Apakah Parasol Sunscreen Cocok untuk Kulit Berjerawat?

  • September 2, 2021

Bagi Anda yang memiliki kulit mudah berjerawat, tentu sangat berhati-hati dalam menggunakan produk perawatan kulit termasuk tabir surya. Namun banyak yang meragukan apakah benar semua produk tabir surya pasti menyebabkan jerawat, termasuk Parasol sunscreen

Faktanya, memang benar tidak semua tabir surya dapat memperburuk kondisi kulit berjerawat. Kuncinya adalah menemukan produk yang tepat yang menyebutkan tidak mengandung bahan yang dapat memicu timbulnya jerawat.

Apakah Parasol Sunscreen Cocok untuk kulit berjerawat?

Lantas, bagaimana dengan merek Parasol sunscreen? Parasol sunscreen adalah tabir surya berbentuk gel dan krim dengan kadar SPF yang berbeda-beda sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.

Semua merek Parasol sunscreen memiliki fungsi yang sama, yakni melindungi kulit dari efek buruk sinar UV matahari. Sebab, tanpa perlindungan ini dapat menyebabkan masalah pada kulit, mulai kemerahan, terbakar, menggelap (hiperpigmentasi), hingga risiko kanker.

Tak hanya melindungi kulit dari dampak buruk sinar matahari, tabir surya Parasol juga memberikan efek lembap pada kulit serta menyamarkan flek hitam yang muncul di wajah.

Salah satu produk Parasol yang cukup disarankan untuk pemilik kulit berjerawat adalah krim tabir surya Parasol dengan SPF 33. Dengan ekstrak lidah buaya dan vitamin E, produk ini aman digunakan untuk segala jenis kulit, dari berjerawat hingga sensitif. 

Parasol sunscreen juga dapat digunakan sebagai alas make-up (primer). Meskipun kemasannya mirip salep dan kurang menarik, namun merek Parasol cukup dikenal sebagai produk tabir surya yang sangat efektif.

Tips memilih sunscreen yang tepat untuk kulit berjerawat

Cukup wajar bila pemilik kulit berjerawat khawatir bila tabir surya atau sunscreen dapat memperburuk kondisi kulitnya, sebab kebanyakan tabir surya bertekstur krim yang cukup tebal dan terkadang membuat wajah jadi lebih berminyak.

Namun bukan berarti Anda harus menghindari penggunaan tabir surya, karena produk ini sangat esensial untuk semua jenis kulit yang berisiko terpapar dampak buruk sinar matahari. 

Kuncinya adalah, Anda hanya perlu mencari tabir surya yang sesuai dengan jenis kulit Anda, seperti Parasol sunscreen. Ikuti tips memilih tabir surya yang tepat untuk kulit berjerawat di bawah ini:

1. Pilih yang berlabel bebas-minyak dan noncomedogenic

Cari tabir surya yang menampilkan label atau tidak mengandung bahan minyak di dalamnya. Wajah dengan kulit rentan berjerawat umumnya sudah berminyak, tentu Anda tidak ingin menambahkan produk yang mengandung banyak minyak juga, bukan?

Kemudian, cari juga produk yang berlabel noncomedogenic, yang berarti tidak menyumbat pori-pori dan memicu munculnya komedo. Selain itu, sebaiknya jangan gunakan tabir surya yang diperuntukkan bagi badan di wajah karena lebih berat, berminyak, dan berisiko menimbulkan breakout.

2. Pilih yang bertekstur gel, cairan, atau spray

Sunscreen berbentuk lotion atau krim lebih cocok digunakan bagi pemilik jenis kulit normal hingga kering, namun untuk yang memiliki kulit berminyak dan berjerawat hindari tekstur tersebut.

Pemilik jenis kulit tersebut sebaiknya menggunakan tabir surya yang ringan seperti gel, cairan, atau spray sehingga lebih mudah diserap kulit.

3. Pilih produk dengan label Broad Spectrum

Tabir surya dengan label Broad Spectrum berarti melindungi baik sinar UVA dan UVB sekaligus. Paparan terhadap keduanya dapat meningkatkan risiko dan bahaya pada kulit.

4. Pilih kadar SPF 30 dan di atasnya

SPF atau Sun Protection Faktor umumnya digunakan sebagai tolak ukur perlindungan terhadap sinar UVB. Semakin tinggi kadar SPF, maka berarti semakin tinggi pula perlindungan yang diberikan.

Dianjurkan untuk menggunakan tabir surya dengan SPF 30 atau di atasnya yang ampuh menghambat 97% sinar UV yang akan masuk ke dalam kulit. Selalu gunakan tabir surya meskipun di luar mendung atau hujuan. 

5. Hindari produk berbahan Oxybenzone dan PABA

Kulit berjerawat juga umumnya adalah kulit yang sensitif, sehingga Anda perlu menghindari sejumlah bahan-bahan tertentu yang bisa memicu reaksi pada kulit.

Khususnya hindari bahan oxybenzone dan PABA saat memilih tabir surya. Sebaiknya, pilih tabir surya alami yang mengnadung titanium dioxide dan/atau zinc oxide yang aman bagi kulit sensitif. 

6. Pelembap dengan tabir surya sebagai alternatif

Kini, sudah banyak pelembap wajah yang mengandung tabir surya di dalamnya, sehingga memudahkan Anda untuk mendapatkan manfaat langsung dari kedua produk berbeda. Anda bisa menggunakannya sebagai alternatif, terutama bagi yang memiliki kulit berjerawat. 

7. Gunakan bersamaan dengan obat jerawat

Saat menggunakan tabir surya, pengobatan jerawat sebaiknya tidak dihentikan. Gunakan krim atau salep obat jerawat terlebih dahulu, lalu tunggu 20 menit baru aplikasikan tabir surya.

Tabir surya sangat penting bagi seluruh jenis kulit, termasuk kulit berjerawat. Apapun jenis produk yang Anda pilih, baik itu Parasol sunscreen atau tidak, yang paling penting adalah mengaplikasikanya dengan tepat dan rutin. 

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*