Apa Sajakah Jenis Dari Kangen Water?

  • Mei 21, 2021

Kangen water adalah air minum yang diklaim lebih sehat untuk tubuh ketimbang air mineral biasa. Tak ayal, minuman ini pun seketika menjadi “primadona” terutama bagi mereka yang benar-benar peduli akan kesehatan.

Kangen Water

Kangen water merupakan air alkali yang diproduksi menggunakan alat pembuat air alkali, PT Enagic Indonesia. Sebenarnya, Enagic Indonesia sendiri merupakan produsen alat pembuat air alkali, bukan distributor air minum Di awal kemunculannya, Kangen water diklaim sebagai air yang lebih menyehatkan daripada air putih biasa. 

Air alkali merupakan jenis air yang kadar pH-nya lebih tinggi daripada air mineral pada umumnya. Jika air mineral memiliki kadar pH sekitar 7, kadar pH pada air alkali berkisar antara 8-9. Kadar pH menunjukkan seberapa tinggi tingkat keasaman dan basa dari suatu zat. Ini diukur dari angka 0-14. Semakin rendah kadar pH, semakin asam pula suatu zat. Sebaliknya, semakin tinggi kadar pH, maka zat tersebut semakin basa.

Kangen water diciptakan melalui proses yang dinamakan elektrolisis. Proses ini bertujuan untuk memisahkan molekul air yang asam maupun basa. Dengan begitu, seseorang bisa menciptakan air minum yang bersifat lebih basa. Air alkali seperti Kangen water ini disebut-sebut dapat menetralisir asam di dalam tubuh sehingga menjadikannya lebih sehat.

Ada lima jenis Kangen water lainnya dengan berbagai kandungan pH yang berbeda. Dengan kandungan yang berbeda tentunya kelima jenis Kangen water ini memiliki fungsi dan manfaat yang berbeda-beda.

  1. Strong Acid (pH 2,5)

Strong acid memiliki kandungan keasaman yang tinggi, sehingga tidak diperbolehkan untuk diminum. Strong acid juga banyak direkomendasikan para beauty blogger sebagai perawatan kulit. Terutama untuk mengatasi masalah kulit yang parah seperti jerawat batu, kulit iritasi, gatal-gatal, infeksi kulit akibat jamur dan sebagainya. Seringkali strong acid hanya digunakan sebagai antiseptik.

  1. Beauty Water (pH 4,0-6,0)

Beauty water adalah jenis Kangen water yang paling direkomendasikan para beauty blogger untuk perawatan kulit sehari-hari. Meskipun begitu beauty water tidak bisa dikonsumsi, kandungan keasamannya tidak lebih tinggi dari strong acid. Beauty water hanya bisa digunakan sebagai perawatan kulit seperti toner wajah, mencuci buah dan sayur, mencuci rambut, bahkan bisa menjadi air untuk mandi.

  1. Clean / Neutral Water (pH 7,0)

Jenis air dengan tingkat keasaman pH 7 ini sudah bisa dijadikan sebagai air minum. Tidak direkomendasikan untuk aplikasi luar karena tidak memberikan efek yang signifikan. Clean water atau sering juga disebut dengan air alkali ini juga bisa dikonsumsi untuk minum obat dan untuk membuat susu formula bayi. Minum vitamin dengan neutral water tidak akan merusak komposisi vitamin dan suplemennya.

  1. Kangen Water (Ph 8,5-9,5)

Sedangkan jenis Kangen water yang satu ini digunakan untuk masa penyembuhan ketika sedang sakit. Air ini memiliki kandungan basa yang lebih tinggi dibanding strong acid atau beauty water. Selain diminum biasa, air ini juga bisa digunakan untuk memasak makanan, membuat teh atau kopi, serta untuk menanak nasi.

  1. Strong Kangen Water (Ph 11,5)

Sering disebut dengan strong alkalin water karena kandungan basanya sangat tinggi, Kangen water jenis ini tidak difungsikan untuk diminum. Air jenis ini lebih difungsikan untuk membersihkan perabot dengan noda yang membandel, termasuk membersihkan toilet. Kangen water yang berasal dari bahasa Jepang ini sudah banyak diproduksi di sektor rumah tangga. Jadi, tidak heran jika banyak produk strong acid dan beauty water yang memiliki label berbeda-beda dijual bebas di pasaran. Pastikan kandungan pH yang tertera pada kemasan sesuai dengan kebutuhan sebelum membelinya.Itulah beberapa jenis kangen water yang wajib Anda ketahui. Ternyata, tidak semua kangen water bisa untuk dikonsumsi. Pilihlah kangen water yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Sebelum membelinya pun harus perhatikan pH yang terdapat pada kemasannya agar Anda tidak salah memilih.

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*