Ditandai dengan Pergerakan Mata Cepat, Ini Penyebab Nistagmus

Ditandai dengan Pergerakan Mata Cepat, Ini Penyebab Nistagmus

  • Maret 9, 2021

Nistagmus adalah suatu kondisi yang mempengaruhi mata Anda. Kondisi ini ditandai dengan pergerakan bola mata yang sangat cepat dan tidak terkendali. Gerakannya dapat berupa gerakan naik dan turun, ke kanan dan ke kiri, maupun gerakan memutar.

Seringkali, nistagmus juga dikenal dengan istilah ‘mata menari’, karena bola mata yang terus bergerak-gerak. Biasanya, kondisi ini juga akan membuat Anda mengalami gangguan penglihatan.

Apa faktor penyebab nistagmus?

Nistagmus bisa saja terjadi sebagai tanda dari adanya suatu kondisi medis tertentu pada mata Anda. Anda bisa saja dilahirkan dengan kondisi ini, namun bisa juga baru mengembangkannya di kemudian hari. 

Penyakit ini terjadi ketika salah satu bagian otak, atau telinga bagian dalam Anda tidak berfungsi dengan benar. Bagian otak dan telinga ini sebenarnya memiliki fungsi untuk mengatur pergerakan dan posisi mata.

Gerakan dan posisi mata Anda bisa dibantu untuk dirasakan oleh labirin di dinding telinga bagian dalam. Labirin ini mungkin saja mengalami kerusakan karena faktor medis tertentu, sehingga menyebabkan ketidakmampuan untuk mengontrol mata. 

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan kondisi ini, seperti: 

  • Penggunaan alkohol atau narkoba
  • Penyakit tertentu, seperti stroke, multiple sclerosis, atau penyakit Meniere
  • Cedera kepala
  • Faktor genetik atau diturunkan oleh orang tua
  • Masalah mata lainnya, seperti katarak atau strabismus
  • Masalah telinga bagian dalam
  • Penggunaan obat-obatan tertentu, seperti litium atau obat untuk kejang
  • Albinisme atau kekurangan pigmen kulit

Jenis-jenis penyakit nistagmus

Ada beberapa jenis nistagmus yang bisa menyerang seseorang. Berikut ini jenis-jenis tersebut: 

  • Infantile nistagmus sindrom (INS)

Jenis ini merupakan jenis nistagmus bawaan sejak lahir. Biasanya, jenis ini disebabkan oleh faktor genetik. Gejala jenis INS ini tergolong cukup ringan dan tidak ada kondisi medis lain yang mendasari kemunculannya. 

Kebanyakan penderita INS tidak memerlukan perawatan atau pengobatan khusus untuk mengendalikan gejala. Anda juga memiliki risiko lebih rendah untuk mengalami komplikasi di kemudian hari.

INS juga bisa menyebabkan masalah penglihatan dengan tingkat keparahan sedang. Untuk mengatasinya, sebagian penderita perlu menggunakan lensa korektif atau menjalani operasi korektif.

  • Nistagmus yang dikembangkan

Berbeda dengan jenis INS, jenis nistagmus ini bukanlah jenis yang dibawa sejak lahir. Kondisi ini dikembangkan ketika Anda sudah tumbuh dewasa. 

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan berkembangnya kondisi ini. Beberapa di antaranya adalah kondisi medis tertentu, seperti cedera kepala, masalah pada telinga bagian dalam, dan lain-lain.

Selain itu, kondisi ini juga bisa terjadi karena kebiasaan pola hidup yang buruk, seperti mengonsumsi alkohol atau narkoba. 

Tips tinggal bersama penderita nistagmus

Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan di rumah untuk membantu penderita yang bola matanya bergerak dengan tidak terkendali. Gunakanlah buku cetak yang besar untuk menulis segala sesuatu, serta ubah ukuran tulisan di seluruh gadget menjadi lebih besar. 

Hal ini akan memudahkan penderita untuk melihat. Karena, ketika bola mata mereka bergerak dengan tidak terkendali, mereka juga akan mengalami penglihatan yang kabur.

Apabila anak Anda menderita kondisi ini, doronglah anak Anda untuk tetap membiasakan diri menggunakan mata mereka. Pilihlah mainan yang berukuran besar serta berwarna cerah supaya lebih mudah untuk dikenali. 

Segera hubungi dokter Anda apabila gejala nistagmus yang diderita mulai mengganggu aktivitas sehari-hari Anda. Dokter akan merekomendasikan upaya pengobatan yang paling tepat bagi Anda.

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*