Apa Manfaat Kandungan Silver Sulfadiazine dalam Burnazin Krim?

  • Juli 5, 2021

Saat Anda mengalami luka serius atau luka bakar, umumnya dokter akan meresepkan Burnazin krim untuk mengatasi infeksi dan mencegah infeksi baru muncul.

Sebab, di dalam Burnazin terkandung bahan aktif bernama silver sulfadiazine, yang merupakan obat topikal dan bentuk mikronisasi dari perak atau silver yang bersifat antibakteri. Kenali lebih jauh mengenai bahan aktif ini.

Apa itu silver sulfadiazine?

Silver sulfadiazine merupakan bentuk perak atau silver yang termikronisasi, bentuk ini diketahui memiliki efek antibakteri. Sehingga. silver sulfadiazine tergolong obat antibiotik yang melawan bakteri dan jamur di kulit.

Bahan aktif ini bersifat topikal, artinya hanya bisa digunakan di kulit. Umumnya ketika berbentuk salep seperti Burnazin krim, bahan ini digunakan untuk mengatasi atau mencegah infeksi serius pada area kulit yang mengalami luka bakar derajat dua atau tiga.

Tergolong obat antibiotik sulfa, namun berbeda dengan obat lain di kelasnya, silver sulfadiazine tidak memunculkan efek anti-infeksinya dengan menghambat sintesis asam folat. Namun, ia mencegah infeksi dengan merusak membran dan dinding sel.

Silver sulfadiazine juga bekerja dengan menghambat pertumbuhan bakteri dan mengurangi risiko penyebaran bakteri ke kulit di sekitarnya atau ke darah. Terkadang dalam penggunaannya, obat ini digunakan bersamaan dengan obat lainnya untuk membantu mencegah dan mengatasi infeksi pada luka bakar yang serius. 

Silver sulfadiazine, berbahayakah?

Semua obat tentunya memiliki efek samping, tidak terkecual silver sulfadiazine. Oleh karena itu, penggunaan Burnazin krim dan juga merek lainnya patut menggunakan resep dari dokter.

Apa saja efek samping yang perlu diketahui? Berikut adalah beberapa efek samping silver sulfadiazine yang bisa terjadi:

  • Nyeri dan gatal pada kulit
  • Perubahan warna kulit menjadi abu-abu kebiruan
  • Rasa terbakar di tempat yang diolesi
  • Nyeri otot
  • Rasa lemas mendadak yang disertai dengan demam, menggigil, radang tenggorokan, gusi bengkak, dan kesulitan menelan
  • Mudah memar, pendarahan yang tidak biasa, muncul titik merah atau ungu di bawah kulit
  • Kulit memucat atau menguning, air kencing berwarna gelap
  • Masalah pada ginjal, muncul darah di air kencing, kencing sedikit atau tidak sama sekali, naik berat badan dengan cepat
  • Hilangnya nafsu makan
  • Reaksi yang parah pada kulit, misalnya kulit mengelupas atau muncul bintil

Silver sulfadiazine juga bisa menyebabkan reaksi alergi jika Anda alergi terhadap obat antibiotik sulfa. Segera dapatkan penanganan medis jika Anda mengalami gejala gatal-gatal, sulit bernapas, bengkak di bagian wajah, bibir, lidah, atau tenggorokan.

Meskipun risiko efek samping serius cukup rendah saat diaplikasikan ke kulit, ada efek samping yang bisa terjadi bila obat ini terserap ke dalam aliran darah. Salah satunya adalah leukopenia atau jumlah sel darah putih menurun.

Gejala leukopenia bisa muncul dua hingga empat hari setelah menggunakan Burnazin krim. Pada dua sampai tiga hari setelah Anda berhenti menggunakan obat tersebut, maka perlahan kondisi dan jumlah sel darah putih akan kembali normal. 

Kontraindikasi silver sulfadiazine

Meskipun sangat efektif mengatasi luka bakar, namun silver sulfadiazine dalam Burnazin krim tidak bisa digunakan oleh sembarang orang. Beberapa orang yang masuk ke dalam kategori kontraindikasinya antara lain:

  • Memiliki alergi terhadap sulfonamida
  • Pengidap gangguan darah langka (porfiria)
  • Pengidap gangguan organ hati dan ginjal
  • Pengidap kekurangan enzim genetik yang disebut glucose-6-phosphate dehydrogenase (G6PD)

Silver sulfadiazine tergolong obat kategori B untuk ibu hamil, yang berarti tidak membahayakan janin. Akan tetapi, penggunaannya tidak disarankan karena bisa menyebabkan masalah medis yang serius pada janin, terutama jika digunakan di trimester akhir kehamilan.

Sementara untuk ibu menyusui, masih belum diketahui apakah obat ini terserap ke dalam ASI atau membahayakan bayi. Akan tetapi, dokter menganjurkan untuk tidak menggunakan obat ini saat menyusui bayi yang sedang sakit, lahir prematur, di bawah dua bulan, atau mengalami gangguan kesehatan tertentu.

Menggunakan silver sulfadiazine dalam Burnazin krim memang tidak bisa sembarangan. Apabila Anda diresepkan oleh dokter, sebaiknya ikuti anjuran dan cara pakai yang tertera dan disarankan oleh dokter.

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*