5 Pilihan Obat Alergi Gatal Salep dan Oral di Apotek

  • Desember 3, 2021
Obat gatal alergi antara lain antihistamin, kortikosteroid dan calamin

Gatal-gatal yang muncul karena alergi tidak serta merta hilang setelah penyebab alerginya (alergen) dihilangkan. Butuh obat alergi gatal berbentuk salep ataupun tablet oral untuk mengurangi gejala alergi. Berikut ini 5 pilihan obat gatal untuk alergi yang bisa dibeli di apotek terdekat. 

  1. Caladine Lotion

Caladine adalah losion gatal yang diindikasikan untuk meredakan gatal-gatal pada anak-anak ataupun orang dewasa. Losion ini mengandung calamine, zinc oxide, dan diphenhydramine HCl yang efektif meredakan gatal karena biang keringat, udara panas, gigitan serangga, dan alergi. 

Zinc oxide bekerja dengan mencegah dan mengatasi iritasi ringan pada kulit, membantu menyembuhkan jaringan kulit yang rusak, dan menangkal paparan sinar UV. Sementara calamine dan diphenhydramine HCl membantu meredakan gatal dan ruam kulit.

Caladine lotion seringkali digunakan untuk mengatasi ruam popok dan biang keringat pada anak-anak. Obat alergi gatal ini juga bisa digunakan untuk orang dewasa dan lanjut usia tanpa resep dokter. 

  1. Dexamethasone Tablet

Dexamethasone Tablet merupakan obat gatal dengan dosis 0,5 mg dexamethasone setiap tabletnya. Dexamethasone merupakan obat golongan kortikosteroid yang bekerja dengan cara menurunkan respons sistem kekebalan tubuh sehingga gejala alergi seperti gatal-gatal dan bengkak berkurang. 

Selain sebagai obat alergi gatal, Dexamethasone Tablet juga dapat digunakan untuk mengatasi peradangan, seperti radang sendi (artrritis), peradangan pada saluran cerna, peradangan pada kulit, dan lainnya.

Dexamethasone Tablet bisa dibeli di apotek dengan resep dokter dan digunakan sesuai dengan petunjuk dokter.  Dexamethasone Tablet tidak disarankan untuk ibu hamil dan ibu menyusui karena dapat meningkatkan risiko efek samping pada bayi.

  1. Cetrizine Tablet

Cetrizine Tablet diindikasikan untuk meringankan berbagai gejala alergi, termasuk kulit gatal dan mata berair, yang disebabkan oleh berbagai reaksi alergi seperti rhinitis alergi, rhinitis alergi perenial, hingga alergi yang tidak diketahui dengan jelas penyebabnya (idiopatik). Cetrizine bekerja dengan cara memblokir reseptor histamin H1 pada sel tubuh, sehingga reaksi alergi akan menurun. 

Cetrizine Tablet merupakan salah satu obat alergi gatal yang aman untuk ibu hamil. Obat ini juga aman untuk anak-anak berusia 12 tahun ke atas, dan digunakan sesuai dengan petunjuk pada label kemasan atau saran dokter.

  1. Kloderma Krim

Kloderma Krim tergolong obat kortikosteroid topikal yang sangat kuat yang biasanya diresepkan dokter ketika permasalahan pada kulit, seperti eksim, psoriasis, dan ruam kulit lupus tidak mampu ditangani dengan obat kortikosteroid lainnya. 

Kloderma memiliki kandungan bahan aktif berupa clobetasol propionat yang bekerja dengan cara mengaktifkan protein khusus untuk menghambat peradangan dan mengurangi gejala. Kloderma Krim juga bisa untuk mengatasi alergi kulit, dan peradangan pada kulit kepala dan tubuh dan digunakan sesuai dengan petunjuk dokter. 

Kloderma Krim hanya boleh digunakan dalam jangka waktu tertentu dan bisa menyebabkan efek samping seperti gatal, sensasi terbakar pada kulit, dan penipisan kulit.

  1. Elocon Krim

Elocon Krim mengandung mometasone furoate sebagai zat aktifnya. Mometasone termasuk obat golongan kortikosteroid yang dapat meredakan peradangan di kulit. Karena itu Elocon Krim bisa digunakan untuk mengurangi gejala peradangan, gatal, ruam, dan kemerahan yang disebabkan oleh berbagai masalah kulit seperti dermatitis, eksim, dan pruritus. 

Catatan

Kelima obat alergi gatal di atas termasuk obat bebas terbatas yang sebaiknya digunakan sesuai dengan petunjuk pada label kemasan atau saran tenaga medis. Beberapa obat gatal juga mengandung steroid yang tidak dianjurkan untuk digunakan dalam jangka panjang. Karena itu sebaiknya tanyakan pada dokter atau apoteker sebelum menggunakan obat tertentu.

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*