7 Cara Mengatasi Anak Malas Belajar

  • November 16, 2020

Pada umumnya kebanyakan orang tua bakal merasa khawatir jika melihat sang anak malas belajar, inilah yang menjadi alasan mengpa orang tua memilih memasukkan anaknya mengikuti bimbingan belajar atau les. Padahal terdapat beberapa langkah yang bisa digunakan sebagai cara mengatasi malas belajar.

Ada penyebab di balik kebiasaan anak yang sering malas-malasan ketika diminta untuk belajar atau setidaknya mengerjakan tugas dari sekolah di rumah. Bahkan dalam tingkatan yang paling tinggi, anak bisa berbohong ketika ditanya mengenai aktivitasnya di sekolah. Mengenali penyebab munculnya masalah ini merupakan hal pertama yang harus diketahui orang tua.

Cara Mengatasi Malas Belajar

  1. Budayakan Membaca

Mengajak anak untuk gemar membaca sedari kecil, inilah yang menjadi kunci tak hanya bagi anak tetapi untuk semua penghuni rumah. Jika anak melihat semua orang melakukan kegiatan membaca, maka akan ada rasa ingin mengikuti hal tersebut, sediakan buku bacaan yang sesuai dengan usia dan yang disukai anak.

  • Membangun Suasana Santai

Suasana menjadi faktor pendukung anak untuk mau belajar, sama seperti orang dewasa ketika bekerja tetapi merasa tidak nyaman dengan suasana tempat. Belajar tak melulu di kamar, bisa juga di ruang tamu hingga area bermain yang nyaman. Ajari anak membaca, menghitung sembari bermain dan ketika anak sudah beranjak dewasa belajar bisa sambil dengan aat peraga.

  • Beri Waktu Istirahat

Berikan anak waktu istirahat, tujuannya memberi momen anak untuk tidak mudah bosan dan hilang minat dalam belajar. Beda ketika belajar di sekolah, selalu usahakan anak istirahat selama setiap satu atau dua jam. Pada umumnya, anak memiliki short attention span atau mudah kehilangan fokus dan merasa bosan, jadi mengatur jangka waktu sangat penting.

  • Ketahui Bidang yang Diminati

Mengerti dan paham dengan minat anak, setiap orang atau anak pasti memiliki minat dan kemampuan yang berbeda. Tak ada yang selalu pandai dalam segala hal, jika para orang tua memahami karakter dan ketertarikan anak, ini akan membantu dalam menghadapi anak belajar di rumah.

  • Pelajari Hal Lain

Setelah orang tua mengetahui minat dari anak, orang tua baru bisa menyusun strategi guna mendorong si anak mempelajari hal lain. Jelaskan pula secara perlahan dan bertahap mengenai pentingnya ilmu untuk anak, apabila si anak mengetahui alasan tepat untuk belajar maka itu akan membuat mereka semakin rajin.

  • Rayakan Prestasi Anak

Beri pujian untuk anak ketika mereka berhasil mencapai sesuatu dari hasil belajar, sedikit pujian bisa membuat anak kembali bersemangat dalam belajar. Jangan terlalu fokus dengan kesalahan padahal anak sudah melakukan hal terbaik untuk orang tua, selain itu hindari mengkritik anak karena itu akan memengaruhi perkembangan mental anak.

  • Berhenti Membandingkan

Cara mengatasi malas belajar pada anak selanjutnya adalah dengan tidak membanding-bandingkan kemampuan anak dengan orang lain, bisa itu teman sekolah atau teman rumah. Anak memiliki kemampuan unik, ada yang sulit belajar dan lama memahami pelajar hingga yang mudah mengert meski tak serius dalam belajar.

Apabila anak masuk dalam kategori sulit memahami pelajaran, setidaknya berikan dia waktu dan kenalkan pada banyak cara untuk belajar. Membandingkan kemampuan anak dengan orang lain bukan solusi terbaik untuk bisa memberi motivasi anak untuk giat belajar. Hal ini justru bisa menjatuhkan mental, bahkan mampu membuat mereka tak mau belajar.

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*