Dokter Spesialis di RSUD Tanjung Priok

  • Maret 8, 2021

Guna memaksimalkan pelayanan kesehatan untuk masyarakat, Rumah Sakit Umum Daerah Tanjung Priok atau RSUD Tanjung Priok tentunya memiliki dokter spesialis yang berpengalaman di bidangnya masing-masing. Sebagai informasi, dokter spesialis merupakan dokter yang melakukan perawatan dan pengobatan secara khusus untuk kondisi atau penyakit yang spesifik.

RSUD Tanjung Priok di Jakarta Utara

Berkenaan dengan hal tersebut, dokter spesialis di RSUD Tanjung Priok terbilang lengkap. Merujuk pada laman resmi rumah sakit itu, tercatat ada spesialis radiologi, spesialis bedah, spesialis anestesiologi, spesialis mata, spesialis anak, spesialis obgyn, spesialis penyakit dalam, spesialis gigi dan mulut, spesialis patologi klinik, spesialis bedah mulut, Poli MCU dan spesialis TB DOTS.

Merujuk daftar tersebut, artikel ini akan membahas beberapa pengertian mengenai spesialisasi dokter yang ada di RSUD Tanjung Priok. 

Pertama adalah radiologi. Spesialis itu dimiliki oleh dokter yang fokus untuk melakukan pemeriksaan radiologi untuk mendeteksi, mendiagnosis, dan mengobati penyakit. Dalam praktiknya, dokter spesialis radiologi dibantu dengan alat pendukung seperti rontgen, CT scan, USG dan lainnya.

Kedua, spesialis bedah. Untuk yang satu ini, merupakan dokter yang fokus menangani gangguan pada pasien di mana dalam penanganannya perlu dilakukan pembedahan. Namun demikian, sebelum pasien menjalani pembedahan untuk suatu penyakit, dokter spesialis bedah pasti akan memberikan informasi dan edukasi terkait kepada pasien dan pihak keluarga.

Ketiga, dokter spesialis mata. Dalam menjalankan tugasnya, dokter di bidang ini memiliki keahlian khusus untuk menangani penyakit atau gangguan pada mata. Tidak hanya memeriksa pasien, dokter spesialis mata sudah barang tentu akan memberikan resep obat bagi pasien. Namun untuk kondisi tertentu, dokter spesialis mata juga bisa merekomendasikan kacamata yang tepat digunakan atau bahkan melakukan operasi mata.

Keempat, di RSUD Tanjung Priok juga ada dokter spesialis anak. Dalam praktiknya, dokter spesialis anak memiliki kemampuan menangani pasien berusia 0-18 tahun yang mengalami pelbagai masalah secara fisik, perilaku, atau sampai kesehatan mental. Dalam beberapa kasus, tidak menutup kemungkinan dokter spesialis anak melakukan komunikasi dengan dokter spesialis terkait apabila dibutuhkan dalam rangka penanganan pasien.

Kelima, dokter spesialis penyakit dalam yang mana memiliki kemampuan untuk menangani penyakit atau gangguan kesehatan lainnya, yang berhubungan dengan organ dalam tubuh manusia. Biasanya, dokter spesialis jenis ini menangani penyakit, seperti jantung, ginjal, diabetes, masalah imun, dan lain-lain.

Keenam, dokter spesialis obgyn atau yang akrab disebut dokter kandungan. Seperti namanya, dokter spesialis obgyn memiliki kemampuan khusus di bidang seputar kehamilan. Sebagai informasi, obgyn merupakan akronim dari obstetri dan ginekologi. Obstetri merupakan cabang ilmu kedokteran yang khusus mempelajari kehamilan. Sementara ginekologi merupakan ilmu yang fokus dengan reproduksi perempuan.

Berikutnya, di RSUD Tanjung Priok juga ada dokter spesialis bedah mulut. Secara umum, dokter spesialis bedah mulut memiliki tugas menangani pasien yang mengidap penyakit pada mulut, gigi, rahang dan lidah. Untuk diketahui, sebelum berstatus menjadi dokter spesialis bedah mulut, sang dokter tentunya perlu lebih dulu menuntaskan pendidikan dokter gigi untuk kemudian melanjutkan di bidang spesialis.

Dari penjelasan di atas, paling tidak pembaca dapat mengetahui hal-hal umum terkait dokter spesialis, khususnya yang berpraktik di RSUD Tanjung Priok. Namun demikian, sebelum mendapatkan pelayanan dari dokter spesialis, disarankan pasien untuk lebih dulu mengecek jam praktek dari dokter itu sendiri.

Hal tersebut karena bisa saja dokter spesialis yang ada di RSUD Tanjung Priok tidak membuka prakteknya setiap hari. Oleh karena itu, sebelum mengakses layanan kesehatan atau konsultasi dengan dokter spesialis yang dituju, disarankan agar pasien menghubungi pihak rumah sakit lebih dulu untuk mengetahui hari dan jam praktek sang dokter.

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*