, lho. Hal ini karena hadiah bisa membuat anak merasa besar hati dan dihargai. Anda tidak harus memberikan anak hadiah berupa materi atau benda. Akan tetapi kata-kata mutiara untuk anak terkadang bisa berguna baginya.

Meski begitu, tidak ada salahnya untuk memberikan hadiah kesukaan atau sesuai keinginan anak ketika berhasil mencapai sesuatu. Namun, jangan terlalu memanjakan anak dengan memberikan hadiah atau pujian secara berlebihan, ya. Percaya diri yang berlebihan bisa membuat anak menjadi sombong.

3. Mendorong Anak untuk Berinteraksi Sosial

Salah satu cara lainnya yang bisa dilakukan untuk menciptakan karakter percaya diri pada anak dengan mengajaknya berinteraksi sosial. Beberapa anak cenderung merasa takut atau malu. Nah, sebagai orang tua, cobalah untuk mendorong anak agar mau mengikuti kegiatan bersama teman lainnya.

Misalnya melakukan kegiatan olahraga atau pramuka. Semakin anak terbiasa dengan lingkungan barunya, maka secara perlahan percaya dirinya bisa muncul. Selain itu, dari tindakan ini, Anda bisa tahu bakat dan potensi anak, lho.

4. Menjaga Perasaan Anak

Cara lainnya yang bisa dilakukan orang tua untuk membuat anak percaya diri adalah dengan menjaga perasaannya. Hindari membandingkan anak dengan anak yang lainnya, menegur anak dengan kata yang baik, dan menggunakan kalimat yang menyinggung perasaan anak. Selain itu, menjaga perasaan anak bisa membuatnya tahu cara menghargai orang lain. 

5. Mengajari Anak untuk Mengekspresikan Perasaan

Seorang anak yang tidak percaya diri biasanya sulit untuk mengungkapkan perasaan mereka. Anak lebih suka jika berdiam dan menahannya sendiri. Nah, jika tidak ingin anak Anda mempunyai sifat pemalu, maka bisa mengajarinya untuk mengekspresikan perasaan.

Anda bisa mengajarkan berbagai emosi yang muncul. Mulai dari perasaan sedih, marah, kecewa, senang, sampai empati. Mengajari anak sejak dini tentang emosi akan membuatnya mudah untuk mengendalikan emosi dengan baik. 

Beberapa cara di atas bisa Anda coba untuk membuat anak tumbuh menjadi lebih percaya diri. Selain menggunakan kata-kata mutiara untuk anak, cobalah untuk menjadi role model bagi anak agar karakter baiknya mudah terbentuk.

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*