Inilah Cara Menghilangkan Stretch Mark dengan Mudah

Inilah Cara Menghilangkan Stretch Mark dengan Mudah

  • November 11, 2021

Kulit merupakan organ tubuh besar yang mempunyai kemampuan dalam mengembang serta berkontraksi sesuai kebutuhannya. Kulit bisa menjadi elastis, tetapi jaringannya bisa rusak akibat dari peregangan yang besar dan cepat. Kondisi ini biasanya berujung pada selulit. Adakah cara menghilangkan stretch mark yang ampuh? Bagaimana merawat kulit dengan kondisi ini?

Berkembangnya kulit ini bisa membuat munculnya stretch mark. 90 persen tiap wanita dapat mengalami stretch mark ketika hamil. Namun, stretch mark dapat mempengaruhi orang-orang dari hampir semua usia dan jenis kulit.

Stretch mark ini biasa akan muncul karena adanya pertumbuhan serta penambahan berat badan Anda maupun ketika pubertas dan pembentukan otot yang ekstrem.


Stretch mark ini bisa muncul di berbagai bagian tubuh seperti perut, payudara, pinggul, pantat serta paha. Tanda panjang, tipis serta bergelombang ini disebut juga dengan satria. Apabila Anda memiliki stretch mark tentunya diharapkan bisa menghilang. Stretch mark ini tidak berbahaya untuk kesehatan Anda, namun juga tidak terlihat bagus untuk dilihat.

Meskipun mereka tidak akan pernah benar-benar hilang, mereka mungkin memudar seiring waktu atau dengan bantuan dari produk dan prosedur tertentu.  Lalu bagaimana cara menghilangkan stretch mark ini, baca terus artikel ini. 

Kulit Anda tidak dapat meregang cukup untuk mengikutinya. Kolagen ini merupakan protein yang bisa menjadikan kulit Anda elastis. Anda mungkin mendapatkan stretch mark karena:

  • Kenaikan berat badan yang cepat ini juga mempengaruhi pria dan wanita)
  • Percepatan pertumbuhan anak selama masa pubertas. Memastikan agar anak-anak paham dengan hal ini normal terjadi, dan tanda akan hilang seiring bertambah usianya.
  • Hamil dapat membuat kulit menjadi rengang serta terjadi kenaikan hormon dapat melemahkan serta kulit. Stretch mark ini bisa hilang ketika Anda menurunkan berat badan setelah melahirkan.
  • Operasi implan payudara
  • Binaraga, bahkan mereka yang memiliki sedikit lemak bisa mendapatkan mereka di mana otot mereka menonjol
  • Steroid yang tinggi baik itu berasal dari obat maupun penyakit sindrom cushing
  • Sindrom Marfan ini merupakan penyakit genetik yang dapat melemahkan serat kulit Anda serta dapat membuat pertumbuhan yang tidak biasa
  • Ehlers-Danlos Syndrome (EDS), sekelompok kondisi yang dihasilkan dari perubahan genetik pada kolagen, protein dalam tubuh Anda

Faktor risiko selulit

Terdapat beberapa orang yang tidak memiliki stretch mark serta terdapat orang yang rentan dengan stretch mark. Namun ada beberapa orang yang bisa rentan memiliki stretch mark yang diakibatkan karena genetika serta kadar hormon.

Pada sebuah studi di American Journal of Obstetrics and Gynecology mengungkapkan bahwa wanita yang hamil di usia yang lebih muda cenderung lebih sering mengalaminya, seperti halnya mereka yang bertambah berat badan selama kehamilan.

Tetapi hal-hal tersebut tidak menjamin untuk stretch mark muncul kembali. Tingginya hormon steroid ini bisa berperan pada beberapa kasus.

Bagi orang yang mempunyai penyakit yang memiliki tinggi kadar hormon atau cushing ini bisa memunculkan stretch mark yang sering dibandingkan mereka yang tidak mempunyai kondisi ini. Tetapi juga bagi orang yang mengonsumsi obat steroid maupun menggunakan krim steroid topikal mungkin bisa memiliki stretch mark.

Hal ini bisa terjadi karena hormon steroid melemahkan kolagen pada kulit, serta membuat menjadi pecah-pecah. Genetika berperan. Terdapat beberapa jenis kulit yang rentan memiliki stretch mark dibandingkan yang lain. Dibawah ini akan menjelaskan cara menghilangkan stretch mark.

Perawatan stretch mark

Stretch mark tidak memerlukan perawatan dan tidak berbahaya serta akan hilang dengan sendirinya. Perawatan dapat membuat mereka memudar, tetapi mereka mungkin tidak pernah benar-benar hilang.

Perawatan berikut adalah di antara yang tersedia untuk membantu memperbaiki penampilan dan tekstur stretch mark. Tidak ada yang terbukti lebih sukses secara konsisten daripada yang lain.

1. Krim retinoid

Krim ini berasal dari vitamin A. Retinoid ini dapat diterapkan pada kulit dalam memperbaiki tampilan stretch mark yang kurang dari beberapa bulan terjadi.Tretinoin, ketika bekerja, membantu membangun kembali protein di kulit yang disebut kolagen, membuat stretch mark lebih terlihat seperti kulit normal Anda. Tretinoin dapat mengiritasi kulit Anda.

Jika Anda sedang hamil atau menyusui, bicarakan dengan dokter Anda tentang pilihan pengobatan lain, karena kemungkinan efek samping krim retinoid dapat mempengaruhi bayi.

2. Terapi cahaya dan laser

Berbagai terapi cahaya dan laser tersedia yang dapat merangsang pertumbuhan kolagen atau meningkatkan elastisitas. Dokter Anda dapat membantu Anda menentukan teknik mana yang sesuai untuk Anda.

3. Microneedling

Jenis perawatan ini melibatkan perangkat genggam dengan jarum kecil yang merangsang pertumbuhan kolagen. Teknik ini memiliki risiko perubahan pigmentasi yang lebih kecil daripada terapi laser sehingga merupakan pendekatan awal yang lebih disukai untuk orang dengan kulit berwarna.

Pencegahan Stretch Mark

Dimungkinkan untuk mencegah stretch mark, tetapi tidak ada jaminan. Cara agar tidak muncul stretch mark ini harus mengurangi berat badan yang sehat, bahkan ketika selama kehamilan. Bicaralah dengan dokter Anda tentang rencana olahraga dan cara makan yang baik.

Produk dengan bahan centella dan asam hialuronat dapat bekerja untuk mencegah stretch mark. Itulah cara menghilangkan stretch mark.

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*