Cara-Cara Pengobatan Dislokasi Bahu

  • September 22, 2020

Jika bahu kita mengalami pergeseran akibat terjatuh atau kecelakaan, sudah semestinya kita segera mengatasinya. Jika dibiarkan, malah membuat masalah tersendiri di kemudian hari. Namun, dalam pengobatan dislokasi bahu juga tidak bisa dilakukan dengan sembarangan.

Hal itu disampaikan karena memang ada cara-cara penanganan dislokasi bahu yang tepat. Metode tersebut perlu diperhatikan agar mencegah pergeseran bahu kambuh di masa mendatang. Mengingat pentingnya pengobatan dislokasi bahu, maka artikel ini akan membahas langkah-langkahnya.

  • Mengembalikan letak bahu

Langkah yang harus dilakukan adalah dengan menempatkan kembali bahu yang tergeser ke bagian semula. Dalam melakukan ini, biasanya dokter akan memberikan obat yang mampu membuat otot lebih tenang atau obat bius. Tentunya, efek dari obat tersebut adalah agar pasien tidak mengalami sakit yang berlebihan ketika bahunya digeser lagi ke tempat semestinya.

Kendati begitu, pengobatan dislokasi bahu bisa saja tak berhenti sampai di sini apabila pergeseran yang terjadi lebih parah atau jaringan yang ada di sekitar bahu menjadi rusak. Biasanya kalau begitu akan tenaga medis bakal mengambil langkah operasi.

  • Pemasangan alat penyangga

Pada beberapa kasus dislokasi bahu, bukan tidak mungkin dokter akan memasang penyangga khusus agar bahu pasien terjaga dan tidak dapat digerakkan. Untuk durasi pemakaiannya sendiri bervariasi tergantung tingkat keseriusan pergeseran bahu.

Biasanya, pengobatan dislokasi bahu dengan alat penyangga berlangsung hanya beberapa hari saja sampai maksimal tiga minggu. Meski demikian, setelah melepasnya bukan berarti bahu sudah sembuh betul. Sebabnya, dalam pemulihan total bisa memakan waktu tiga sampai empat bulan.

Mengingat hal tersebut, sangat disarankan ketika menjalani proses penyembuhan, pasien tidak banyak menggerakkan bahu atau bahkan mengangkat beban berat. Hal ini tentunya untuk memaksimalkan pemulihan.

  • Operasi

Langkah operasi bisa saja diambil oleh dokter sebagai pengobatan dislokasi bahu apabila pergeseran bahu sudah terjadi berkali-kali dan jaringan pendukung di sekitar bahu terbilang sudah lemah. Operasi ini sendiri selain menempatkan bahu ke posisi semula, juga bertujuan untuk mengencangkan jaringan penyokong bahu yang sudah lemah atau bahkan robek.

Operasi itu sendiri umumnya ada yang dikenal sebagai arthroscopy atau operasi pengobatan dislokasi bahu dengan menggunakan alat khusus. Jika operasi ini yang dilakukan, maka dokter yang mengerjakannya hanya perlu membuka jaringan kurang dari satu centimeter untuk memasukkan alat guna mengembalikan posisi bahu dan memulihkan jaringan yang rusak.

Dengan teknik ini, biasanya risiko kambuhnya pergeseran bahu yang mencapai 70-100% bisa berkurang drastis hingga mencapai 4-20%. Keuntungan lainnya, pengobatan dislokasi bahu dengan operasi ini bisa membuat pasien kembali beraktivitas, seperti berolahraga.

Kendati sudah pulih sekalipun, pasien tetap disarankan melakukan fisioterapi yang bertujuan untuk mengembalikan kekuatan, jangkauan gerakan, dan stabilitas pada sendi bahu. Jika dilakukan, hal ini bisa membuat pemulihan lebih maksimal.

Namun, yang tidak kalah penting dari pengobatan dislokasi bahu adalah mengetahui cara mencegahnya. Tentunya, kita menyadari mencegah lebih baik daripada mengobati. Oleh karena itu, agar terhindar dari dislokasi bahu, maka kita perlu berolahraga secara teratur.

Hal itu karena bisa mempertahankan kekuatan dan fleksibilitas pada sendi dan otot bahu kita. Meski demikian, saat melakukannya jangan luput untuk menggunakan alat pelindung diri agar terhindar dari risiko dislokasi bahu. Namun, dari dua hal tersebut tentu yang perlu diperhatikan adalah kehati-hatian dalam beraktivitas.

Dari penjelasan di atas, semoga dapat membantu pembaca dalam memahami pengobatan dislokasi bahu. Memang dalam penyembuhannya memakan waktu yang tidak sebentar. Hanya saja, hal-hal tersebut perlu kita terapkan agar pergeseran bahu bisa ditangani dengan maksimal guna tak kambuh di masa mendatang. 

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*