5 Suplemen Vitamin C untuk Ibu Hamil yang Aman Dikonsumsi

  • Desember 23, 2021

Selama masa kehamilan, ibu diharuskan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya dengan maksimal salah satunya vitamin C. Vitamin C tak hanya berfungsi membuat tubuh ibu jadi lebih sehat dan kuat, tapi vitamin ini juga diperlukan untuk membantu tumbuh kembang janin. 

Vitamin C untuk ibu hamil penting untuk dukung tumbuh kembang bayi

Sebenarnya dengan mengonsumsi buah dan sayur yang kaya akan vitamin C sudah cukup memenuhi kebutuhan vitamin C harian pada ibu hamil, tapi mungkin ada beberapa kondisi yang menyebabkan Anda disarankan mengonsumsi suplemen vitamin C. 

Berikut ini vitamin C untuk ibu hamil yang bisa ditemukan di apotek terdekat:

  1. Samcorbex C Kaplet

Samcorbex merupakan kaplet multivitamin dengan kandungan vitamin C, vitamin B kompleks, dan kalsium pantotenat (vitamin B5). Suplemen ini berfungsi untuk membantu memelihara kesehatan tubuh sekaligus memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral pada ibu hamil. 

Sementara itu kandungan vitamin B kompleks seperti vitamin B1, B6, B3, B5 dan B12 berfungsi meningkatkan suplai energi pada ibu hamil dan menyusui, sekaligus membantu pertumbuhan dan perkembangan sel dan jaringan janin termasuk sel darah merah, saraf, dan DNA. 

  1. Sanbe Farma Becom-C

Sanbe Farma Becom-C sebenarnya merupakan suplemen vitamin B kompleks, tapi ini juga cocok dijadikan sebagai suplemen vitamin C untuk ibu hamil. Selain itu, tiap tabletnya juga mengandung kalsium pantotenat dari vitamin B5. 

Sanbe Farma Becom-C dapat membantu memenuhi kebutuhan vitamin C dan B kompleks harian pada ibu hamil sekaligus menjaga stamina dan daya tahan terhadap paparan radikal bebas. 

  1. Ferospat Tablet Effervescent

Ferospat Tablet Effervescent merupakan suplemen kesehatan yang diindikasikan untuk wanita hamil, ibu menyusui, dan lansia. Vitamin ini memiliki kandungan vitamin dan mineral penting seperti vitamin C, zat besi, asam folat, dan mangan yang sangat bermanfaat dalam pertumbuhan dan perkembangan janin yang sehat. 

Suplemen ini juga dapat menjaga kesehatan tubuh ibu dan calon bayi serta mencegah risiko cacat lahir. Cukup larutkan 1 tablet dalam segelas air dan konsumsi satu kali sehari sebelum atau sesudah makan.

  1. Blackmores Pregnancy & Breast Feeding Gold

Blackmores Pregnancy & Breast Feeding Gold merupakan suplemen multivitamin dengan kandungan vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan bagi ibu hamil dan menyusui, seperti asam folat, vitamin C, vitamin B3, kalsium, dan Omega-3. 

Suplemen ini tak hanya untuk membantu memelihara kesehatan tubuh, tapi juga mendukung tumbuh kembang bayi terutama pada 100 hari pertama kehidupan. Jika dikonsumsi oleh ibu hamil, suplemen ini juga dapat menurunkan risiko cacat tabung saraf selama kehamilan.

  1. Natures Plus Super C Complex

Jika Anda cukup sensitif terhadap bahan makanan tertentu, Anda bisa memilih Natures Plus Super C Complex. Suplemen ini terbuat dari bahan alami namun tidak mengandung alergen seperti kacang kedelai, susu, ragi, dan gandum. Selain itu, suplemen ini diformulasikan untuk melepaskan kandungan vitaminnya secara bertahap sehingga manfaatnya dapat terasa lebih lama. 

Catatan

Tidak semua ibu hamil membutuhkan suplementasi vitamin tambahan. Jika dirasa kurang, Anda bisa memenuhi kebutuhan nutrisi harian Anda melalui konsumsi buah dan sayur seperti jeruk, tomat, bayam, brokoli, kentang, kubis Brussels, dan stroberi. 

Namun jika Anda tetap ingin mengonsumsi suplemen, suplemen vitamin C untuk ibu hamil bisa dikonsumsi setelah Anda berkonsultasi dengan dokter. Konsultasikan juga dengan dokter kapan waktu yang tepat untuk mengonsumsi dan berhenti menggunakannya.

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*