methylprednisolone

Dua Bentuk Obat Methylprednisolone, Apa Bedanya?

  • Desember 8, 2020

Methylprednisolone merupakan obat yang termasuk dalam golongan kortikosteroid. Kortikosteroid adalah obat yang mengandung hormon steroid yang berguna untuk menambah hormon steroid dalam tubuh bila diperlukan, dan meredakan peradangan atau inflamasi, serta menekan kerja sistem kekebalan tubuh yang berlebihan.

Obat ini bekerja dengan mencegah pelepasan enzim hidrolase yang sifatnya asam dan destruktif dari sel darah putih sehingga dapat menurunkan permeabilitas dinding kapiler dan pembentukan edema. Sebagai antagonis dari aktivitas histamin penyebab alergi dan melepaskan kinin dari substrat, membuat Methylprednisolone efektif dalam mengatasi segala macam peradangan hingga pembengkakan.

Methylprednisolone umum diresepkan dokter dalam bentuk tablet yang ditelan lewat mulut. Obat ini juga tersedia dalam bentuk sediaan cair (suspensi atau larutan) yang diberikan sebagai suntikan hanya oleh tenaga penyedia layanan kesehatan. Dari kedua bentuk tersebut, adakah perbedaan di antaranya?

  • Methylprednisolone Tablet

Seperti layaknya obat dalam bentuk tablet lainnya, Methylprednisolone tablet yang dikonsumsi secara oral. Pada umumnya, fungsi dari Methylprednisolone berbentuk tablet adalah membantu untuk mengurangi peradangan dan gatal-gatal.

Methylprednisolone dalam bentuk tablet bekerja dengan cara menurunkan respons sistem kekebalan tubuh untuk mengurangi pembengkakan, nyeri, dan reaksi berbagai jenis alergi. Perlu diperhatikan bahwa Methylprednisolone tidak boleh dikonsumsi sembarangan tanpa resep dokter.

Methylprednisolone dalam bentuk tablet sebaiknya dikonsumsi setelah makan untuk mencegah sakit maag. Gunakan segelas air putih untuk menelan tablet secara utuh. Gunakan tablet Methylprednisolone sesuai dosis yang telah ditentukan dokter dan pastikan ada jarak waktu yang cukup antara satu dosis dengan dosis berikutnya.

  • Methylprednisolone Cair

Methylprednisolone injeksi atau suntikan biasanya digunakan untuk mengobati reaksi alergi yang parah. Obat dalam bentuk injeksi ini juga digunakan untuk menangani multiple scelorsis (penyakit di mana saraf tidak berfungsi dengan baik), lupus, penyakit gastrointestinal, dan jenis arthritis tertentu.

Tak hanya itu, Methylprednisolone injeksi juga dapat digunakan untuk mengobati kondisi tertentu yang dapat memengaruhi darah, kulit, mata, sistem saraf, tiroid, ginjal, atau bahkan paru-paru. Terkadang, obat ini digunakan dengan obat lain untuk mengobati kadar kortikosteroid yang rendah. Methylprednisolone injeksi hanya dapat diberikan oleh tenaga profesional.

  • Beberapa Instruksi Pemakaian Methylprednisolone dan Hal Penting Lain

Anda perlu memperhatikan hal-hal berikut ini saat menggunakan Methylprednisolone, di antaranya:

  • Ikuti semua aturan sesuai dengan anjuran dokter. Jangan meminum obat dengan dosis lebih tinggi atau lebih rendah dari yang telah direkomendasikan.
  • Jika Anda akan melakukan operasi, beri tahu tenaga medis bahwa Anda sedang mengonsumsi obat ini.
  • Jangan hentikan penggunaan obat secara tiba-tiba. Oleh karena itu, selalu konsultasikan pada dokter jika ingin menghentikan penggunaan obat ini.
  • Konsultasikan ke dokter jika Anda memiliki diabetes karena obat ini dapat meningkatkan kadar gula dalam darah.
  • Konsultasikan terlebih dahulu jika Anda sedang hamil atau menyusui.

Hal yang tidak kalah penting untuk diingat ialah penyimpanan dari Methylprednisolone ini. Sebisa mungkin, simpan obat ini dalam suhu ruang dan jauhkan dari lembap ataupun panas. Biasanya, dosis Methylprednisolone (tablet) diberikan sekitar 4-48 miligram per hari dalam satu atau dua dosis terbagi. Anda dapat mengonsumsinya menggunakan makanan atau air mineral biasa.

Jika mengonsumsi obat tidak sesuai dengan petunjuk, kondisi tidak akan membaik lebih cepat dan efek samping juga dapat muncul. Jika Anda mengalami sakit perut setelah minum obat, sebaiknya konsumsi Methylprednisolone bersama makanan (atau susu) atau setelah makan untuk mengurangi iritasi lambung.

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*