Bahan Ini Disebut Sebagai Obat Katarak Herbal

  • Desember 14, 2021

Sejauh ini, dikatakan bahwa obat katarak yang paling ampuh adalah operasi. Meski ada beberapa obat yang bisa diterapkan oleh dokter untuk mengatasi katarak, biasanya obat tersebut hanya untuk meminimalisir bertambahnya tingkat keparahannya saja. Di sisi lain, obat yang disebut-sebut bisa menyembuhkan katarak itu pun, toh sampai saat ini juga belum terbukti sepenuhnya. 

Berkenaan dengan itu, ternyata ada juga yang menyebut terdapat obat katarak herbal. Meski bahan-bahan yang hendak dijabarkan ini digadang-gadang bisa mengatasi katarak, tapi pembaca sekalian perlu mencari tahu lagi referensi tambahan. Namun demikian, tetap tidak ada salahnya bagi kita mengetahui bahan alami nan disebut bisa mengatasi katarak. 

Adapun bahan alami yang dipercaya bisa sebagai obat katarak pertama adalah teh hijau. Sumber yang telah menyebut teh hijau ini mengatakan, teh hijau dapat dimanfaatkan karena mengandung antioksidan yang dapat mengurangi gejala katarak. Kendati demikian, belum diketahui secara pasti apakah teh hijau benar bisa menyembuhkan katarak atau tidak. 

Hanya saja, teh hijau memang disebut-sebut bagus untuk kita konsumsi sebagai upaya mencegah katarak. Oleh karena itu, jika kita ingin menjaga kesehatan mata, hal yang bisa dilakukan adalah dengan minum teh hijau. 

Bahan alami kedua yang digadang-gadang menjadi obat katarak adalah jahe. Hanya saja, jahe yang mengandung antioksidan ini tidak betul-betul menyembuhkan sakit pada mata tersebut. Dijelaskan bahwa jahe hanya bermanfaat untuk mengurangi gejala katarak atau dikonsumsi untuk mencegah penyakit tersebut. Khasiat atau manfaat nan senada juga berlaku untuk lemon. 

Obat katarak herbal atau alami berikutnya adalah madu. Sebagian sumber mengatakan kalau madu bisa dipakai untuk kesehatan mata. Kendati demikian, sampai kini belum ada bukti ilmiah akurat yang menyebut madu bisa dijadikan sebagai obat katarak. 

Bahan alami berikutnya yang disebut bisa menjadi obat katarak, yakni bawang putih. Dikatakan bahwa bawang putih bisa mengurangi efek katarak karena beberapa kandungan yang ada di dalamnya. Sebagai informasi, bawang putih mengandung antioksidan yang berfungsi untuk mencegah stres oksidatif. Jika pencegahan itu terjadi, maka dikatakan bisa mencegah katarak semakin berkembang. 

Dalam mengobati katarak, ada pula sumber yang bilang kalau bayam dapat dimanfaatkan sebagai obat katarak. Pasalnya, kandungan fitonutrien dalam bayam disebut bisa mengembalikan kerusakan akibat stres oksidatif. Oleh karena itu, lambat laun bisa membuat radikal nan ada menghilang. 

Bahan alami yang disebut sebagai obat katarak alami lainnya adalah buah pepaya. Namun demikian, tidak dijelaskan secara jelas apakah mengonsumsi pepaya bisa untuk penyembuhan secara penuh atau tidak. Sebab, yang ditemui hanya pepaya bisa dikonsumsi untuk mencegah katarak. 

Dari keterangan di atas, kita dapat menarik kesimpulan kalau bahan alami sebagai obat katarak belum punya bukti yang akurat. Meskipun demikian, beberapa bahan tersebut bisa digunakan sebagai pencegahan penyakit mata yang satu ini. 

Oleh karena itu, apabila dikonsumsi untuk pencegahan, maka tak ada salahnya bahan alami yang sudah disebut di atas kita konsumsi agar mata kita tetap sehat. Di sisi lain, terlepas dari bisa mengatasi katarak atau tidak, pada dasarnya bahan-bahan alami di atas memang baik untuk kesehatan tubuh kita. 

Akhir kata, semoga artikel yang membahas bahan alami sebagai obat katarak ini bisa bermanfaat bagi para pembaca sekalian. Tentu saja artikel ini memiliki banyak kekurangan, sehingga pembaca sangat disarankan mencari referensi tambahan atau langsung bertanya dengan dokter terkait untuk mencari tahu obat apa yang sebetulnya dapat mengatasi katarak.

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*