Cara Perawatan Vagina Kering pada Kehamilan dan Pascapersalinan

Cara Perawatan Vagina Kering pada Kehamilan dan Pascapersalinan

  • April 7, 2021

Pascapersalinan banyak terjadi perubahan yang terjadi pada tubuh, seperti pada vagina yang secara alami mengalami perubahan lebih lebar, kering atau sakit untuk beberapa waktu dan banyak perubahan lainya. Tetapi, salah satunya perubahan yang dialami yaitu fluktuasi hormonal dalam tubuh selama kehamilan, dan hal itu mungkin Anda tidak siap seperti vagina kering. Terjadinya hal tersebut membuat kulit kering dan gatal di area vagina serta nyeri dan ketidaknyamanan saat berhubungan seksual. 

Penyebab terjadinya kekeringan vagina ini yaitu diakibatkan kadar hormon wanita yang dikenal dengan estrogen menurun. Hal itu bisa menyebabkan penipisan jaringan vagina, seperti yang terjadi pada menopause. Selain itu, faktor lainya seperti kelelahan atau depresi pascapersalinan menjadi penyebab pada gejala kekeringan. Apabila terjadi tidak enak badan, pertimbangan lain adalah harus memeriksa tiroidnya, masalah tiroid bisa terjadi hampir 10 persen wanita pascapersalinan. 

Tiroid ini menghasilkan hormon yang penting untuk berbagai fungsi pada tubuh Anda, termasuk metabolisme. Tetapi tiroid mungkin menghasilkan terlalu banyak atau tidak cukup hormone tiroid saat meradang. Gejala dari tiroiditis pascapersalinan ini diantaranya seperti 

  • Kesulitan tidur
  • Penambahan berat badan
  • Kelelahan 
  • Depresi
  • Kulit kering
  • Kekeringan vagina

Apabila tiroiditis pascapersalinan penyebab dari vagina kering Anda, maka fungsi tiroid sebenarnya akan kembali normal dalam 12 hingga 18 bulan untuk 80 persen wanita. 

Tak hanya itu, faktor dari kekeringan pada vagina juga terjadi saat kehamilan. Kekeringan vagina akibat dehidrasi dan penggunaan obat-obatan seperti antihistamin yang dapat mengeringkan selaput lendir di tubuh. Maka untuk mengatasi kekeringan pada vagina selama kehamilan, penting untuk menjaga diri Anda terhidrasi dengan baik dan hindari mengonsumsi terlalu banyak kafein, atau makanan lain yang dapat membuat Anda dehidrasi saat hamil. 

Perawatan vagina kering 

Perawatan yang paling umum dilakukan ketika vagina kering yaitu dengan terapi estrogen topikal, karena kadar estrogen yang rendah. Perawatan tersebut dapat menggantikan beberapa hormone yang tidak lagi dibuat oleh tubuh Anda. Hal itu, bisa membantu meredakan gejala vagina. Terdapat tiga jenis estrogen yang bisa digunakan untuk perawatan seperti. 

  • Dering (Estring): Anda atau dokter Anda memasukkan cincin yang lembut dan fleksibel ini ke dalam vagina Anda di mana ia melepaskan aliran estrogen yang stabil langsung ke jaringan. Cincin diganti setiap 3 bulan.
  • Tablet (Vagifem): Anda menggunakan aplikator sekali pakai untuk memasukkan tablet ke dalam vagina Anda sekali sehari selama dua minggu pertama pengobatan. Kemudian Anda melakukannya dua kali seminggu sampai Anda tidak membutuhkannya lagi.
  • Krim (Estrace, Premarin): Anda menggunakan aplikator untuk memasukkan krim ke dalam vagina Anda. Biasanya Anda akan mengoleskan krim setiap hari selama 1 hingga 2 minggu, kemudian menguranginya menjadi satu hingga tiga kali seminggu seperti yang diarahkan oleh dokter Anda.

Berbagai produk estrogen apapun memiliki efek samping, seperti pendarahan vagina dan nyeri payudara. Estrogen topikal tidak direkomendasikan ketika Anda mengalami :

  • Menderita kanker payudara, terutama jika Anda menggunakan penghambat aromatase
  • Memiliki riwayat kanker endometrium
  • Mengalami pendarahan vagina tapi tidak tahu kenapa
  • Sedang hamil atau menyusui

Tidak banyak penelitian tentang penggunaan estrogen topikal jangka panjang, tetapi dokter yakin itu aman.

Perubahan Serviks Lainnya Selama Kehamilan

Kekeringan vagina hanyalah salah satu dari banyak perubahan serviks yang mungkin Anda perhatikan selama kehamilan. Berikut beberapa perubahan serviks lain yang harus diwaspadai selama kehamilan.

Gatal vagina

Kadar ph yang tidak seimbang selama kehamilan dan perubahan hormonal dapat menyebabkan gatal dan kemerahan pada vagina. Jika Anda juga mengalami sensasi terbakar di vagina, segera periksakan ke dokter.

Pembuluh mekar

Varises biasanya terjadi di kaki, tetapi jangan heran jika Anda juga melihatnya di area vagina selama kehamilan. Ini biasanya karena peningkatan berat dan tekanan pada serviks. Varises di area vagina biasanya hilang setelah melahirkan.

Keputihan

Dalam banyak kasus, wanita mungkin mengalami keputihan yang seperti susu dan lengket. Kekeringan biasanya hanya terjadi ketika kadar estrogen turun, tetapi di lain waktu, Anda mungkin mengalami keputihan, jadi perbanyaklah panty liner.

Vagina kering selama kehamilan sangat umum terjadi, terutama pada trimester pertama dan ketiga, karena kadar estrogen dan progesteron berfluktuasi tajam. Penting untuk mengatasi kekeringan dan menjaga vagina tetap bersih dan sehat. Bicaralah dengan dokter Anda sebelum menggunakan produk apa pun untuk mengatasi kekeringan vagina.

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*