Efek Samping Salep Bepanthen Untuk Atasi Masalah Kulit

  • Mei 21, 2021

Salep Bepanthen adalah salep popok bayi yang diklaim dapat membuat kulit menjadi lembut, melindungi kulit bayi dari gesekan dengan popok dan merawat kulit bayi setiap hari. Bayi sangat rentan dengan munculnya ruam di kulit seperti ruam akibat pemakaian popok karena bayi baru lahir apalagi pada bulan-bulan pertama memiliki kulit yang sangat tipis dan halus. Oleh karena itu, kulit bayi memerlukan perawatan ekstra.

Salep Bepanthen mengandung zat dexpanthenol dengan konsentrasi sebesar 5%.

Cara Pakai Salep Bepanthen

Untuk merawat kulit bayi, bersihkan kulit bayi terlebih dahulu dengan air. Setelah itu, oleskan salep Bepanthen secara tipis-tipis dan merata pada kulit yang nantinya akan tertutup popok, serta area lipatan seperti paha dan selangkangan. Untuk hasil optimal, gunakan salep  Bepanthen sebelum memakai popok setiap hari. Untuk merawat puting susu selama masa menyusui, bersihkan puting susu setelah menyusui lalu oleskan salep Bepanthen.

Efek Samping Dexpanthenol yang Terkandung pada Salep Bepanthen

Efek samping Dexpanthenol meliputi:

  • Timbul gatal-gatal
  • Geli
  • Reaksi alergi
  • Gangguan pada kulit seperti kemerahan dan ruam.

Kebanyakan emolien seperti salep Bepanthen dapat digunakan dengan aman dan efektif tanpa efek samping. Namun, rasa terbakar, menyengat, kemerahan, atau iritasi dapat terjadi. Jika salah satu dari efek ini tidak kunjung reda atau justru memburuk, segera konsultasikan kepada dokter atau apoteker.

Jika dokter Anda telah meresepkan obat ini, ingatlah bahwa dokter menilai bahwa manfaatnya bagi Anda lebih besar daripada risiko efek samping. Selain itu, banyak orang yang menggunakan obat ini tidak memiliki efek samping yang serius.

Beri tahu dokter Anda segera jika salah satu dari efek samping yang tidak biasa tetapi serius ini terjadi, seperti perubahan yang tidak biasa pada kulit (misalnya, memutih, menjadi lembut, basah) termasuk tanda-tanda infeksi kulit.

Reaksi alergi yang sangat serius terhadap obat ini juga sebetulnya jarang terjadi. Namun, segera dapatkan pertolongan medis jika Anda melihat atau mengalami gejala reaksi alergi yang serius, termasuk: ruam , gatal atau bengkak (terutama pada wajah, lidah dan tenggorokan), pusing parah, dan kesulitan bernapas.

Sebelum menggunakan produk salep Bepanthen ini, beri tahu dokter atau apoteker Anda jika Anda alergi terhadap salah satu bahan dalam produk; atau jika Anda memiliki alergi lain. Produk ini mungkin juga mengandung bahan tidak aktif yang dapat menyebabkan reaksi alergi atau masalah lain. Bicaralah dengan apoteker Anda untuk mendapatkan penjelasan lebih lengkap.

Jika Anda memiliki salah satu masalah kesehatan seperti luka, infeksi dan luka pada kulit, segera konsultasikan dengan dokter atau apoteker Anda sebelum menggunakan produk ini.

Beberapa bahan seperti pewangi mungkin membuat Anda lebih sensitif terhadap sinar matahari. Oleh karena itu, periksa label untuk melihat setiap peringatan atau tanyakan kepada dokter atau apoteker jika Anda perlu melakukan tindakan pencegahan khusus saat berada di bawah sinar matahari. Dokter atau apoteker mungkin menyarankan agar Anda membatasi waktu beraktivitas di bawah sinar matahari, menghindari tempat berjemur dan lampu matahari, dan menggunakan tabir surya dan mengenakan pakaian pelindung saat berada di luar ruangan. Beri tahu dokter Anda segera jika Anda terbakar sinar matahari atau mengalami kulit melepuh atau kemerahan.

Beberapa produk salep mengandung dexpanthenol juga dapat memperburuk jerawat. Jika kulit Anda rentan terhadap jerawat, carilah label “non-comedogenic” pada kemasan produk. Beberapa produk juga dapat membuat pakaian jadi hitam atau kotor, Anda bisa menanyakan hal ini kepada dokter atau apoteker untuk mendapat keterangan lebih lanjut. 

Anda juga perlu bertanya kepada dokter, apakah obat salep Bepanthen ini bisa masuk ke dalam payudara susu ketika Anda mengoleskan salep ini ke area payudara.

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*