cara menghilangkan cegukan pada bayi

Cara Menghilangkan Cegukan pada Bayi, Manakah yang Aman?

  • Mei 20, 2021

Cegukan merupakan suatu kondisi yang sering terjadi dan dialami oleh hampir setiap orang, begitu juga dengan bayi. Dalam dunia medis, cegukan dikenal dengan istilah singultus, yaitu kondisi di mana diafragma mengejang atau berkontraksi secara tiba-tiba di luar kendali. Saat kontraksi terjadi, pita suara menutup hingga menimbulkan suara cegukan. Walaupun cegukan biasanya hilang dengan sendirinya, tetapi cegukan akan sangat mengganggu, terutama jika dialami oleh si kecil yang masih bayi. Makanya, kamu perlu tahu cara menghilangkan cegukan pada bayi.

Sebenarnya, bayi yang mengalami cegukan itu hal yang wajar, sehingga kamu tidak perlu terlalu khawatir. Namun, jika cegukannya saat tidur, kamu perlu memerhatikan beberapa hal agar tidak salah kaprah ya. Sebelum mengetahui cara mengatasi cegukan, sebaiknya kamu mengetahui penyebab kenapa bayi cegukan saat tidur dan cara menghilangkan cegukan pada bayi.

Kenapa Bayi Cegukan?

Mungkin kamu bertanya-tanya kenapa bayi cegukan saat tidur? Kondisi ini memang kurang umum terjadi, tapi bisa saja bayi mengalaminya akibat kondisi tertentu. Untuk mengetahui kenapa bayi cegukan saat tidur, kamu juga perlu tahu jika cegukan yang normal biasa terjadi saat si kecil menyusu terlalu cepat sehingga menyebabkan lebih banyak udara yang masuk melalui mulut. Udara ini yang nantinya terjebak di dalam perut dan gas akan naik ke atas dan mendorong diafragma untuk berkontraksi sehingga menyebabkan bayi cegukan. Solusi yang umum dilakukan agar si kecil berhenti cegukan adalah dengan menyendawakannya sesaat setelah selesai menyusu. Hal ini agar udara dari perut bisa keluar dan risiko bayi cegukan ataupun keluhan lainnya dapat berkurang.

Penyebab Kenapa Bayi Cegukan Saat Tidur

Jika penyebab bayi cegukan saat terjaga memang umum terjadi, lalu kenapa bayi cegukan saat tidur? Apakah kondisi ini normal atau justru berbahaya? Berikut adalah beberapa faktor yang bisa jadi penyebab kenapa bayi cegukan saat tidur:

Kondisi Medis Tertentu

Alasan kenapa bayi cegukan saat tidur bisa karena bayi mengalami penyakit kronis, yang berpengaruh pada saraf yang mengontrol otot diafragmanya. Sebagai contoh penyakit tersebut antara lain tumor, gondok, pneumonia, pleuritis, laryngitis, refluks gastrointestinal, cedera otak, dan multiple sclerosis. Untuk mengatasi bayi cegukan dengan adanya riwayat penyakit, sebaiknya kamu langsung berkonsultasi dengan dokter anak agar dilakukan penanganan secara tepat.

Gangguan Tidur Apnea

Apnea merupakan gangguan tidur yang membuat penderitanya berhenti bernapas sementara selama beberapa kali ketika sedang tidur. Itulah sebabnya, gangguan tidur apnea ini bisa jadi salah satu alasan kenapa bayi cegukan saat tidur lho. Menurut perkiraan para ahli, apnea dapat menyebabkan tubuh menjadi kekurangan oksigen. Saat bayi mengalami apnea, otak tidak memperoleh sinyal dari otot-otot pernapasan atau tenggorokannya akan terhambat sementara. Akibatnya, bayi pun terserang cegukan saat tidur.

Perubahan Tekanan Darah

Menurut informasi yang tercantum di dalam Journal of Applied Physiology, tekanan darah yang mengalami perubahan dapat menjadi penyebab kenapa bayi cegukan saat tidur. Di samping itu, pola pernapasan yang tidak normal juga bisa menjadi pemicu bayi cegukan ketika sedang tidur.

Penyakit Metabolisme

Beberapa penyakit yang berkaitan dengan metabolisme disebut juga bisa jadi pemicu kenapa bayi cegukan saat tidur, misalnya penyakit diabetes, ketidakseimbangan elektrolit, serta gangguan ginjal.

Hal yang Perlu Dihindari Saat Bayi Cegukan

Tahukah kamu, ternyata masih banyak lho mitos yang dilakukan ketika bayi cegukan saat tidur, padahal hal tersebut salah dan harus dihindari. Oleh karena itu, ada beberapa mitos yang tidak boleh dilakukan supaya tidak salah kaprah:

  • Membuat si kecil kaget atau membuatnya takut supaya cegukan berhenti
  • Menekan dahi bayi saat cegukan 
  • Menarik lidah bayi
  • Meletakkan kain basah di dahi bayi
  • Kondisi yang Perlu Diwaspadai

Seperti yang diketahui, penyebab umum kenapa bayi cegukan bisa diatasi sendiri saat di rumah. Namun, bagi bayi yang memiliki riwayat medis tertentu, cegukan bisa mengganggu pernapasan hingga menimbulkan risiko berbahaya. Ada beberapa kondisi yang perlu diwaspadai, di antaranya:

  • Perhatikan apakah bayi cegukan disertai dengan batuk, upaya meludah, dan rewel atau tidak? 
  • Bayi terlalu sering cegukan atau terjadi terus-menerus hingga usianya 1 tahun ke atas
  • Cegukan berlangsung dengan durasi yang sangat lama
  • Cegukan terlihat abnormal
  • Bayi cegukan disertai sesak napas

Apabila bayi mengalami kondisi-kondisi di atas, maka sebaiknya segera konsultasikan kepada dokter ya. Dikhawatirkan kondisi tersebut merupakan gejala dari suatu penyakit serius. Supaya tidak terlambat dan tahu cara menghilangkan cegukan pada bayi.

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*