Coba Berbagai Bahan Ini Sebagai Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami

Coba Berbagai Bahan Ini Sebagai Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami

  • Februari 26, 2021

Jerawat muncul di wajah tentu dirasa mengganggu baik secara kesehatan maupun penampilan. Tak jarang jerawat meradang bisa terasa perih dan membuat Anda kurang percaya diri. Untuk mengatasi jerawat dengan cepat Anda dapat menggunakan krim dari dokter kulit. Sayangnya, obat kimia biasanya bisa menyebabkan ketergantungan serta mahal harganya. Anda dapat mencoba cara menghilangkan jerawat secara alami menggunakan beberapa bahan berikut ini. 

  1. Madu

Salah satu bahan alami yang terbukti memiliki berbagai khasiat adalah madu. Adanya kandungan antioksidan dalam madu diyakini mampu membersihkan kotoran di wajah. Tidak hanya itu, madu membantu mencegah penyumbatan pori-pori. Oleskan madu secara teratur ke kulit wajah agar peradangan akibat jerawat dapat segera mereda. 

  1. Bawang putih

Cara menghilangkan jerawat secara alami lainnya yaitu dengan menggunakan bawang putih. Anda tidak perlu meletakkan bawang putih ke kulit yang berjerawat. Bahan alami satu ini akan membantu mengatasi jerawat dari dalam. Anda hanya perlu mengonsumsi bawang putih lebih banyak. Kekurangan mengonsumsi bawang putih dalam jumlah banyak dan sering yaitu bau keringat dari tubuh menjadi kurang sedap. 

  1. Cuka apel

Cuka apel merupakan bahan alami yang cukup ampuh dalam mengatasi jerawat. Manfaat cuka apel ini bahkan telah diteliti dan terbukti bahwa kandungan asam organik dapat membantu melawan bakteri propionibacterium acnes. Tidak hanya itu, cuka apel juga membantu menekan peradangan kulit sehingga jerawat bisa segera hilang. 

Sayangnya, cuka apel berisiko menimbulkan iritasi pada beberapa orang terutama dengan kulit sensitif. Jika Anda ingin mencoba menggunakan cuka apel untuk menghilangkan jerawat, caranya cukup mudah. Campurkan satu sendok makan cuka apel dengan 3 sendok makan alir kemudian oleskan pada kulit berjerawat menggunakan kapas bersih. Diamkan sebentar kemudian bilas dengan air. 

  1. Minyak kelapa

Bahan alami selanjutnya yang dapat dicoba adalah minyak kelapa. Telah diyakini bahwa minyak kelapa mampu mengurangi kemerahan dan pembengkakan pada jerawat. Selain itu, minyak kelapa mengandung antiinflamasi dan antibakteri sehingga bakteri penyebab jerawat dapat dibasmi. Cara penggunaannya adalah dengan mengoleskan minyak kelapa pada area kulit yang berjerawat. 

  1. Lidah buaya

Lidah buaya juga bisa menjadi cara menghilangkan jerawat secara alami. Gel lidah buaya mengandung asam salisilat dan sulfur yang merupakan bahan aktif untuk mengobati jerawat. Penggunaan lidah buaya bisa dilakukan dengan cara mengerok gelnya menggunakan sendok dan oleskan langsung pada wajah. Diamkan sebentar kemudian bilas dengan air. Hindari penggunaan jika Anda alergi atau muncul iritasi kulit akibat lidah buaya. 

  1. Kayu manis

Dibandingkan bahan alami lainnya, kayu manis tidak terlalu populer dimanfaatkan untuk mengobati jerawat. Padahal kandungan antioksidan dan antibakteri pada kayu manis dapat membantu meredakan jerawat. Anda dapat menjadikan kayu manis sebagai bahan dasar masker wajah. Tambahkan madu masker semakin berkhasiat menghilangkan jerawat. 

Berbagai bahan tersebut tidak hanya mudah ditemukan namun harganya pun tergolong terjangkau. Meski demikian, pastikan kulit Anda tidak memiliki reaksi alergi terhadap bahan-bahan tersebut. Hentikan pemakaian segera apabila muncul tanda iritasi seperti kulit merah, gatal, dan perih. Selain menggunakan berbagai bahan alami untuk mengobati jerawat, Anda juga perlu menerapkan pola hidup yang lebih sehat. Mencuci muka secara rutin, mengurangi makanan mengandung minyak dan lemak, berhenti merokok, olahraga teratur, serta menghindari begadang dapat membantu meredakan jerawat yang meradang, lho!

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*