Belajar Berenang Sekarang dan Dapatkan Manfaatnya

Belajar Berenang Sekarang dan Dapatkan Manfaatnya

  • Januari 29, 2021

Di hari yang cerah dan panas, tidak ada yang lebih baik daripada berenang di air yang dingin dan segar. Namun, selain kenikmatan tersebut, berenang adalah kemampuan penting yang dapat menyelamatkan nyawa Anda apabila hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. Anda perlu belajar berenang mengingat berenang merupakan sebuah jenis olahraga yang baik. Olahraga ini memaksa tubuh Anda untuk melawan resistensi, yang mana akan memperkuat otot, jantung, dan paru-paru. Selain itu, berenang juga akan membuat Anda membakar kalori dengan jumlah yang sama dengan berlari, namun tanpa memengaruhi atau memberi dampak pada tulang dan persendian. 

Ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan belajar berenang, untuk kemudian berenang dengan teratur. Beberapa manfaat tersebut di antaranya adalah:

  • Melatih seluruh tubuh

Salah satu manfaat terbesar dari belajar berenang adalah olahraga ini akan melatih seluruh tubuh, mulai dari kepala hingga jari kaki. Berenang dapat meningkatkan detak jantung tanpa menekan tubuh, membentuk otot, membangun kekuatan, dan melatih daya tahan. Ada beberapa gaya yang Anda bisa lakukan saat berenang, masing-masing berfokus pada kelompok otot yang berbeda dan air akan memberikan resistensi yang lembut. Tidak peduli gaya apa yang Anda lakukan saat belajar berenang, Anda akan menggunakan kebanyakan kelompok otot untuk menggerakkan tubuh melewati air. 

  • Melatih bagian tubuh dalam

Saat otot Anda mendapatkan pelatihan yang baik, sistem kardiovaskular Anda juga akan mendapatkan manfaat yang sama. Berenang dapat membuat jantung dan paru-paru menjadi kuat. Bahkan, berenang merupakan sebuah kegiatan latihan yang baik yang membuat peneliti yakin olahraga ini dapat mengurangi risiko kematian. Dibandingkan dengan orang-orang yang tidak aktif, berenang dapat mengurangi setengah risiko kematian. Studi lain juga telah menunjukkan bahwa berenang dapat membantu menurunkan tekanan darah dan mengatur gula darah. 

  • Cocok untuk orang yang cidera, menderita artritis dan kondisi kesehatan lainnya

Belajar berenang dapat menjadi pilihan latihan aman bagi orang-orang yang menderita artritis, cidera, memiliki cacat, atau menderita gangguan lain yang membuat latihan dampak tinggi sulit untuk dilakukan. Berenang juga bahkan dapat membantu mengurangi rasa nyeri dan meningkatkan proses pemulihan pasca cidera. Satu studi menunjukkan bahwa orang-orang yang menderita osteoartritis melaporkan adanya pengurangan nyeri dan kekakuan sendi dengan signifikan, dan mengalami berkurangnya batasan fisik setelah melakukan aktivitas olahraga seperti berenang dan bersepeda. 

  • Pilihan yang baik bagi orang-orang yang menderita asma

Lingkungan yang lembap di sekitar kolam renang membuat belajar berenang sebagai aktivitas yang baik bagi orang-orang yang menderita asma. Tidak hanya itu, namun latihan pernapasan yang berhubungan dengan olahraga renang, seperti menahan napas, dapat membantu memperbesar kapasitas paru-paru agar Anda bisa mendapatkan kontrol pernapasan dengan lebih baik. Akan tetapi, beberapa studi menyatakan bahwa berenang dapat meningkatkan risiko penyakit asma karena kandungan zat kimia yang terkandung di dalam air kolam renang. Konsultasi dengan dokter perihal risiko belajar berenang apabila Anda memiliki asma, dan apabila memungkinkan, pilihlah kolam renang yang menggunakan air garam dan bukan chlorine. 

Dengan berbagai manfaat berenang di atas, sudah saatnya Anda untuk mulai belajar berenang sekarang. Berenang memiliki banyak manfaat, baik untuk kesehatan pikiran, tubuh, dan juga mental. Setelah Anda mulai mahir belajar berenang, cobalah berenang selama 20 hingga 40 menit dalam satu pacuan untuk menjaga detak jantung tetap naik. Jangan lupa minum banyak air dan beristirahatlah apabila dibutuhkan.

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*