Hal yang Dilakukan Saat Keluarga Bukan Support System Terbaik

  • Desember 24, 2021

Saat kamu merasa sedih, stres, dan terpuruk, teman dan keluarga seharusnya bisa menjadi support system yang bisa membantumu melewati hal tersebut. Tapi tak jarang, orang yang seharusnya menjadi pendukung nomor satu kita malah menjadi sosok yang membuat kita semakin terpuruk. 

Berada di tengah-tengah lingkungan yang tak mendukung bisa membuatmu berkecil hati dan mengalami kesulitan yang teramat sangat. Lalu apa yang harus dilakukan saat keluarga ataupun teman bukanlah support system yang baik?

Pahami arti support system

Support system atau sistem pendukung adalah orang-orang yang bisa menerimamu tanpa menghakimi atau mengejek, dan bisa memberikan nasihat atau feedback yang baik untuk kepentinganmu. Support system lebih dikenal sebagai sistem dukungan sosial yang mengacu pada orang-orang di sekitar termasuk keluarga, teman, guru yang dapat memberikan dukungan emosional. Hal ini juga disebut dengan support system eksternal.

Sedangkan support system juga bisa berasal dari diri sendiri, yang disebut dengan support system internal. Namun tetap saja dukungan dari orang luar biasanya memiliki dampak yang lebih besar dan memiliki banyak manfaat.

Memiliki sistem dukungan yang baik dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan, baik fisik maupun mental, serta kesejahteraan hidup yang lebih tinggi. Ketika mengalami stres, dukungan dari orang sekitar dapat membantu mengidentifikasi penyebab stres dan meringankannya. 

Selain itu, mereka juga bisa memberikan informasi, nasihat, dan bimbingan yang dibutuhkan di saat-saat yang tak pasti. Dukungan seperti ini bisa menghibur dan meningkatkan perasaan aman. 

Bagaimana jika teman dan keluarga bukanlah support system yang baik?

Kita menyadari bahwa support system itu sangat penting, tapi pada kenyataannya orang-orang terdekat seperti keluarga, pasangan, atau sahabat belum mampu mendukung kita dengan baik.

Ada banyak alasan kenapa seseorang tidak memahami kondisimu, misalnya faktor lingkungan yang membuat mereka dipengaruhi oleh stigma kesehatan mental. Bisa jadi mereka sebenarnya bersimpati denganmu, namun karena masalah yang mereka sendiri hadapi mereka tidak bisa secara aktif mendukungmu.  

Maka satu-satunya cara untuk membangun system support adalah mencarinya di tempat lain. Pilihan terbaik adalah bergabung dengan komunitas sosial dengan permasalahan yang sama, misalnya support group untuk penderita depresi. Kamu bisa terhubung dengan mereka secara langsung atau online

Meskipun awal pertemuan kalian sebagai orang asing, hubungan akan lebih mudah terbangung karena kalian berbagi pengalaman yang sama. Mereka tentu akan lebih mengerti dan memahami kondisimu, serta mungkin bisa berbagi informasi dan nasihat yang bisa mendukung satu sama lain.

Tempat lain untuk membangun support system adalah di lokasi di mana kamu berbagi minat, hobi, atau gaya hidup yang sama. Misalnya, klub kesehatan, klub membaca, anggota peribadatan, dan lainnya. Tapi menemukan orang yang memiliki empati di tengah lingkungan tersebut mungkin akan lebih sulit. Jika hal itu terjadi, kamu bisa menanyakan hal ini pada dirimu untuk menemukan seseorang yang tepat:

  • Apakah aku merasa dihormati oleh orang ini?
  • Apakah aku mempercayai orang ini?
  • Apakah orang ini mengeluarkan kualitas terbaik dari diriku?
  • Apakah orang ini mengizinkanku untuk merasa baik tentang diriku sendiri?
  • Apakah aku memiliki perasaan positif saat berinteraksi dengannya?

Setiap orang memiliki support system yang berbeda, mungkin ada beberapa orang yang lebih nyaman memiliki hingga 10 orang tapi ada juga yang lebih menyukai kelompok support yang lebih sedikit. Selain itu, membangun support system juga membutuhkan waktu yang cukup lama, jadi tak perlu khawatir jika kamu belum berhasil menemukan seseorang yang tepat untuk mendukungmu. 

Jika ada kesulitan, kamu juga bisa berkonsultasi dengan profesional kesehatan mental seperti konselor atau psikolog untuk membantumu menghadapi masalah.

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*