Bisakah Pakai Hansaplast Plester Transparan pada Luka Bakar?

  • Agustus 12, 2021

Hansaplast plester transparan jadi salah satu jenis plester yang disebut cocok untuk melindungi berbagai macam jenis luka. Namun apakah bisa digunakan pada luka bakar?

Luka bakar merupakan kerusakan jaringan yang dapat disebabkan oleh baik paparan sinar matahari atau radiasi yang berlebihan, kontak dengan api, kimia, atau aliran listrik, atau menghirup asap. 

Hansaplast Transparent 10's harga terbaik 6545

Hansaplast plester transparan untuk luka bakar

Hansaplast plester transparan merupakan jenis plester yang mampu melindungi segala jenis luka ringan dari kotoran dan bakteri. Keunggulannya adalah bahan plester ini terbuat dari plastik yang kedap air dan memiliki lekatan yang kuat sehingga tidak mudah lepas atau bergeser setelah terkena air. 

Lapisannya juga terbuat dari bahan yang memudahkan kulit untuk bernapas dan menjaga sirkulasi udara di dalamnya agar mempercepat penyembuhan luka.

Dengan plester ini, Anda tidak perlu khawatir lagi akan risiko infeksi yang mungkin terjadi atau saat ingin berenang, karena luka Anda aman berada di balik plester transparan. 

Apakah Hansaplast plester transparan bisa digunakan untuk menutup luka bakar? Tergantung dari ukuran dan kondisi luka bakar tersebut, namun lebih cocok digunakan pada luka bakar derajat satu yang cukup ringan.

Plester transparan yang kedap air akan melindungi luka bakar Anda dari risiko infeksi dari air. Tapi jika luka berukuran cukup besar dan sedikit dalam, sebaiknya Anda menggunakan kasa steril untuk menutup luka dan tidak mengandalkan plester saja.

Luka bakar, baiknya plester atau perban?

Luka bakar derajat satu yang ringan umumnya tidak luas atau berukuran besar, sehingga bisa saja menggunakan plester untuk menutupinya. Tapi jika berukuran besar, lebih baik ditutupi terlebih dahulu dengan kasa steril lalu dibalut dengan perban kain.

Ada beberapa kondisi luka bakar yang tidak memerlukan perban, seperti luka bakar atau lepuhan tidak terbuka karena kondisi tersebut tidak akan berisiko teriritasi atau jadi kotor karena terkena pakaian. 

Sebaliknya, jika lepuhan atau luka bakar sudah terbuka serta berisiko bergesekan dengan pakaian, maka menggunakan perban adalah pilihan terbaik. Selalu ganti kasa dan perban dengan rutin, terutama jika perban kotor atau basah. 

Saat menggunakan plester maupun perban, jangan terlalu ketat agar tidak menambah tekanan pada luka bakar. Kemudian jika luka bakar terjadi di area tangan, lengan, atau kaki, jangan gunakan perekat pada perban saat dibebat dengan melingkar karena dapat berisiko menyebabkan bengkak.

Tips merawat luka bakar di rumah

Merawat luka bakar sendiri di rumah sebenarnya bisa dengan mudah kita lakukan. Namun tentu saja, hindari penanganan sendiri jika luka tergolong derajat dua parah atau tiga karena harus mendapatkan penanganan medis.

Sebaiknya jangan lakukan ini saat hendak merawat luka bakar sendiri di rumah:

  • Jangan pecahkan lepuhan, namun jika tidak sengaja pecah segera kelupas kulit mati sehingga bakteri tidak akan hidup di area tersebut
  • Singkirkan pakaian atau perhiasan di dekat lokasi luka bakar, namun jangan coba dikelupas jika ada kain dari pakaian yang menempel di luka bakar

Menurut pakar, luka bakar derajat satu atau dua yang berdiameter sekitar 4,5 cm dapat ditangani di rumah. Berikut adalah tips untuk merawat luka bakar sendiri di rumah:

  • Dinginkan luka bakar sesegera mungkin dengan air mengalir atau aplikasikan kompres dingin selama 10 menit atau hingga rasa nyeri menghilang
  • Aplikasikan petroleum jelly 2-3 kali sehari, hindari menggunakan salep (antibiotik atau tidak), pasta gigi, atau mentega ke luka bakar karena dapat menyebabkan infeksi.
  • Tutupi luka bakar dengan kasa steril yang tidak lengket, termasuk jika luka sudah menjadi lepuhan dan sebaiknya jangan dipecahkan atau dirobek
  • Apabila Anda merasakan nyeri, bisa mengonsumsi obat pereda nyeri seperti asetaminofen atau ibuprofen untuk mengatasinya

Sebisa mungkin lindungi luka bakar agar tidak langsung terkena sinar matahari secara langsung, bisa dengan cara berteduh, menggunakan pakaian panjang, atau aplikasikan tabir surya secara tipis.

Dengan begitu, Anda dapat meminimalisir bekas luka. Luka bakar derajat satu umumnya dapat sembuh dengan sendirinya tanpa penanganan medis.

Jangan gunakan Hansaplast plester transparan atau perban dan perawatan sendiri lainya jika luka bakar terlalu luas, berukuran besar, lebih parah, atau terjadi pada bayi maupun lansia, segera dapatkan penanganan darurat segera mungkin.

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*