Apa Penyebab Nyeri Otot?

  • Juni 8, 2020

Nyeri otot atau mialgia adalah kondisi yang sangat umum terjadi. Hampir setiap orang pernah mengalami ketidaknyamanan pada otot mereka di beberapa titik. Karena terdapat jaringan otot di hampir semua bagian tubuh Anda, jenis rasa sakit ini dapat dirasakan secara praktis di mana saja.  Namun, tidak ada penyebab tunggal untuk nyeri otot.

Nyeri otot paling sering terkait dengan ketegangan, penggunaan otot yang berlebihan, atau cedera otot akibat latihan atau kerja fisik yang berat. Rasa sakit yang dirasakan cenderung melibatkan otot-otot tertentu dan mulai selama atau setelah Anda beraktivitas.

Pada umumnya, orang yang mengalami nyeri otot dapat dengan mudah menunjukkan penyebabnya. Hal ini karena sebagian besar kasus mialgia disebabkan oleh terlalu banyak stres, ketegangan, atau aktivitas fisik. Beberapa penyebab umum nyeri otot termasuk:

  • Ketegangan otot di satu atau lebih area tubuh
  • Terlalu sering menggunakan otot selama aktivitas fisik
  • Melukai otot saat melakukan pekerjaan atau olahraga yang menuntut fisik
  • Melewatkan pemanasan dan pendinginan

Nyeri otot juga bisa menjadi tanda kondisi yang mempengaruhi seluruh tubuh Anda.  Sebagai contoh, beberapa infeksi termasuk flu dan gangguan yang mempengaruhi jaringan ikat di seluruh tubuh Anda, seperti lupus dapat menyebabkan nyeri otot.

Salah satu penyebab sakit dan nyeri otot adalah fibromyalgia, suatu kondisi yang menyebabkan nyeri pada otot dan jaringan lunak di sekitarnya, kesulitan tidur, kelelahan, dan sakit kepala.

Untuk nyeri otot akibat terlalu sering atau cedera, istirahatkan bagian tubuh yang sakit dan minum asetaminofen atau ibuprofen.  Oleskan es selama 24 hingga 72 jam pertama setelah cedera untuk mengurangi rasa sakit dan peradangan.

Olahraga teratur juga dapat membantu mengembalikan tonus otot yang tepat.  Berjalan, bersepeda, dan berenang adalah kegiatan aerobik yang baik untuk Anda coba. Mulailah perlahan dan tingkatkan latihan secara bertahap. Hindari aktivitas aerobik high impact dan angkat beban ketika Anda mengalami nyeri otot. Anda juga dapat melakukan aktivitas dan latihan yang menghilangkan stres seperti yoga dan meditasi untuk meredakan ketegangan pada otot.

Nyeri otot tidak selalu berbahaya dan dalam beberapa kasus, perawatan di rumah mungkin tidak cukup untuk mengatasi penyebab yang mendasari nyeri otot tersebut. Mialgia juga bisa menjadi pertanda bahwa ada sesuatu yang salah serius di tubuh Anda.

Jika Anda mengalami nyeri otot yanb tidak hilang setelah beberapa hari perawatan di rumah, nyeri otot parah yang muncul tanpa sebab yang jelas, atau nyeri otot yang terjadi bersamaan dengan ruam dan demam, Anda disarankan untuk segera mengunjungi dokter.

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*