Cara Cek Gula Darah dan Mencegah Diabetes

Cara Cek Gula Darah dan Mencegah Diabetes

  • Oktober 14, 2021

Diabetes terjadi ketika pankreas tidak menghasilkan cukup insulin. Insulin dibutuhkan tubuh untuk mengubah gula menjadi energi dan menyalurkannya ke seluruh sel-sel tubuh. Ketika kadar produksi dan kerja insulin terganggu, dapat mengakibatkan penumpukan kadar gula darah dan sel-sel tubuh tidak mendapatkan asupan energi. Jika dibiarkan, diabetes akan berkembang menjadi penyakit yang berbahaya dan berisiko mengakibatkan kematian. Untuk menghindari ini, Anda perlu mengetahui cara cek kadar gula darah. Tujuannya untuk mencegah diabetes, mengontrol kadar gula, dan menghindari komplikasi pada penderita diabetes. 

Pada tahun 2014, sekitar 8,5% orang dewasa berusia 18 tahun ke atas menderita diabetes. Sementara itu, pada 2019, diabetes menjadi penyebab langsung dari 1,5 juta kematian manusia. Selain itu, kematian akibat glukosa darah tinggi cenderung lebih berisiko pada penderita kardiovaskular, ginjal kronis, gangguan hati, dan tuberkulosis. 

Jenis-Jenis Diabetes

Penyakit diabetes tidak dapat disembuhkan, namun Anda dapat mengontrolnya dan mencegah risiko penyakit kronis yang disebabkan oleh diabetes. Ada tiga jenis penyakit diabetes, yang perlu Anda ketahui, yaitu:

Diabetes tipe 1

Diabetes tipe satu dapat terjadi pada siapa saja dan usia berapapun, termasuk anak-anak dan remaja. Ketika Anda menderita diabetes tipe 1, pankreas menghasilkan sangat sedikit atau bahkan tidak memproduksi insulin sama sekali. Penyebab gangguan pada pankreas ini bisa disebabkan oleh faktor autoimun (sistem kekebalan tubuh yang lemah) dan akan semakin berisiko pada orang yang memiliki riwayat keluarga diabetes (genetik). Oleh karena itu, penderita diabetes tipe 1 memerlukan asupan insulin tambahan setiap harinya untuk menjaga kadar glukosa dalam darah. 

Diabetes tipe 2

Diabetes tipe 2 lebih sering terjadi pada orang dewasa, daripada anak-anak. Pada penderita diabetes tipe 2, tubuh tidak memanfaatkan insulin yang dihasilkannya dengan baik. Berbeda dengan diabetes tipe 1, diabetes tipe 2 disebabkan oleh gaya hidup yang kurang sehat dan faktor genetik. 

Gestational diabetes (GDM)

Gestational diabetes adalah kondisi saat kadar gula darah tinggi pada masa kehamilan yang dapat menyebabkan komplikasi pada ibu dan anak. GDM biasanya akan menghilang setelah melahirkan, namun bagi penderita GDM akan rentan mengalami diabetes tipe 2 di kemudian hari. 

Cara Cek Gula Darah

Untuk mengecek kadar gula darah Anda tetap normal, sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan di laboratorium. Berikut ini beberapa tes yang dapat dilakukan untuk mengecek kadar gula darah dan diagnosis diabetes, yaitu:

  • Tes A1C
    Tes ini mengukur kadar gula darah rata-rata Anda selama 2 atau 3 bulan terakhir. A1C di bawah 5,7% adalah normal. Jika angka A1C menunjukkan 5,7-6,4% menunjukkan Anda memiliki prediabetes, dan 6,5% atau lebih tinggi menunjukkan Anda menderita diabetes.
  • Tes Gula Darah Puasa
    Dilakukan setelah Anda melakukan puasa semalaman. Kadar gula darah yang normal menunjukkan 99 mg/dL atau lebih rendah. Jika hasil menunjukkan 100-125 mg/dL berarti Anda prediabetes, dan hasil 126 mg/dL menunjukkan Anda menderita diabetes. 
  • Tes Toleransi Glukosa
    Dilakukan dengan mengukur gula darah Anda sebelum dan sesudah Anda minum cairan yang mengandung glukosa. Anda akan berpuasa (tidak makan) semalaman sebelum tes lalu darah Anda diambil untuk dianalisis. 
  • Tes Gula Darah Acak
    Tes gula darah acak dilakukan dengan mengukur gula darah saat Anda diuji. Anda dapat mengikuti tes ini kapan saja dan tidak perlu berpuasa terlebih dahulu. Jika hasil tes menunjukkan kadar gula darah Anda 200 mg/dL atau lebih tinggi menandakan Anda menderita diabetes.
  • Tes untuk Diabetes Gestasional
    Tes darah dilakukan untuk mendiagnosis diabetes gestasional. Tes ini dilakukan saat usia kandungan 24-28 minggu.

Catatan

Jika hasil pemeriksaan menunjukkan angka di atas kadar gula darah normal, segera berkonsultasi dengan dokter Anda. Dengan demikian, Anda akan mendapatkan pengobatan dan rekomendasi cara cek kadar gula darah sedini mungkin untuk meminimalisasi risiko buruk lainnya.

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*