Penyebab kulit kering bukan hanya cuaca yang panas dan sinar matahari yang terik.

8 Penyebab Kulit Kering yang Mengejutkan

  • Oktober 30, 2020

Apakah Anda mengalami masalah kulit bersisik, pecah-pecah, juga terasa gatal? Itu merupakan tanda-tanda kulit kering yang sebaiknya segera Anda atasi. Tidak hanya mengganggu penampilan, nyatanya kondisi masalah kulit ini juga membuat ketidaknyaman bagi para penderitanya. 

Penyebab kulit kering sendiri salah satunya sangat dipicu faktor iklim dan cuaca. Tinggal di daerah tropis seperti Indonesia dapat membuat Anda lebih rentan terkena masalah kulit yang satu ini. Namun sebenarnya, penyebab kulit kering yang berasal dari faktor alam tersebut sangat mudah dicegah dengan penggunaan tabir surya secara tepat. 

Yang lebih rentan membuat kulit kering justru adalah penyebab-penyebab yang mungkin saja Anda tidak sadari, namun terus dilakukan selama ini. Berikut adalah beberapa penyebab kulit kering yang mungkin baru Anda ketahui saat ini. 

  1. Air Hangat 

Mandi air hangat selepas pulang kerja dapat menjadi relaksasi tersendiri bagi tubuh Anda. Namun sebaiknya, jangan terlalu sering melakukan kebiasaan tersebut. Air hangat rentan menjadi penyebab kulit kering. Pasalnya ketika Anda mandi dengan air hangat lebih dari lima menit, kulit Anda akan mudah mengalami dehidrasi sehingga memicu gejala kulit kering. 

  1. Penyakit Tertentu 

Beberapa penyakit pada tubuh Anda juga dapat memengaruhi kondisi kulit. Penyakit kulit semacam eksim ataupun psoriasis merupakan contohnya. Dengan penyakit tersebut, kulit Anda menjadi lebih rentan terhadap kekeringan. Namun selain penyakit kulit, jenis penyakit seperti diabetes, gagal ginjal, serta hipotiroid juga berpengaruh membuat kulit kering. 

  1. Sering Cuci Tangan 

Mencuci tangan tentu menjadi budaya sehat yang patut dilestarikan. Anda mungkin berpikir kegiatan ini akan aman bagi kulit selama Anda menggunakan air dingin. Nyatanya, sekalipun menggunakan air dingin, kegiatan mencuci tangan yang terlalu sering dapat menjadi penyebab kulit kering. Mencuci tangan terlalu sering dapat menimbulkan kekeringan kulit dengan gejala kulit pecah-pecah. 

  1. Mengeringkan dengan Handuk 

Masih berhubungan dengan cuci tangan, apa yang Anda lakukan untuk mengeringkan tangan Anda? Apakah mengeringkannya dengan cara mengelap menggunakan tisu ataupun handuk? Hati-hati, gesekan yang terlalu keras akibat mengelap tangan agar kering bisa menjadi penyebab kulit kering. Alih-alih mengeringkan dengan handuk ataupun tisu, lebih disarankan Anda cukup menepuk-tepuk tangan secukupnya untuk membuang sisa air dari tangan. 

  1. Penggunaan Sabun 

Sabun memang bersifat membersihkan. Namun, tidak semua sabun aman bagi kulit. Kebanyakan sabun justru membuat kulit menjadi lebih kering. Sabun yang menjadi penyebab kulit kering ini tidak hanya mengarah pada sabun mandi, melainkan juga sabun cuci piring ataupun detergen. 

  1. Obat Jerawat

Anda mungkin menggunakan obat jerawat untuk bisa membuat wajah bersih. Namun ternyata, dampak dari penggunaan obat jerawat ternyata dapat menjadi penyebab kulit kering. Ini karena umumnya obat jerawat, khususnya yang mengandung asam salisilat, bersifat mempercepat pergantian sel kulit sehingga menyebabkan kekeringan pada area yang terkena. 

  1. Parfum dan Produk Pewangi 

Ternyata parfum ataupun beragam jenis produk yang mengandung pewangi juga dapat menjadi penyebab kulit kering. Khususnya apabila produk tersebut langsung bersentuhan dengan kulit ketika digunakan. Ini karena parfum cenderung menimbulkan risiko iritasi sehingga kulit menjadi lebih mudah meradang dan kering. 

  1. Asap Rokok 

Asap rokok jelas tidak baik bagi kesehatan. Tidak hanya mempengaruhi organ tubuh bagian dalam, dampak negatif dari rokok juga rentan menimpa kulit Anda. Paparan asap rokok menjadi penyebab kulit kering. Anda yang kerap terpapar asap rokok juga akan lebih mudah mengalami penuaan kulit, seperti keriput. 

*** 

Dari berbagai penyebab kulit kering di atas, yang mana yang paling sering Anda lakukan? Yuk mulai hindari faktor-faktor penyebab kekeringan tersebut agar kulit menjadi lebih sehat.

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*