Ganti Pembalut Tiap Berapa Jam? Ini Jawabannya!

  • Januari 7, 2022
Mengganti pembalut secara rutin sangat baik bagi kesehatan vagina

Ganti pembalut tiap berapa jam? Sepertinya itu yang sering Anda tanyakan saat mempunyai pembalut yang berfungsi mencegah kebocoran saat datang bulan.

Alat ini memang cukup praktis bagi wanita yang sedang mengalami menstruasi karena fungsinya tersebut.

Pembalut pun terdiri dari berbagai jenis yang tentu semuanya untuk kenyamanan dan fleksibilitas bagi wanita yang sedang haid. Karena jika bocor hal tersebut tentu saja membuat malu di depan umum. 

Dari semua itu pembalut perlu diganti secara berkala semua demi kesehatan. Sebab, jika tidak akan menimbulkan efek yang negatif bagi tubuh.

Mengapa perlu diganti?

Berdasarkan kajian dan penelitian medis, pembalut perlu diganti secara berkala untuk mencegah penumpukan bakteri, bau, dan darah haid ketika bocor.

Lalu kapan ganti pembalut?

Kebanyakan wanita seperti diketahui baru mengganti pembalut saat darah dari haid keluar cukup banyak.

Padahal, hal tersebut tidak disarankan karena efeknya yang sangat buruk bagi kesehatan. Lalu idealnya harus tiap berapa jam ganti pembalut?

Apabila Anda mengalami menstruasi, gantilah pembalut Anda setiap 3-4 jam setiap harinya. Namun hal ini tidak berlaku jika darah haid Anda tinggal sedikit yang menandakan periode bulanan Anda itu sudah selesai.

Mengganti pembalut secara berkala akan membuat organ kewanitaan Anda menjadi tetap sehat meskipun sedang dilanda datang bulan.

Hal ini karena organ kewanitaan merupakan bagian yang rawan terkena penyakit, baik dalam bentuk virus maupun bakteri. 

Ciri pembalut yang tidak pernah diganti teratur

Pembalut yang tidak pernah diganti secara teratur biasanya akan mempunyai beragam ciri bau tidak sedap. Umumnya ini terjadi pada pembalut yang tidak diganti selama lebih dari 5 jam. Karena itu, untuk mencegah hal tersebut, sebaiknya segera ganti pembalut Anda!

Bagaimana jika saat tidur?

Ini mungkin juga yang membuat Anda bertanya jika pembalut demi alasan medis harus secara berkala diganti.

Saat tidur yang bisa hingga 6-8 jam adalah Anda perlu menggunakan pembalut bersih sebelum tidur, dan ketika Anda bangun Anda harus segera menggantinya.

Bahaya yang datang jika pembalut tidak diganti

Seperti sudah disebutkan bahwa jika Anda terlalu lama mengganti pembalut, ada beberapa risiko kesehatan yang menyerang dan Anda idap.

Salah satu masalah tersebut adalah toxic shock syndrome. Ini adalah penyakit yang biasanya diakibatkan oleh bakteri Staphylococcus aureus dan Streptococcus grup A.

Bakteri ini muncul dan berkembang dari pembalut yang jarang digunakan yang kemudian masuk ke vagina dan mencemari aliran darah kemudian melepaskan racun.

Sindrom ini ditandai dengan beragam gejala, yaitu: demam yang bisa ke demam berat dengan adanya rasa menggigil, jantung berdetak cepat, hipotensi atau tekanan darah rendah yang bisa menimbulkan pusing saat berdiri setelah duduk.

Gejala lainnya adalah kulit berubah warna dengan tampilan seperti terbakar matahari, adanya kemerahan pada jaringan mulut, mata, dan vagina. Selain itu, Anda bisa terkena muntah, diare, dan nyeri otot.

Sebenarnya toxic shock syndrome ini sangat jarang terjadi namun tetap perlu waspadai dengan mengganti pembalut secara teratur.

Bahaya lain yang dapat ditimbulkan adalah Anda dapat terkena herpes, kanker serviks, dan masalah kesehatan kewanitaan lainnya.

Saat hendak mengganti, Anda juga harus membersihkan organ kewanitaan Anda supaya tetap steril dari bakteri.

Dalam hal ini Anda tidak perlu sabun atau cairan khusus, cukup gunakan air bersih secukupnya. Nah, itulah mengenai jawaban dari pertanyaan ganti pembalut tiap berapa jam?

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*