7 Tips Memilih Sepatu Voli Terbaik

  • Juni 17, 2021

Anda suka bermain dan sering mengalami cedera? Bisa jadi karena Anda salah menggunakan sepatu. Sebaiknya, Anda menggunakan sepatu voli khusus untuk melakukan olahraga yang satu ini. Sepatu voli memungkinkan Anda mampu menggerakkan kaki ke segala arah ketika sedang bermain voli. Hal inilah yang mungkin tidak bisa dilakukan jenis sepatu lainnya yang kurang lentur. Alhasil, cedera bisa lebih mudah terjadi ketika sepatu yang Anda kenakan tidak sesuai. 

sepatu volly terbaik

Memilih sepatu voli pun jangan sembarangan. Salah-salah, sepatu voli yang Anda beli berujung kecewa karena tetap tidak nyaman ketika digunakan serta mudah rusak. Idealnya sendiri, usia sepatu voli bisa mencapai satu tahun jika digunakan untuk bermain 4—5 kali dalam seminggu. 

Supaya sepatu voli Anda bisa awet dan nyaman di kaki, sejumlah hal harus Anda periksa ketika membelinya. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat Anda jalankan untuk memperoleh sepatu voli terbaik bagi kaki Anda. 

Pastikan Sol Lembut dan Fleksibel 

Selalu pastikan kondisi sol luar sebuah sepatu voli sebelum Anda membelinya. Sepatu voli yang baik adalah yang memiliki sol luar dari karet. Pastikan sol tersebut lembut untuk memberi pijakan yang nyaman bagi kaki Anda. Pastikan pula sol luar tersebut fleksibel guna memungkinkan kaki Anda bergerak ke segala arah. 

Sol Luar Banyak Lekukan 

Sebaiknya, Anda memilih sol luar yang penuh lekukan untuk sepatu voli. Semakin banyak lekukan pada sol, semakin kaki Anda mudah untuk meringkuk ataupun melipat di dalamnya. Ini menjadikan Anda lebih mudah bermanuver ketika harus meloncat ataupun berlari ketika sedang bermain bola voli. Kerumitan tidak menjadi soal karena biasanya kerumitan hanya menjadi cara produsen untuk menarik pembeli. Yang penting, lekukannya banyak!

Sepatu Voli Harus Ringan 

Sepatu voli sebaiknya memiliki volume yang ringan. Jadi, Anda akan mudah untuk meloncat ataupun berlari. Namun, terlalu ringan juga kurang baik karena bisa berpengaruh pada ketidakseimbangan saat bermain. Idealnya, sepatu voli untuk perempuan memiliki kisaran berat 9—11 ons. Sementara itu, kisaran berat untuk sepatu voli pria adalah 11—15 ons. Sepatu yang ringan nyatanya juga bisa meminimalkan risiko cedera ketika Anda sedang bermain jenis bola satu ini. 

Punya Bantalan Dalam Tebal 

Olahraga bola voli membuat Anda akan banyak melompat dan ini sangat melelahkan bagi kaki Anda. Karena itu, penting mencari sepatu voli dengan bantalan bagian dalam. Bantalan ini bisa melindungi pergelangan kaki dan ligamen Anda tidak cedera ketika mendarat keras pasca melompat. Bantalan sepatu voli yang bagus sebaiknya tidak hanya di bagian tumit belakang, melainkan juga di bagian samping sepatu dengan ketebalan yang terukur. 

Perhatikan Aliran Udara 

Pastikan sepatu voli yang Anda pilih memiliki ventilasi udara yang memadai. Adanya ventilasi membuat aliran udara ke dalam menjadi lancar sehingga meminimalkan risiko jamur ataupun bau tidak sedap ketika Anda menggunakannya. Umumnya, sepatu voli dilengkapi lubang ventilasi di bagian samping ataupun belakang. Alangkah lebih baik lagi jika sepatu voli yang Anda pilih memiliki panel jala untuk aliran udara yang lebih optimal ke area dalam sepatu. 

Fit di Kaki! 

Semua fitur di atas sangatlah penting. Namun, lebih penting lagi untuk memastikan sepatu voli yang Anda pilih pas di kaki Anda! Pas bukan berarti ketat. Sepatu voli yang pas adalah sepatu voli yang memberi sedikit ruang di bagian depan kaki Anda. Ruang yang ideal untuk bagian depan kaki dalam sepatu voli sebaiknya berkisar ¼ atau ½ inci. Tanda lainnya sepatu voli tersebut pas buat Anda adalah Anda mampu menekuk kaki ketika menggunakan sepatu tersebut. 

Coba dan Belanjalah pada Malam Hari 

Waktu terbaik untuk memilih sepatu voli terbaik adalah pada malam hari. Pasalnya, pada malam hari kaki seseorang cenderung membengkak dan lebih besar. Ini memungkinkan Anda menemukan sepatu voli yang lebih pas. Jangan lupa untuk mencoba langsung sepatu voli yang Anda pilih dan memastikannya nyaman untuk dipakai. 

Tidak apa membayar harga sepatu voli yang sedikit lebih mahal untuk mendapatkan sepatu yang pas dan baik. Ini akan lebih hemat dibandingkan Anda asal membeli sepatu voli dan berujung menimbulkan cedera dan cepat rusak.

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*