ciri-ciri wanita tidak subur

Agar Promil Lancar, Kenali Ciri-Ciri Wanita Tidak Subur

  • Januari 25, 2021

Apakah Anda dan pasangan sedang menjalankan program kehamilan atau promil? Supaya promil berjalan dengan lancar, Anda perlu memahami ciri-ciri wanita tidak subur.

Ketidaksuburan bisa dialami oleh siapa saja. Tidak sedikit wanita yang tidak menyadari bahwa mereka tidak subur sampai saat menjalani promil.

Dengan mengenali ciri-cirinya, Anda bisa merencanakan upaya pencegahan serta cara-cara untuk mengatasi ketidaksuburan tersebut.

Ciri-Ciri Wanita Tidak Subur

Pria dan wanita memiliki tanda-tanda ketidaksuburan yang berbeda. Pada wanita, ciri-ciri wanita tidak subur adalah sebagai berikut:

  • Siklus menstruasi yang tidak teratur

Hal ini mungkin bisa dideteksi sejak Anda masih muda atau sebelum menikah dan menjalankan promil. Normalnya, wanita melalui siklus menstruasi dalam waktu kurang lebih 28 hari.

Akan tetapi, bila siklus menstruasi Anda terlalu singkat atau terlalu panjang, misalnya kurang dari 24 hari atau lebih dari 35 hari, ini mungkin pertanda bahwa Anda tidak subur.

Siklus menstruasi yang tidak teratur bisa disebabkan oleh berbagai hal. Beberapa di antaranya adalah berat badang berlebih atau justru terlalu rendah, olahraga berlebihan, disfungsi tiroid, dan sindrom ovarium polikistik.

  • Nyeri saat berhubungan seksual

Salah satu ciri ketidaksuburan lainnya adalah nyeri saat berhubungan seksual. Beberapa wanita mungkin tidak menyadari bahwa ini juga menjadi ciri dari ketidaksuburan.

Ada beberapa wanita yang sering merasa nyeri ketika berhubungan seksual. Karena itu, mereka menganggap rasa nyeri itu sebagai hal yang normal karena sudah terbiasa.

Padahal, nyeri bukanlah tanda yang baik. Rasa nyeri ini bisa dipicu oleh berbagai faktor, seperti gangguan hormon, kondisi endometriosis, atau penyakit-penyakit lain yang mendasarinya.

  • Fluktuasi hormon

Fluktuasi hormon adalah kondisi perubahan hormon yang sangat drastis dan tidak menentu. Hal ini juga menjadi salah satu ciri-ciri wanita tidak subur.

Biasanya, Anda bisa mengenali gejala fluktuasi hormon sebagai tanda ketidaksuburan. Gejala tersebut meliputi masalah kulit, kurangnya gairan seksual, pertumbuhan rambut yang menipis, terjadi pertumbuhan rambut di wajah, serta penambahan berat badan.

Kondisi fluktuasi hormon yang tak menentu dipengaruhi oleh berbagai penyakit. Untuk mengetahui penyebabnya secara pasti, Anda perlu melakukan konsultasi dan pemeriksaan ke dokter.

  • Haid berwarna gelap atau pucat

Ciri lainnya yang menjadi tanda ketidaksuburan pada wanita adalah warna haid yang berbeda dari normal. Anda perlu memperhatikan apabila warna haid Anda berangsur-angsur menjadi gelap atau pucat seiring berjalannya waktu.

Pada awal masa menstruasi, darah pada haid Anda seharusnya berwarna cerah. Pada hari-hari berikutnya, warna haid baru akan menggelap secara perlahan.

Apabila warna darah menjadi sangat gelap cenderung hitam, bisa saja Anda mengalami endometriosis. Sebaiknya segera konsultasikan pada dokter mengenai gejala ini.

  • Tidak menstruasi sama sekali

Bukan hanya siklus menstruasi yang tidak teratur, tidak menstruasi sama sekali juga merupakan ciri-ciri wanita tidak subur.

Sebenarnya, wajar jika seorang wanita tidak menstruasi setiap beberapa bulan sekali. Hal ini bisa disebabkan oleh pola hidup Anda yang sangat sibuk, terlalu banyak berolahraga, atau stres.

Namun, jika hal ini terus menerus terjadi sampai membuat Anda tidak menstruasi selama beberapa bulan, sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter untuk mengetahui tingkat kesuburan Anda.

Baik wanita maupun pria sama-sama bisa mengalami ketidaksuburan. Kenali ciri-ciri wanita tidak subur agar Anda dan pasangan dapat merencanakan promil dengan efektif.

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*