Apakah Benar Masker Sperma Baik Untuk Wajah?

  • Maret 10, 2021

Mungkin Anda sudah sering mendengar tentang manfaat dari masker sperma yang baik untuk wajah, terutama tentang khasiatnya yang dapat membersihkan wajah dari jerawat. Jerawat memang menjadi permasalahan kulit wajah yang sangat menyebalkan. Klaim lain dari pemakaian masker sperm aini juga dapat mencerahkan wajah. 

Masker sperma bisa jadi obat jerawat merupakan mitos belaka

Tapi apakah benar mengenai klaim ini? Nyatanya, penggunaan masker sperma untuk wajah masih belum terbukti secara ilmiah. Faktanya, justru pemakaian masker sperma ini dapat memunculkan risiko – risiko yang kurang baik untuk wajah Anda. Beberapa risiko efek samping mengoleskan sperma untuk wajah adalah sebagai berikut.

1. Dermatitis atopic

Salah satu risiko mengoleskan masker sperma sebagai obat jerawat adalah dermatitis atopik. Pada beberapa orang, kandungan protein dalam sperma dapat memicu reaksi alergi yang ringan sampai parah. Alergi ringan yang dapat dialami bisa berupa dermatitis atopik, seperti kulit terasa gatal, pembengkakan, dan kemerahan pada kulit wajah. Untuk kasus yang sangat parah, seseorang bisa saja mengalami efek samping serius, seperti anafilaksis.

2. Kulit kering

Risiko mengoleskan masker sperma sebagai obat jerawat berikutnya adalah kulit terasa kering. Bukannya mengobati jerawat meradang, kandungan air pada sperma justru dapat membuat kulit semakin kering. Bagi Anda yang mengalami rosacea, sebaiknya perlu berhati-hati dan menghindari penggunaan sperma pada wajah.

3. Penyakit menular seksual

Penggunaan sperma untuk wajah berjerawat dapat menjadi ‘jembatan’ bagi penularan infeksi penyakit menular seksual. Beberapa jenis infeksi penyakit menular seksual yang dimaksud adalah gonore, klamidia, dan herpes. Ketiga penyakit menular seksual tersebut dapat masuk melalui hidung, mulut, dan terutama mata.

Infeksi penyakit menular seksual yang dapat terjadi melalui mata adalah herpes okular yang memicu peradangan di mata hingga kehilangan penglihatan. Selain itu, klamidia konjungtivitis yang bisa memicu keluarnya kotoran mata, sensasi rasa panas, dan kemerahan pada mata.

Klaim masker sperma untuk membersihkan jerawat ini tidaklah benar. Tidak hanya untuk membersihkan jerawat, tetapi nyatanya ada beberapa klaim lain penggunaan masker sperma untuk wajah yang harus Anda ketahui dan faktanya klaim ini tidak benar.

4. Mencegah munculnya tanda – tanda penuaan dini

Klaim manfaat sperma untuk kecantikan adalah mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini, seperti kerutan atau garis-garis halus. Klaim manfaat sperma untuk wajah wanita ini muncul karena sperma mengandung spermine. Spermine dipercaya sebagai antioksidan yang mampu menyamarkan tanda-tanda penuaan, seperti keriput dan garis-garis halus, sehingga membuat kulit tampak lebih muda.

5. Mengandung protein yang baik untuk kulit

Klaim manfaat sperma untuk kulit wajah ini belum dapat dibuktikan oleh penelitian medis yang mendukung. Jika dilihat dari jumlahnya, sperma mengandung jumlah yang sangat sedikit untuk memberikan manfaat sperma bagi kulit wajah secara signifikan.  Protein yang baik untuk kulit biasanya hadir pada produk perawatan kulit dalam bentuk asam amino peptida.

6. Meningkatkan produksi kolagen

Meningkatkan produksi kolagen juga menjadi klaim manfaat sperma untuk wajah wanita. Hal ini diyakini berkat kandungan zinc pada sperma pria. Zinc memang memiliki beragam manfaat untuk perawatan kulit. Meski begitu perlu diingat bahwa kandungan zinc tersebut akan jauh lebih efektif didapat apabila dikonsumsi lewat makanan yang mengandung zinc, bukan dioleskan pada kulit melalui sperma pria.

Itulah beberapa klaim mengenai penggunaan masker sperma untuk wajah yang tidak benar. Anda justru harus berhati – hati jika ingin mencoba masker sperma. Jika Anda tetap ingin mencobanya, Anda harus siap menerima risiko atau efek samping dari penggunaan masker sperma. Tetapi perlu diingat, jangan hanya karena rasa penasaran, Anda membuat kulit wajah menjadi bahan percobaan. 

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*