Batuk Berdahak, Salah Satu Jenis Batuk Pada Anak Yang Bisa Diatasi Bisolvon Tablet

  • September 17, 2021

Batuk bisa terjadi pada siapa saja, baik itu anak – anak sampai pada orang dewasa. Batuk bisa terjadi jika adanya infeksi bakteri ringan yang menyerang saluran pernapasan Anda. Biasanya saat batuk disertai pilek atau pun demam sehingga akan mengganggu segala aktivitas Anda, apalagi jika menyerang anak – anak. Batuk bisa menyebabkan berkurangnya nafsu makan pada anak. Maka, sebelum kondisi semakin parah sebaiknya segera diatasi dengan mengonsumsi Bisolvon Tablet.

Bisolvon Tablet adalah obat batuk berbentuk tablet yang diformulasikan khusus untuk meredakan batuk berdahak yang bisa dikonsumsi oleh anak – anak dan orang dewasa. Bisolvon tablet ini bisa mengencerkan dahak sekaligus melegakan saluran pernapasan yang tersumbat oleh lendir dan dahak.

Banyak jenis batuk yang bisa dialami oleh anak – anak, yaitu batuk berdahak, batuk yang mirip mengi pada anak, batuk kering yang terjadi di malam hari, batuk tersengal – sengal hingga batuk rejan yang terjadi pada anak. Berikut ini penjelasan singkat mengenai jenis – jenis batuk yang bisa dialami oleh anak – anak.

  1. Batuk berdahak

Jika anak – anak terkena batuk jenis ini biasanya disertai dengan hidung tersumbat, nafsu makan berkurang, mata berair sampai tenggorokan yang sakit karena mengalami pembengkakan. Durasi lamanya batuk berdahak ini tidak lebih dari 2 minggu, jika sudah lebih dari itu segera periksakan anak Anda ke dokter.

  1. Batuk mirip mengi pada anak

Batuk ini memiliki gejala seperti seseorang yang menderita penyakit asma. Mengi merupakan suara napas yang bernada tinggi. Batuk dengan kondisi seperti terjadi pada anak – anak yang sudah berusia di atas 2 tahun. 

  1. Batuk kering di malam hari

Kondisi pada batuk kering ini mirip dengan gejala asma yang dialami oleh anak – anak. Batuk kering ini akan memburuk pada malam hari atau setelah melakukan aktivitas fisik. 

  1. Batuk tersengal – sengal

Jika anak Anda mengalami batuk tersengal dengan napas cepat dan suaranya terdengar serak, bisa ada kemungkinan si kecil mengalami infeksi bronkiolus. Kondisi ini menandakan adanya pembengkakan dan lendir di saluran kecil paru – paru.

  1. Batuk rejan pada anak

Batuk jenis ini bisa terjadi karena adanya bakteri pertusis yang menyerang saluran pernapasan. Hal ini bisa membahayakan si kecil karena menyebabkan peradangan dan mempersempit bahkan menghalangi saluran pernapasan. 

Oleh karena itu, jika anak Anda mengalami batuk terlebih batuk berdahak segera atasi dengan mengonsumsi Bisolvon Tablet atau pun pengobatan lainnya. Bisolvon tablet ini bisa dikonsumsi oleh anak – anak sejak usia di atas 2 tahun. Selain mengonsumsi obat – obatan, Anda juga bisa melakukan ini kepada anak untuk mengencerkan dahak.

  1. Berikan banyak cairan

Kebutuhan cairan anak dengan memberikan asupan makanan cair seperti sup hangat atau mengonsumsi air putih yang banyak sangat diperlukan. Hal ini perlu Anda lakukan agar mencegah anak terkena dehidrasi. Air hangat lebih baik diberikan karena dapat mengencerkan dahak sehingga dapat melancarkan saluran pernapasan.

  1. Telungkupkan anak

Posisi ini sangat membantu anak – anak untuk mengeluarkan dahak yang berada di saluran pernapasan. Anda dapat menepuk – nepuk punggungnya sembari memberikan pijatan kecil untuk menghangatkan tubuh si kecil.

  1. Membalurkan daun sirih pada dada anak

Anda bisa memberikan baluran daun sirih yang sudah dikukus pada dada anak. Daun sirih yang sudah dikukus ini bisa dicampurkan dengan minyak telon atau minyak kayu putih dengan tujuan untuk menghangatkan dada si kecil. Selain itu, metode ini juga ampuh untuk mengencerkan dahak pada anak – anak.

  1. Terapi uap

Terapi ini merupakan salah satu cara yang sering digunakan untuk membantu melancarkan pernapasan anak – anak. Anda bisa menyediakan air panas yang sudah dicampurkan dengan minyak telon atau minyak kayu putih. Kemudian ajarkan anak – anak untuk menghirup uap yang keluar dari campuran tersebut.

  1. Memberikan air madu hangat

Jika anak yang mengalami batuk berdahak sudah berusia di atas 1 tahun, maka Anda bisa memberikan campuran air hangat dengan ½ sendok teh madu untuk membantu mengencerkan dahak agar lebih cepat keluar.

Jadi, itulah beberapa jenis batuk yang bisa terjadi pada anak – anak dan bagaimana cara mengatasi dengan cara sederhana di rumah. Jika Anda ingin memberikan pengobatan medis seperti memberikan Bisolvon Tablet, pastikan Anda sudah membaca petunjuk penggunaan mengenai dosisnya. Berikan anak – anak sesuai dosis yang sudah ditetapkan pada kemasan obat tersebut.

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*