Apa Saja Manfaat Lari Di Tempat?

  • Juli 27, 2020

Ada berbagai cara untuk menjaga kesehatan, terutama di saat pandemi Corona atau Covid-19. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah berolahraga. Berolahraga tidak hanya membantu menjaga kondisi tubuh manusia, namun juga mudah untuk dilakukan. Ada berbagai olahraga yang mudah dilakukan, salah satunya termasuk berlari. Salah satu jenis lari yang dapat dilakukan adalah lari di tempat.

Lari di tempat merupakan salah satu cara jika Anda ingin melakukan pemanasan. Lari di tempat melibatkan otot dan gerakan yang berbeda dengan lari biasa. Walaupun lari di tempat terlihat sederhana, lari di tempat dapat memberikan berbagai manfaat bagi tubuh manusia.

Lari di tempat tidak mengharuskan Anda menggunakan otot yang mendorong tubuh Anda jika ingin bergerak maju. Anda akan lebih fokus pada jari-jari dan bantalan kaki Anda untuk melakukan aktivitas tersebut. Anda tidak perlu mendorong tubuh ke depan, namun Anda perlu mengangkat lutut secara bergantian.

Manfaat Lari Di Tempat

Jika Anda lari di tempat, berikut adalah manfaat yang Anda peroleh:

  • Meningkatkan kekuatan, kelenturan, dan stabilitas otot karena melibatkan pergerakan kaki dan dapat mengencangkan otot.
  • Membantu mengurangi stres pada tubuh.
  • Meningkatkan kekuatan inti tubuh, tubuh bagian atas, dan tubuh bagian bawah.
  • Mengurangi rasa sakit pada bagian lutut dan membuat lutut tersebut lebih sehat dan kuat.
  • Meningkatkan keseimbangan, ketangkasan, dan koordinasi tubuh sehingga dapat mengurangi risiko jatuh atau cedera.
  • Membantu memperbaiki postur tubuh jika Anda melakukannya dengan menggerakan otot perut.
  • Meningkatkan detak jantung, memperbaiki kadar gula darah, membakar kalori dan lemak untuk membantu menurunkan berat badan.
  • Meningkatkan fungsi kardiovaskular, kapasitas paru-paru, dan sirkulasi di dalam tubuh.

Tips Lari Di Tempat

Jika Anda ingin lari di tempat, Anda bisa melakukannya di mana saja. Anda bisa lari di tempat beberapa kali selama 10 menit. Meskipun demikian, Anda perlu mempertahankan gerakan tubuh dengan benar. Jika cara yang Anda lakukan salah, maka Anda bisa mengalami kelelahan otot, pegal, atau merasa tidak nyaman ketika lari di tempat.

Oleh karena itu, Anda sangat dianjurkan untuk melakukan pemanasan seperti stretching lebih dahulu sebelum melakukan aktivitas seperti ini. Ketika Anda berlari di tempat, Anda sebaiknya gunakan kekuatan tubuh bagian atas untuk menggerakan lengan Anda ke depan dan belakang. Anda juga dapat meningkatkan intensitas tubuh dengan menggerakan kaki lebih cepat. Selain itu, tips lain lari di tempat yang bisa Anda coba adalah sebagai berikut:

  • Angkat lengan kanan dan kaki kiri Anda secara bersamaan.
  • Biarkan lutut kiri Anda terangkat hingga sejajar dengan pinggul.
  • Setelah itu, Anda beralih ke arah kaki yang berlawanan sehingga kaki kanan Anda yang diangkat dan lutut kanan Anda sejajar dengan pinggul.
  • Pada saat yang sama, gerakan lengan kanan Anda ke belakang dan lengan kiri Anda maju naik.
  • Lakukan gerakan tersebut berulang kali.

Hal Lain Yang Perlu Diperhatikan

Hal lain yang perlu Anda perhatikan adalah Anda bisa beristirahat selama 1 hingga 2 menit di sela-sela sesi latihan. Anda juga perlu minum air putih untuk mencegah dehidrasi. Jika Anda ingin mengakhiri latihan, Anda dapat melakukan pendinginan. Pendinginan tersebut melibatkan beberapa peregangan.

Anda juga perlu waspada bahwa lari di tempat dapat memberikan tekanan lebih banyak pada otot-otot tertentu, apalagi jika Anda lari di tempat dalam waktu yang lama. Hal tersebut dapat membuat Anda merasa sakit pada bagian pinggul, tulang kering, dan pergelangan kaki. Anda sebaiknya jangan paksakan diri untuk melakukan aktivitas seperti ini jika Anda merasa tidak kuat.

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*