obat batuk cap ibu dan anak

Cara Sembuhkan Anak dari Batuk Pilek

  • Agustus 31, 2021

Batuk pilek adalah salah satu penyakit yang cukup sering terjadi pada siapa saja, termasuk anak-anak. Salah satu penyebab batuk pilek bisa sering terjadi adalah virus yang berhasil masuk pada tubuh dan menginfeksi anak. Gejala yang ditimbulkan saat anak terkena batuk pilek:

– Hidung berair atau tersumbat

– Mata berair

– Bersin

– Demam

– Kelelahan

– Rasa tidak nyaman pada tenggorokan

– Batuk ringan hingga parah

– Nafsu makan berkurang

– Disertai diare (kadang-kadang)

Batuk pilek sebenarnya adalah penyakit yang dapat disembuhkan dengan cepat jika perawatannya dilakukan dengan benar. Beberapa cara berikut dapat Anda coba untuk menyembuhkan anak saat terkena batuk pilek:

1. Pastikan anak istirahat yang cukup

Memastikan anak beristirahat dengan cukup adalah salah satu cara agar anak dapat cepat pulih dari berbagai penyakit. Hal ini bisa terjadi karena tidur adalah salah satu komponen terpenting untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Jam tidur yang kurang akan memungkinkan anak untuk pulih lebih lama. Sebaliknya, jika anak memiliki jam tidur cukup ia akan lebih mudah pulih dengan lebih cepat.

2. Berikan anak banyak cairan

Penting bagi anak untuk terus tercukupi kebutuhan airnya dikala sakit. Air hangat dinilai sangat efektif untuk membantu mengencerkan lendir dan meredakan sakit tenggorokan akibat batuk dan pilek. Jika anak mau diberikan minuman hangat yang berasa, coba berikan beberapa ramuan herbal seperti teh+madu, madu+lemon, serta air jahe. Beberapa minuman herbal tersebut dipercaya dapat mengurangi keluhan batuk dan pilek yang terjadi pada anak.

3. Akan lebih baik jika menggunakan pelembab udara

Udara ruangan yang cenderung kering dan dapat memicu terjadinya kekeringan pada saluran pernapasan yang dapat menimbulkan gejala alergi pada saluran pernapasan anak. Alergi inilah yang akhirnya menyebabkan batuk pilek bisa semakin parah. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan humidifier pada kamar anak saat anak hendak tidur.

4. Uap hangat

Dengan menghirup uap hangat, hidung anak yang mampet akibat batuk pilek dapat sedikit diatasi. Caranya, ambil baskom lalu tuangkan air hangat secukupnya, letakkan kepala anak di atas baskom berisi rendaman air hingga uap terasa, kemudian tutup kepala anak menggunakan handuk. Suruh anak menghirup napas dalam secara perlahan hingga merasa lebih lega pernapasannya. 

5. Berkumur larutan garam 

Garam memiliki sifat antibakteri alami yang bisa dijadikan salah satu cara untuk mengurangi keluhan batuk pilek. Karena batuk pilek umumnya disebabkan oleh virus, penting untuk berkumur menggunakan air garam agar rongga mulut hingga tenggorokan anak tetap bersih. Caranya, campurkan 1 sendok teh garam dengan air kemudian biarkan hingga larut, setelahnya suruh anak berkumur dengan sedikit mendongakkan kepala perlahan hingga pangkal tenggorokan terkena air garam. Tunggu beberapa detik kemudian buang. Anak dapat menggunakan larutan garam ini dua kali sehari pada pagi dan malam hari.

6. Gunakan obat herbal

Langkah selanjutnya yang dapat orangtua lakukan untuk meredakan batuk dan pilek pada anak adalah memberikan obat herbal yang sesuai. Obat herbal dinilai lebih aman dikonsumsi karena terbuat dari bahan alami serta lebih minim efek samping. Salah satu obat batuk herbal anak yang dapat Anda coba untuk meredakan batuk pada anak adalah Obat batuk ibu dan anak. Obat ini merupakan salah satu obat sirup herbal yang dapat mengobati berbagai gejala batuk dan pilek mulai dari meredakan gejala batuk kering dan berdahak pada anak, meringankan gejala flu, mengurangi sakit tenggorokan, membantu meredakan demam, hingga membantu memelihara kesehatan paru-paru.

Anak usia 6-12 dapat meminum obat ini 3×1/hari dengan dosis 2 sendok takar (10 ml), dan anak usia 3-6 tahun 3×1/hari, 1 sendok takar (5 ml). Obat ini dapat digunakan seperti obat batuk pada umumnya yaitu dengan langsung meminum obat lalu minum air setelahnya, atau dapat juga mencampur obat dengan air hangat lalu minum perlahan-lahan. 

7. Beri anak makanan bergizi

Makanan bergizi berperan penting dalam proses penyembuhan setelah sakit. Inilah sebabnya mengapa anak harus terus mengkonsumsi makanan bergizi serta sehat pada saat sakit. Anda dapat memberikannya sayuran hijau seperti brokoli dan bayam, buah-buahan tinggi vitamin C seperti jeruk, pepaya, strawberry dan kiwi, susu, telur, ikan, serta daging merah.

Penting bagi orangtua untuk mengetahui cara tepat mengatasi batuk pilek agar gejalanya dapat cepat diatasi. Pastikan anak beristirahat dengan cukup, minum banyak cairan, serta menggunakan obat herbal yang sesuai seperti Obat batuk ibu dan anak untuk membantu anak agar bisa cepat pulih dari batuk pilek yang mengganggu.

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*