Bolehkah Ibu Hamil Makan Mie Instan?

  • November 15, 2021

Selain praktis dan mudah untuk dibuat, mie instan memiliki rasa yang enak dan gurih, sehingga sering dijadikan sebagai makanan alternatif saat lapar. Namun, di balik rasanya yang nikmat, ternyata mie instan mengandung zat berbahaya bagi tubuh jika dikonsumsi secara berlebihan. Namun, tidak jarang para ibu hamil tetap ingin mengonsumsi mie instan dengan alasan ngidam. Lalu, sebenarnya bolehkah ibu hamil makan mie instan? Apakah mengonsumsi mie instan akan berdampak bagi kandungan? Berikut penjelasan lebih lanjut. 

Kandungan Mie Instan

Umumnya, mie instan terbuat dari bahan utama yaitu tepung terigu, pati, air, garam, kansui (pengganti garam), dan kalium karbonat. Namun beberapa jenis mie tertentu dapat diproduksi dengan menggunakan campuran tepung lainnya. Selain itu, bumbu mie instan juga tebruat dari bahan yang bervariasi mengingat mie instan memiliki banyak jenis rasa. 

Sejak tahun 2011, WHO menyarankan bahwa seluruh produk mie instan harus di fortifikasi (penambahan nutrisi). Fortifikasi ini bertujuan agar mie instan memiliki nilai gizi yang lebih baik, seperti vitamin A, vitamin B, zat besi, asam folat, zinc, dan zat besi.

Sayangnya, fortifikasi ini juga tidak begitu terasa bagi tubuh karena mie instan juga mengandung zat pengawet, perasa, dan pewarna. Meskipun dinyatakan aman, jika dikonsumsi secara berlebihan tentu mie instan akan berdampak buruk bagi kesehatan. Hal ini karena bahan-bahan kimia yang ada di dalam mie sulit untuk diproses dalam tubuh. Terlebih saat Anda sedang hamil.

Seluruh makanan yang dikonsumsi para ibu hamil, baik itu yang baik maupun buruk, dapat diserap oleh janin melalui plasenta. Oleh karena itu, sebaiknya berhati-hatilah dalam mengonsumsi makanan. 

Kandungan Berbahaya dalam Mie Instan 

Meskipun mie instan sudah difortifikasi, tetap saja dalam produksinya membutuhkan zat-zat tertentu agar produk tahan lama dan tidak berjamur. Selain itu, bumbu instan yang terdapat dalam mie instan juga mengandung zat tertentu yang dapat menyebabkan masalah serius bagi kesehatan jika dikonsumsi terlalu sering. Berikut ini bahan-bahan berbahaya yang terdapat dalam mie instan. 

  1. TBHQ: pengawet makanan agar produk mie tahan lama dan bebas jamur. Namun pengawet juga memiliki efek samping yaitu menyebabkan hiperaktif pada anak-anak, asma, rinitis, ADHD, gangguan kecemasan, dan masalah kulit (dermatitis).
  2. Sodium: sodium termasuk dalam natrium yang menciptakan rasa gurih dan asin pada mie instan. Mengonsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan darah tinggi, gangguan ginjal, dan penumpukan cairan tubuh. 
  3. Bisphenol A: digunakan sebagai kompartemen atau tempat penyimpanan mie instan. Senyawa ini dapat mengganggu hormon tubuh wanita.
  4. Monosodium glutamat: lebih dikenal dengan MSG yang berfungsi untuk menambahkan rasa gurih pada makanan. Efek samping MSG menyebabkan gangguan saraf. 
  5. Propylene glycol: Zat yang digunakan untuk menjaga mie tetap kering. Efek samping zat ini dapat menyebabkan kerusakan ginjal.

Lalu Bolehkah Ibu Hamil Makan Mie Instan?

Untuk menjaga kehamilan dan kesehatan janin, sebaiknya hindari mengonsumsi mie instan. Namun jika Anda ngidam, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. Anda mungkin dapat mengonsumsi mie instan 1 kali dalam 6 bulan, namun kembali lagi dengan pertimbangan dokter dan riwayat kesehatan Anda selama kehamilan.

Jika Anda sedang ingin makan mie, Anda dapat membuat mie sendiri di rumah menggunakan bahan-bahan yang alami, seperti tepung terigu dengan pewarna alami dari daun bayam. Selain lebih sehat, Anda juga dapat mengontrol bahan apa saja yang aman untuk dikonsumsi selama kehamilan. Selain itu, Anda bisa beralih ke camilan sehat lainnya seperti kacang almond yang kaya akan asam folat.

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*