Dosis dan Manfaat Paracetamol Untuk Anak-Anak

  • September 13, 2021

Rasa sakit pada tubuh seperti demam, sakit kepala, sakit gigi dan sakit tenggorokan sangat mengganggu dan tidak nyaman. Bagi orang dewasa saja penyakit ini dapat membuat badan tidak enak dan serba salah terlebih jika terjadi pada anak-anak. Mereka akan lebih rewel jika penyakit ini datang.

Banyak penyebab yang membuat rasa sakit seperti ini mendatangi anak-anak seperti batuk dan flu, gigi mulai tumbuh, alergi, atau karena makanan atau minuman yang dikonsumsi. Untuk mengatasinya, Anda dapat memberikan mereka paracetamol. Beberapa paracetamol memerlukan resep dan beberapa lainnya tidak. Namun tetap pastikan bahwa Anda maupun anak Anda mengonsumsi dosis yang tepat.

Berikut dosis mengonsumsi paracetamol serta manfaat paracetamol untuk anak-anak.

Apa itu paracetamol

Paracetamol adalah obat pereda rasa sakit atau demam yang dapat digunakan oleh orang dewasa maupun anak-anak. Biasanya obat ini digunakan untuk meredakan sakit kepala, sakit tenggorokan, sakit gigi, nyeri otot, hingga menurunkan demam. Paracetamol juga bisa untuk meredakan gejala flu dan batuk. 

Obat ini tersedia dalam bentuk tablet maupun sirup, biasanya untuk anak-anak banyak direkomendasikan dalam bentuk sirup. Selain kedua bentuk di atas, mengutip dari NHS, paracetamol juga dapat hadir dalam bentuk supositoria yaitu obat yang didorong dengan lembut ke bokong anak. Jenis ini berguna untuk meredakan rasa sakit atau pun suhu tinggi pada anak-anak yang sulit menelan tablet atau sirup.

Manfaat paracetamol dan cara kerja untuk anak-anak

Paracetamol menjadi obat pereda rasa sakit sejuta umat tak terkecuali anak-anak. Paracetamol mengandung analgesik sebagai pereda nyeri dan antipiretik untuk menurunkan demam. Beberapa bukti ilmiah juga menjelaskan paracetamol memiliki potensi untuk mengendalikan gula darah dan fungsi otot. Efek antioksidan yang terdapat di dalamnya juga disebut bermanfaat untuk melindungi jantung dan otak. Meski demikian masih perlu penelitian lebih dalam. 

Manfaat paracetamol sendiri untuk anak-anak adalah sebagai:

  • Penurun demam atau suhu tinggi pada tubuh yang mengganggu
  • Penurun demam setelah vaksinasi
  • Pereda sakit kepala pada anak
  • Pereda sakit gigi
  • Pereda gejala batuk pilek/flu

Manfaat paracetamol sendiri akan terlihat sekitar 30 menit setelah mengonsumsinya. Untuk jenis supositoria, manfaatnya mungkin akan memakan waktu sekitar 60 menit setelah pemakaian.

Dosis paracetamol untuk anak-anak

Dosis konsumsi paracetamol biasanya tergantung pada usia dan terkadang berat badan mereka. Bacalah petunjuk yang tersedia sebelum memberikan obat tersebut bagi mereka. biasanya paracetamol sirup cair dan supositoria dapat diberikan kepada anak dari usia 2 bulan. Sedangkan bentuk tablet termasuk tablet larut diberikan kepada anak dari usia 6 tahun.

Untuk bayi dibawah 2 bulan, penggunaan paracetamol harus sesuai dengan resep dokter. Berikut dosis paracetamol yang umum diberikan pada anak-anak:

  • Dosis sirup bayi: 120mg/5ml
  • 3 sampai 6 bulan 2.5ml 3-4 kali sehari
  • 6 hingga 24 bulan 5ml 3-4 kali sehari
  • 2 sampai 4 tahun 7.5ml 3-4 kali sehari
  • 4 sampai 6 tahun 10ml 3-4 kali sehari
  • Dosis sirup umur 6 tahun ke atas: 250mg/5ml
  • 6 sampai 8 tahun 5ml 3-4 kali sehari
  • 8 sampai 10 tahun 7.5ml 3-4 kali sehari
  • 10 sampai 12 tahun 10ml 3-4 kali sehari
  • Dosis tablet untuk anak usia 6 tahun hingga 16 tahun
  • 6 sampai 8 tahun 250mg 3-4 kali sehari
  • 8 sampai 10 tahun 375mg 3-4 kali sehari
  • 10 sampai 12 tahun 500mg  3-4 kali sehari
  • 12 hingga 16 tahun 750mg 3-4 kali sehari

Hindari mengonsumsi beberapa obat yang mengandung paracetamol, pasalnya hal ini dapat mengakibatkan overdosis. Meski merupakan obat sehari-hari tapi penggunaan paracetamol harus sesuai dengan dosis. Simpanlah di tempat yang aman, wadah tertutup rapat dan jauh dari jangkauan anak-anak. Dosis paracetamol juga diberikan tidak lebih dari 4 kali dalam satu kali 24 jam. Jangan lupa untuk memberi jeda setidaknya 4 jam sebelum dosis selanjutnya.

Merek obat paracetamol untuk anak

Obat paracetamol banyak dijual di apotek bahkan di warung-warung. Beberapa tidak memerlukan resep dokter untuk mendapatkannya. Anda mungkin mengenal beberapa merek obat paracetamol ini. beberapa merek yang biasa dijumpai adalah Panadol Anak, Paracetamol Holi Pharma, Bodrexin Anak, Sanmol, Anacetine dan lainnya. 

Paracetamol tentu menjadi andalan untuk meredakan nyeri dan demam. Beraksi cepat dan mudah ditemukan menjadi salah satu kelebihan dari obat ini. Untuk anak-anak, manfaat paracetamol lainnya adalah bisa untuk menurunkan demam setelah imunisasi/vaksinasi. Gejala flu atau pilek juga dapat diatasi dengan obat satu ini. Jangan lupa untuk memperhatikan dosis konsumsi untuk menghindari terjadinya overdosis paracetamol.

Untuk mendapatkan obat paracetamol dengan jaminan kualitas asli serta promo khusus tanpa harus pergi ke luar rumah, Anda bisa memesannya melalui Toko SehatQ. Kunjungi Toko SehatQ melalui website atau aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Unduh aplikasinya sekarang di Play Store atau App Store. 

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*