Apa Saja Manfaat Vitamin B1?

  • Juli 8, 2020

Vitamin B1, atau yang disebut sebagai tiamin, adalah salah satu nutrisi yang penting bagi tubuh, karena dapat mendukung sejumlah sistem organ tubuh. Ada berbagai makanan yang mengandung vitamin B1, termasuk ragi, biji-bijian, kacang-kacangan, dan daging. Manfaat vitamin B1 beragam.

Banyak orang mengkonsumsi bahan yang mengandung vitamin B1 yang dicampur dengan vitamin B lainnya. Vitamin B1 juga dapat dikonsumsi setiap hari, namun dosisnya perlu dibatasi. Jumlah dosis yang sebaiknya dikonsumsi oleh orang dewasa adalah antara 5 hingga 30 mg. Meskipun demikian, vitamin B1 merupakan salah satu nutrisi yang dapat mendukung kebutuhan manusia. Tidak hanya itu, vitamin B1 juga dapat mengatasi berbagai masalah kesehatan manusia.

Manfaat Vitamin B1

Ada baiknya jika Anda mengkonsumsi bahan yang mengandung vitamin B1, karena manfaat vitamin B1 adalah sebagai berikut:

  1. Menjaga pola makan

Vitamin B1 dapat dikonsumsi karena dapat menjaga pola makan dengan mengatur nafsu makan manusia. Vitamin B1 bekerja dengan neurotransmitter di otak untuk memberitahu manusia jika lapar.

Selain itu, vitamin B1 akan memberitahu manusia kapan waktunya kenyang, baik pada saat makan maupun sesudah makan. Hal tersebut membantu manusia untuk tidak makan secara berlebihan.

  • Membantu fungsi sistem saraf dan kardiovaskular

Manfaat lain jika Anda mengkonsumsi vitamin B1 adalah membantu fungsi sistem saraf dan kardiovaskular di dalam tubuh. Vitamin B1 menyediakan nutrisi untuk sel-sel saraf yang sehat. Tidak hanya itu, vitamin B1 juga menjaga struktur dan fungsi sel saraf.

Sistem saraf pusat manusia membutuhkan vitamin B1 agar dapat berfungsi dengan normal. Vitamin B1 juga bermanfaat untuk sistem kardiovaskular dengan mempertahankan sel darah merah dan meningkatkan sirkulasi darah di dalam tubuh.

  • Metabolisme energi

Vitamin B1 juga bermanfaat untuk metabolisme energi di dalam tubuh. Vitamin B1 bekerja sama dengan vitamin lainnya untuk melepaskan energi dan lemak, protein, dan karbohidrat dalam makanan yang dikonsumsi. Tubuh manusia menggunakan energi untuk menjalankan berbagai fungsi dasar seperti pernafasan.

  • Melindungi tubuh dari infeksi

Selaput lendir dapat melindungi tubuh manusia dari benda asing yang memicu infeksi. Selaput lendir melapisi bagian dalam hidung, paru-paru, serta kelopak mata manusia.

Vitamin B1 berguna untuk menjaga selaput lendir agar tetap sehat dengan memberikan nutrisi agar dapat membangun sel baru di dalam tubuh. Jika manusia kekurangan vitamin B1, maka selaput lendir akan rusak dan mengering.

  • Koordinasi otot

Vitamin B1 juga dapat membantu koordinasi otot. Vitamin B1 memastikan bahwa otot dapat menerima sinyal untuk berkontraksi dan rileks agar manusia dapat bergerak dengan bebas.

Efek Samping

Vitamin B merupakan salah satu nutrisi yang dapat mendukung kebutuhan manusia. Meskipun vitamin B1 dapat memberikan berbagai manfaat bagi tubuh, Anda juga perlu pahami bahwa vitamin B1 dapat menimbulkan efek samping berupa reaksi alergi, perubahan pada warna kulit, gatal-gatal, pembengkakan, cairan di bagian paru-paru, dan mual.

Kesimpulan

Manfaat vitamin B1 berguna bagi tubuh. Anda sebaiknya konsumsi bahan yang mengandung vitamin B1, karena dapat mendukung kebutuhan sehari-hari. Anda juga perlu perhatikan dosis yang digunakan setiap hari. Selain itu, Anda juga perlu perhatikan bahwa vitamin B1 sama seperti obat lain dimana nutrisi tersebut dapat menimbulkan efek samping seperti yang disebutkan di atas. Jika Anda mengalami gangguan pada tubuh dan kondisinya parah, Anda sebaiknya konsultasikan masalah ini dengan dokter. Dokter akan memberikan pengobatan yang tepat untuk Anda.

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*