9 Cara Menjaga Kesehatan Jantung Anda

9 Cara Menjaga Kesehatan Jantung Anda

  • Januari 14, 2022

Menjaga kesehatan jantung merupakan hal yang bisa dilakukan setiap hari. 

Terdapat lima hal yang berdampak pada jantung Anda yaitu apa yang dimakan oleh Anda, seberapa sering serta banyak Anda gerak, apakah Anda merokok maupun mengontrol kolesterol serta tekanan darah. 

Tips menjaga kesehatan jantung

Menjaga kesehatan jantung Anda merupakan hal yang baik, hal itu didapat dari Anda berolahraga, serta pola makan yang baik. Namun apa yang dapat Anda lakukan agar jantung Anda tetap pada kondisi yang kuat ?  Terdapat beberapa hal yang penting dilakukan setiap hari agar membantu jantung Anda tetap bekerja dengan efisien. Cara menjaga kesehatan jantung yaitu dengan mengubah kebiasaan gaya hidup Anda yang buruk dengan menjadi yang terbaik untuk Anda.

Makan lemak sehat, Bukan lemak trans

Tubuh membutuhkan ada nya lemak pada makanan yang dimakan, termasuk itu lemak jenuh maupun tak jenuh. Salah satu lemak yang tidak dibutuhkan tubuh yaitu lemak trans mengapa?, karena lemak trans dapat meningkatkan risiko terkena penyakit jantung maupun stroke. Lemak trans akan menyumbat arteri dengan meningkatkan kadar kolesterol jahat serta menurunkan kadar kolesterol baik. Memotong lemak trans dari diet Anda, maka Anda dapat meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh. Jadi, apa itu lemak trans? Lemak trans ini merupakan lemak yang berasal dari lemak produk industri seperti yang sering dipakai pada makanan cepat saji, makanan kemasan, makanan ringan dalam menambah rasa serta tekstur.

Praktek kebersihan gigi yang baik setiap hari

Kesehatan gigi menjadi sebuah indikasi baik dari kesehatan secara keseluruhan, termasuk pada jantung Anda, karena yang mempunyai penyakit gusi terkadang mempunyai faktor risiko dalam penyakit jantung. Terdapat sebuah studi pada masalah seperti ini, bahwa bakteri di mulut dapat membuat perkembangan penyakit gusi yang bisa pindah pada aliran darah serta membuat peningkatan protein c-reaktif, yaitu sebuah tanda terjadinya peradangan di pembuluh darah. Terjadinya perubahan itu bisa menjadi meningkatnya risiko penyakit jantung serta stroke. 

Tidur yang cukup

Tidur merupakan bagian penting dalam menjaga kesehatan jantung Anda. Apabila tidak cukup tidur, maka akan berisiko lebih tinggi untuk terkena kardiovaskular, penyakit ini tidak memandang usia maupun kebiasaan kesehatan lainnya. Dalam salah satu studi yang mengamati 3000 orang dewasa dengan usia diatas 45 tahun ini ditemukan bahwa mereka yang kurang tidur dari enam jam per hari memungkinkan memiliki dua kali lebih besar terkena stroke maupun serangan jantung. Dibandingkan dengan orang yang tidur delapan jam per hari. Menurut peneliti tidur yang sedikit dapat membuat gangguan dari kondisi kesehatan yang mendasari serta proses biologis, yaitu diantaranya tekanan darah serta peradangan. 

Hindari asap rokok seperti wabah

Sebuah studi mengungkapkan bahwa risiko penyakit jantung sekitar 25 sampai 30 persen lebih tinggi bagi orang yang terpapar pada asap rokok baik dirumah maupun di luar. Hasil penelitian dari American Heart Association ini menjelaskan bahwa paparan asap tembakau menjadi salah satu kontribusi terhadap 34 ribu kematian dini pada penyakit jantung , serta 7300 kematian akibat kanker paru-paru setiap tahunnya. Perokok yang mempunyai darah tinggi maupun kolesterol darah tinggi mempunyai risiko yang besar terkena penyakit jantung ketika terpapar asap rokok. Mengapa begitu, karena bahan kimia yang bertebaran pada asap rokok itu dapat mendorong perkembangan serta penumpukan plak di arteri. Oleh karena itu cara menjaga kesehatan jantung, yaitu dengan berhenti merokok dan menghindari paparan rokok.

