Begini Cara Perawatan Kaki dengan Mudah

  • April 1, 2021

Meskipun kaki merupakan bagian tubuh yang jarang terlihat, tetapi perawatan kaki juga tidak bisa diabaikan begitu saja. Hal ini karena kaki yang tidak dirawat bisa menyebabkan kondisi kulit menjadi pecah-pecah, kering, bahkan mengelupas. Oleh karena itu, merawat kondisi kaki perlu dilakukan, terlebih caranya yang sangat mudah sekali.

Jika kulit kaki mengalami kering atau ingin menghindari kondisi itu, kita bisa menggunakan pisang dalam perawatan kaki. Ya, buah yang sangat mudah didapatkan itu bisa digunakan dalam merawat kesehatan kulit. Dalam penerapannya juga terbilang mudah karena kita hanya perlu menghaluskan satu buah pisang dengan blender. 

Setelah pisang dipastikan halus, langkah berikutnya kita tinggal mengoleskan hasil blenderan itu pada telapak kaki kita. setelahnya, cukup diamkan selama kurang lebih 10 menit sebelum dibilas dengan air hangat. Perawatan dengan metode ini bisa dilakukan paling tidak selama seminggu sekali.

Selain pisang, perawatan kaki bisa juga menggunakan bubuk kopi. Tanpa disangka sebelumnya, ternyata minuman yang mudah sekali ditemukan di Indonesia itu bisa juga digunakan untuk perawatan kaki. Dihimpun dari berbagai sumber, dalam menggunakan bubuk kopi, kita cukup menggosokkan bubuk itu ke bagian kaki secara perlahan. Setelah rampung, tahap berikutnya adalah membilas kaki dengan air hangat.

Cara berikutnya dalam merawat kaki adalah menggunakan garam dan gula merah. Tidak perlu kaget karena garam yang dicampur dengan minyak zaitun bisa digunakan untuk merawat kesehatan kulit kaki dengan menggosoknya. Garam yang dicampur dengan minyak zaitun dengan takaran secukupnya dipercaya dapat memberikan sensasi tenang pada kaki kita.

Sementara terkait gula merah dalam perawatan kaki, anda bisa menggunakannya dengan campuran minyak esensial. Setelah dua bahan itu dicampur, tahap berikutnya adalah menggosok bagian kaki secara perlahan dan membilasnya dengan air bersih. Campuran dari dua bahan tersebut dipercaya bisa membuat otot kaki lebih tenang.

Jika anda merasa ragu menggunakan bahan-bahan alami, perawatan kaki bisa juga dilakukan dengan menggunakan pelembab khusus. Produk ini sejatinya sudah banyak dijual dipasaran. Adapun sebelum memilih pelembab, pastikan produk tidak mengandung bahan-bahan yang dapat memicu alergi atau iritasi, yang salah satunya adalah pelembab yang mengandung alkohol.

Di sisi lain, jika di antara pembaca ingin menggunakan pelembab dalam perawatan kaki, produk yang bisa disarankan adalah pelembab dalam bentuk krim. Selain praktik, jenis krim juga terbilang mudah dalam penggunaannya.

Salah satu hal yang sering diabaikan dalam perawatan kaki adalah tahapan memilih alas kaki. Kerap kali dijumpai kita hanya memilih alas kaki berdasarkan merek atau tampilan luarnya saja. Padahal, mencermati bagian dalam dari sepatu yang hendak kita beli atau gunakan sangat penting dalam merawat kesehatan kaki. Produk yang terlalu sempit atau tidak memakai bahan yang empuk, sangat berpeluang membuat kaki menjadi lecet. Selain itu, alas kaki yang terlalu sempit membuat sirkulasi udara tidak bagus. 

Namun demikian, ketika anda sedang bepergian juga disarankan tidak menggunakan sandal yang jenisnya terlalu terbuka. Sebab, ini membuat kaki mudah terkena kotoran dan bisa membuat kulit kaki menjadi rusak.

Adapun langkah terakhir dalam perawatan kaki yang bisa digunakan adalah dengan memotong kuku kaki secara berkala. Hal ini penting karena kuku yang terlalu panjang bisa membuat kotoran terselip di dalamnya. Kotoran pada kuku kaki tersebut diketahui bisa menyebabkan kaki menjadi bau.

Berdasarkan penjelasan singkat ini, dalam perawatan kaki, kita bisa menggunakan metode yang alami atau menggunakan pelembab khusus. Apa pun yang kita pilih bukan menjadi suatu persoalan, sebab, yang terpenting adalah cara yang ditempuh memberikan dampak positif terhadap kesehatan kaki dan tidak menimbulkan efek negatif.

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*