Fasidol Sirup dan Yang Harus Dilakukan saat Anak Demam

  • Juli 23, 2021

Kondisi anak mengalami suhu tubuh tinggi atau demam sebenarnya merupakan hal lumrah. Apalagi dengan kondisi imunitas anak yang cenderung belum sekuat orang dewasa, ia akan mudah terinfeksi virus maupun bakteri. Pada saat itulah, tubuh akan memberikan perlawanan sehingga menimbulkan demam. 

Demam biasanya akan sembuh dengan sendirinya dalam 1—3 hari. Jika Anda terlalu khawatir, memberikan anak obat penurun demam dan nyeri, seperti Fasidol Sirup, bisa dilakukan. Namun, memperhatikan hal-hal penting yang harus dilakukan saat anak demam tetap harus menjadi prioritas. 

Sebenarnya, apa saja yang harus Anda lakukan ketika menemui kondisi suhu tubuh anak yang tinggi? Tetap tenang dan jangan lewatkan hal-hal di bawah ini. 

Jaga Mereka Tetap di Rumah 

Demam merupakan tanda tubuh anak sedang mengalami infeksi virus maupun bakteri. Dalam artian lain, ia sedang dalam kondisi yang lemah. Jangan biarkan ia makin terapar virus maupun bakteri lainnya di luar rumah. Menjaga mereka tetap di rumah untuk bisa beristirahat lebih banyak adalah yang terbaik. Mencegah mereka keluar rumah juga bisa mencegah anak-anak lain agar tidak tertular infeksi yang sedang dialami oleh buah hati Anda. 

Cek Suhu Tubuh Berkala 

Demam merupakan perperangan antara tubuh anak dengan virus maupun bakteri yang masuk ke tubuhnya. Dalam kondisi tertentu, tubuh anak bisa menang yang ditandai dengan menurunnya demam. Namun dalam kondisi lain, infeksi virus dan bakteri bisa lebih kuat dan membahayakan. Ini biasanya ditandai dengan meningkatnya demam secara drastis. Karena itu, penting untuk mengecek suhu tubuh anak secara berkala, khususnya pada malam. Pastikan demamnya stabil dan tidak mengalami kenaikan yang membahayakan.  

Beri Parasetamol untuk Meredakan 

Banyak obat penurun demam yang dijual bebas di pasaran dan bisa Anda pakai untuk meredakan demam si kecil. Fasidol Sirup salah satu di antaranya. Kebanyakan obat demam yang dijual bebas memiliki bahan utama parasetamol dan bisa digunakan untuk anak umur 3 bulan ke atas, tapi lebih bagus jika sesuai anjuran dokter. Pastikan menggunakan parasetamol tersebut sesuai dosis yang tertera dalam kemasan. 

Buat Suasana Senyaman Mungkin 

Suasana yang nyaman bisa membuat anak bisa berisitrahat lebih enak. Istirahat sendiri merupakan senjata ampuh melawan infeksi virus dan bakteri. Soalnya dengan beristirahat, tubuh menjadi mempunya lebih banyak energi untuk memulihkan diri. Suasana nyaman untuk si kecil yang demam dapat Anda ciptakan dengan menurunkan suhu ruangan agar sejuk sampai memakaikannya baju yang agak tipis dan menyerap keringat. 

Pastikan Mereka Makan dan Minum 

Anak  mungkin akan sedikit malas untuk makan ketika sedang sakit, tidak terkecuali ketika sedang demam. Jangan biarkan itu terus berlanjut. Bagaimanapun makanan bisa menjadi sumber gizi yang efektif melawan infeksi. Pastikan mereka tetap makan dengan menyediakan makanan kesukaan mereka. Pastikan juga mereka minum lebih banyak cairan agar tidak mengalami dehidrasi dan demamnya cepat menurun. 

Waspadai Gejala Dehidrasi 

Hal yang paling harus diwaspadai ketika anak demam adalah komplikasi dehidrasi. Jika hal ini terjadi, kondisi anak bisa masuk dalam tahap kegawatdaruratan. Jangan sampai hal ini terjadi pada buah hati Anda. Selalu beri cairan secara teratur pada si kecil, baik berupa air putih, jus, ataupun susu. 

Sigap Hadapi Kegawatdaruratan 

Saat anak demam, pemberian Fasidol Sirup maupun obat penurun demam lainnya belum tentu bisa membuat demam menurun. Anda harus tetap siap siaga jika sewaktu-waktu demam anak makin tidak terkendali dan masuk ke fase kegawatdaruratan. Beberapa cirinya adalah demam yang naik hingga di atas 39,8 derajat Celsius, kondisi lemas karena dehidrasi, sampai demam tidak turun lebih dari 3 hari. Jika menemukan kondisi ini, bawa segera buah hati ke rumah sakit. 

*** 

Anda bisa menyiapkan Fasidol Sirup sebagai obat jaga-jaga jika anak demam sewaktu-waktu. Pastikan anak tetap tenang menghadainya dan yakinlah anak Anda akan menang dalam pertarungan melawan virus maupun bakteri yang tengah menyerangnya. 

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*