Makan ikan

Makanan yang kaya dengan asam lemak omega-3 ini bisa membantu menangkal penyakit jantung. Terdapat beberapa ikan yang memiliki sumber asam lemak omega-3 yaitu diantaranya salmon, tuna, sarden. Penting untuk makan ikan setidaknya sebanyak dua kali dalam seminggu, Apabila Anda khawatir dengan merkuri maupun kontaminan lain pada ikan, tetapi mungkin Anda akan senang juga mendapatkan manfaat kesehatan jantung yang cenderung lebih besar risikonya bagi kebanyakan orang. 

Makan cokelat

Cokelat hitam selain rasanya yang enak dan lezat, namun juga memiliki kandungan flavonoid yang menyehatkan jantung. Senyawa tersebut dapat mengurangi peradangan serta menurunkan risiko terserang penyakit jantung, hal itu menjadi salah satu saran dari ilmuwan dalam jurnal Nutrients. Dimakan dalam jumlah sedang, cokelat hitam sebenarnya bisa baik untuk Anda. Cobalah untuk memanjakan gigi manis Anda dengan memakan satu atau dua coklat hitam. Tidak perlu rasa bersalah.

Pertimbangkan terapi hewan peliharaan

Hewan peliharaan menawarkan lebih dari sekadar teman baik dan cinta tanpa syarat. Mereka juga memberikan banyak manfaat kesehatan. Dalam sebuah studi dari National Institutes of Health (NIH) menjelaskan bahwa hewan peliharan dapat menolong untuk meningkatkan fungsi jantung serta paru-paru Anda. Hal itu juga bisa membantu serta menurunkan kemungkinan Anda meninggal akibat dari penyakit jantung.

  1. Luangkan waktu untuk sarapan. Makan pertama hari itu penting. Sarapan dengan makanan yang bergizi setiap hari bisa membantu Anda dalam menjaga pola makan serta berat badan yang sehat. Untuk membuat makanan yang sehat untuk jantung, raih:
  • biji-bijian utuh, seperti oatmeal, sereal gandum utuh, atau roti gandum utuh
  • sumber protein tanpa lemak, seperti daging kalkun atau seporsi kecil kacang atau selai kacang
  • produk susu rendah lemah, diantaranya seperti susu rendah lemak, yogurt, maupun keju. 
  • buah-buahan dan sayur-sayuran
  1. Temukan tempat bahagiamu. Pemandangan yang cerah mungkin baik untuk jantung Anda, serta suasana hati Anda. Menurut Harvard T. H. Chan School of Public Health, tindakan yang bisa meningkatkan risiko penyakit jantung serta stroke yaitu diantaranya stres kronis, kecemasan, dan kemarahan. Hidup dengan positif bisa membantu Anda tetap sehat lebih lama.

Temui dokter Anda untuk Pemeriksaan Kesehatan Jantung

Anda harus menemui dokter untuk Pemeriksaan Kesehatan Jantung. Dokter Anda kemudian akan memberitahu Anda apakah Anda berisiko rendah, sedang atau tinggi terkena serangan jantung atau stroke dalam lima tahun ke depan. Bagian terpenting dari pemeriksaan ini adalah bekerja sama dengan dokter Anda untuk mengelola faktor risiko Anda dengan cara menjaga kesehatan jantung Anda.

Pemeriksaan Kesehatan Jantung melibatkan 3 langkah utama

Bicaralah dengan dokter Anda

Dokter Anda akan memulai pemeriksaan Anda dengan berbicara dengan Anda tentang faktor risiko penyakit jantung Anda.

Pelajari tentang risiko Anda

Setelah dokter mengetahui faktor risiko Anda, mereka akan memasukkan informasi ini ke dalam kalkulator berbasis web untuk memahami risiko Anda terkena serangan jantung atau stroke dalam lima tahun ke depan.

Kelola risiko Anda

Bergantung pada hasil Anda, dokter Anda mungkin mendorong Anda untuk terus melakukan apa yang Anda lakukan, atau memberi Anda saran, informasi, dan dukungan untuk membuat perubahan yang menyehatkan jantung.

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*