Berbagai Manfaat Sari Kurma Untuk Kesehatan

  • September 30, 2021

Salah satu buah yang cukup populer saat memasuki bulan Ramadhan adalah buah kurma. Kurma dapat dikonsumsi dalam bentuk cair seperti sari kurma. Apa saja manfaat sari kurma untuk tubuh? Simak penjelasannya di bawah ini. 

Kalori dalam sari kurma yaitu berasal dari karbohidrat, namun untuk sisanya berasal dari protein tetapi jumlahnya tidak banyak. Meskipun mengandung kalori, kurma mengandung serat dan antioksidan yang tinggi, berbagai vitamin, dan mineral penting.

Berikut ini adalah berbagai kandungan yang terdapat di dalamnya, antara lain:

  • Kalium
  • Magnesium
  • Tembaga
  • Mangan
  • Besi
  • Vitamin B6
  • Vitamin A
  • Vitamin K
  • folat
  • Tiamin
  • Riboflavin
  • Niasin

Manfaat Dari Sari Kurma Bagi Kesehatan

Sebelum menjelaskan khasiat dari sari buah kurma, perlu anda ketahui bahwa sari buah kurma dibuat dengan 100% bahan buah kurma, dimana membuat manfaat yang didapat tubuh sama seperti saat anda memakan buahnya secara langsung. Kurma sering digunakan sebagai pengganti gula bagi orang yang terganggu dengan keseimbangan gula darah. 

Sari kurma kaya akan serat

Serat dapat membantu sistem pencernaan, dan kurma mengandung serat makanan yang tinggi. Sari kurma juga dengan mudah dicerna, namun produk ini bisa membantu penyerapan makanan lain. Sulit bagi sebagian orang untuk mencerna buah-buahan, tetapi kurma mudah untuk dimakan, dan sari kurma bahkan lebih mudah untuk dicerna.

Apakah sari kurma sehat untuk penderita diabetes?

Sari kurma memiliki gula alami, yang tidak meningkatkan kadar gula darah sebanyak gula buatan, ini adalah pilihan yang aman bagi penderita diabetes. Namun, meskipun Kurma memiliki GI rendah, makan berlebihan mungkin berdampak negatif pada kadar gula darah. Karena itu, jika Anda menderita diabetes, konsultasikan dengan asisten medis Anda tentang konsumsi produk ini. Dokter Anda akan memberi tahu Anda berapa banyak sirup kurma yang boleh Anda makan dalam sehari berdasarkan kondisi Anda.

Berapa banyak sari kurma yang sehat untuk dikonsumsi dalam sehari?

Sebagai orang sehat tanpa diabetes, Anda dapat makan antara 4 hingga 6 kurma dalam sehari berdasarkan jenis kurmanya (kurma yang lebih besar mungkin memiliki lebih banyak kalori dan gula). Tapi kami tidak bisa menghitung jumlah kurma per porsi sirup kurma. Karena itu, lebih baik hindari makan sari kurma terlalu banyak, terutama jika Anda ingin menurunkan berat badan. Sari kurma tinggi kalori dan kaya gula alami, yang berarti makan berlebihan dapat membahayakan tubuh Anda. Dianjurkan untuk makan tidak lebih dari tujuh sendok teh sirup kurma per hari. Selain itu, jika Anda memiliki masalah kesehatan, seperti diabetes, lebih baik bicarakan dengan dokter Anda tentang jumlah sirup kurma yang bisa Anda makan per hari.

Manfaat sari kurma untuk kesehatan dari makan kurma serta memasukkannya ke dalam diet Anda. 

  1. Sangat Bergizi

Kurma memiliki profil nutrisi yang sangat baik. Kurma yang dilakukan dengan cara dikeringkan, maka kalorinya akan lebih tinggi dibandingkan buah yang segar.. Kandungan kalori pada kurma serupa dengan buah kering lainnya, mirip dengan buah ara, dan kismis. 

Sebagian besar kalori dalam kurma berasal dari karbohidrat. Namun sisanya berasal dari jumlah protein yang sedikit. Selain itu, kurma juga memiliki kandungan vitamin serta mineral yang penting selain dari seratnya. 

  1.  Antioksidan Penangkal Penyakit yang Tinggi

Kurma mempunyai berbagai antioksidan yang dapat bermanfaat bagi kesehatan, yaitu dapat mengurangi risiko dan beberapa penyakit. 

Antioksidan melindungi sel Anda dari radikal bebas, yang merupakan molekul tidak stabil yang dapat menyebabkan reaksi berbahaya dalam tubuh Anda dan menyebabkan penyakit.

Apabila diperbandingkan dengan buah yang mirip seperti buah ara, kurma jauh lebih memiliki banyak kandungan antioksidannya. 

  1.  Dapat Meningkatkan Kesehatan Otak

Makan kurma dapat membantu meningkatkan fungsi otak.

Dalam sebuah studi laboratorium ditemukan bahwa kurma memiliki manfaat dalam menurunkan dari penanda inflamasi di otak. Hal itu dikaitkan dengan risiko dari penyakit neurodegeneratif yang lebih tinggi seperti Alzheimer. 

Kurma dapat memberikan manfaat dalam mengurangi protein beta amioid, yang dapat membentuk plak pada otak hal itu yang telah diteliti pada hewan. 

Disaat plak itu menumpuk di otak, hal itu bisa menggangu komunikasi antara sel-sel otak, yang dapat membuat kematian sel otak serta penyakit Alzheimer. 

Masih dari salah satu penelitian pada hewan, bahwa ditemukan hewan tikus yang dikasih makan dengan campuran kurma memiliki memori serta kemampuan belajar yang lebih baik, dan tingkat kecemasan yang sedikit, apabila dibandingkan mereka yang tidak makan.

Kandungan antioksidan dari sari kurama dapat diketahui bisa mengurangi peradangan termasuk flavonoid. Tetapi, perlu penelitian lanjutan terhadap manusia, untuk memastikan peran kurma untuk kesehtan otak. 

  1. Pemanis Alami yang Sangat Baik

Kurma merupakan fruktosa dengan jenis gula alami yang ada didalam buah kurma. 

Oleh karena itu, kurma memiliki rasa yang manis, dan memiliki rasa menyerupai karamel yang halus. 

Sari kurma bisa menggantikan peran gula sebagai pemanis karena. Penting untuk diketahui bahwa kurma tinggi serat, nutrisi serta antioksidan, kurma baik dikonsumsi dalam jumlah yang sedang. 

Aturan Mengkonsumsi Kurma

Apabila Anda telah mengetahui khasiat dari manfaat sari kurma yang telah dijelaskan pada dasarnya buah ini memiliki kandungan gula yang tinggi. Apabila Anda yang sedang mengatur gula darah seperti penderita diabetes tentunya harus memperhatikan takaran ketika mengonsumsi sari kurma.

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*